Pengertian Matematika dan Terapannya dalam Kehidupan

0

A. Pengertian Matematika

Secara etimologi, matematika berasal dari bahasa Yunani (Greek) Kuno yaitu máthēma yang berarti pengetahuan, ilmu pengetahuan, dan belajar. Matematika adalah ilmu pengetahuan tentang kuantitas, struktur, ruang, dan perubahan.

Sejarah Matematika

Matematika adalah ilmu pengetahuan tentang pengukuran yang pertama kali dipelajari secara formal oleh bangsa Sumerian sekitar 5.000 tahun SM. Dalam sejarah matematika, manusia telah membuat sistem pengukuran untuk melakukan komunikasi yang berkaitan dengan waktu, kuantitas, dan jarak lebih dari 20.000 tahun SM. Walaupun itu, pengertian matematika menurut para ahli hingga sekarang belum mempunyai definisi yang disetujui secara universal.

Baca juga: Angka dan Bilangan | Pengertian Angka dan Bilangan

Ishango adalah salah satu peninggalan dari bangsa Sumerian dan merupakan salah satu peninggalan purba dari ilmu matematika, yang digunakan untuk melakukan aproksimasi panjang suatu benda. Menurut Brooks, A.S. and Smith, C.C. (1987), Ishango diperkirakan berumur lebih dari 20.000 tahun. Sekarang benda ini telah mengalami perkembangan yang disebut dengan penggaris.

Sejarah Matematika : Ishango

5000 tahun SM bangsa Sumerian telah mempelajari ilmu matematika secara formal, namun masih digabung dengan pelajaran menulis dan membaca huruf.

B. Matematika Sebagai Disiplin Ilmu

Matematika sebagai disiplin ilmu cenderung didefinisikan sesuai dengan jenis masalah yang dapat dipecahkan olehnya. Matematika sebagai disiplin ilmu dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu:

  1. Matematika sebagai Human Endeavor

    Matematika digunakan untuk melakukan perhitungan, misalnya waktu dan jarak sebagai upaya manusia untuk membantu keberlangsungan hidupnya.

  2. Matematika sebagai Disiplin

    Matematika adalah ilmu yang luas dan dalam. Kita mengenal berbagai ilmu pengetahuan seperti biologi, sejarah, psikologi, hukum, ekonomi, dan sebagainya. Saat melakukan penelitian, kita menggunakan bantuan ilmu matematika seperti teorema, definisi, logika, dan bukti untuk memperkuat penelitian yang kita lakukan.

  3. Matematika sebagai Bahasa dan Alat Interdisipliner

    Seperti membaca dan menulis, matematika adalah komponen penting dari belajar dan “melakukan” (menggunakan pengetahuan seseorang) di setiap disiplin akademis. Matematika adalah bahasa dan alat yang sangat berguna sehingga dianggap sebagai salah satu “dasar” dalam sistem pendidikan formal kita.

C. Penerapan Matematika Secara Umum

Banyak hal yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dari hal sederhana hingga kompleks. Berikut beberapa contoh penerapan ilmu matematika:

  1. Menghitung

    Saat kita melakukan transaksi di suatu pasar, kita tentunya akan menghitung jumlah barang yang kita beli, berapa uang yang kita gunakan, serta berapa sisa uang yang kita ambil dari pedagang.

  2. Berpikir Logis

    Matematika modern merupakan salah satu human endeavor. Kita dapat memperkuat logika pikiran kita dari mempelajari ilmu matematika. Misalnya, kita berpikir saat berbicara dengan orang lain, kita dapat dengan mudah memahami karakter yang kita ajak bicara. Misalnya pembohong, jujur, dan lain sebagainya.

  3. Prakiraan suatu Kejadian

    Ilmu peluang merupakan salah satu cabang dari ilmu matematika. Dengan ilmu peluang kita dapat memperkirakan suatu kejadian di masa depan. Misalnya, saat kita membeli handphone, kapan sebaiknya kita membelinya supaya mendapat harga yang murah dan tetap tidak ketinggalan zaman. Bisa saja akhir tahun atau saat handphone tersebut baru hadir. Namun harga perdana belum tentu memberikan harga yang paling murah.

  4. Kecerdasan Komputer

    Artificial Intelligence merupakan penerapan ilmu matematika yang merupakan proses menghitung yang dilakukan secara berulang oleh program komputer berdasarkan data yang ada. Dengan memahami ilmu matematika lebih mendalam, kita dapat menguasai alur kecerdasan komputer dengan lebih mudah.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Pelajaran Matematika


Sekian artikel Pengurangan Bilangan Bulat. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…


Daftar Pustaka

Brooks, A.S. and Smith, C.C. (1987): “Ishango revisited: new age determinations and cultural interpretations”, The African Archaeological Review, 5 : 65-78

https://www.uoregon.edu/

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda