Sudut | 7 Jenis Sudut Tumpul, Lancip, Siku, Refleks, Lurus, 0º, dan Penuh

0

A. Pengertian Sudut atau Angle

Sudut adalah daerah yang tersusun oleh 2 garis lurus yang salah satu titik pangkalnya bertemu membentuk titik sudut dan kaki sudut. Titik sudut disebut juga “vertex” yang digunakan sebagai patokan untuk mengukur besar sudut dan kaki sudut menunjukkan daerah yang dibentuk oleh sudut. Sudut bahasa inggris: angle, dieja “ˈaNGgəl”. Berdasarkan besar sudut dibagi menjadi 7 macam yaitu: sudut nol derajat, sudut tumpul, sudut lancip, sudut siku-siku, sudut refleks, dan sudut penuh.

Bagian dan Penamaan Sudut

Bagian-bagian sudut
Bagian-bagian sudut

Penamaan sudut secara umum disimbolkan dengan tanda angle ““, kemudian dilanjutkan dengan titik pangkal lain – titik sudut – titik pangkal lain.

Pada contoh di atas, sudut tersebut bernama ∠ABC dengan besar sudut 50º.

Mengukur Besar Sudut

Pengertian besar sudut adalah besar daerah yang dibentuk oleh sudut dalam satuan derajat pada interval 0° – 360°. Besar sudut 0° terjadi apabila sudut tidak membentuk daerah dan besar sudut 360º terjadi saat sudut membentuk daerah lingkaran sempurna. Untuk mengukur besar sudut dapat menggunakan busur derajat.

Cara mengukur besar sudut dengan busur derajat
Contoh: Cara mengukur besar ∠ABC = 50º dengan busur derajat

Tips: Untuk mengukur besar sudut: salah satu garis sudut harus berimpit dengan alas busur, titik pangkal tengah berada pada pusat busur, lalu dilanjutkan mengukur besar sudut dari skala nol seperti contoh di atas.

Baca juga: Sifat Garis Berimpit, SejajarBerpotongan, & Tegak Lurus


B. 7 Jenis-Jenis Sudut

Terdapat 7 jenis sudut berdasarkan besar sudut, yaitu:

  1. Sudut Nol Derajat (0º)

    Sudut nol derajat adalah sudut yang mempunyai besar 0º, karena kedua garis pada sudut saling berimpit dan tidak membentuk daerah sudut. Dalam bahasa inggris sudut nol derajat disebut “zero degree“. Sudut ini hanya terlihat sebagai sebuah garis lurus yang merupakan 2 sinar garis yang berimpit.

    Contoh sudut nol derajat
    Contoh sudut nol derajat
  2. Sudut Lancip (0° < x < 90º)

    Sudut lancip adalah sudut yang mempunyai besar sudut antara 0° hingga kurang dari 90°, atau dalam notasi matematika 0° < x < 90º, dengan x besar sudut yang diukur. Dalam bahasa inggris sudut lancip disebut “acute angle“.

    Contoh Sudut Lancip
    Contoh Sudut Lancip
  3. Sudut Siku-Siku (90º)

    Sudut siku-siku adalah yang mempunyai besar sudut tepat 90°. Dalam bahasa inggris sudut siku-siku disebut “right angle“.

    Contoh sudut siku-siku
    Contoh sudut siku-siku
  4. Sudut Tumpul (90º < x < 180º)

    Sudut tumpul adalah sudut yang mempunyai besar sudut antara 90° hingga kurang dari 180°, atau dalam notasi matematika 90° < x < 180º, dengan x besar sudut yang diukur. Dalam bahasa inggris sudut tumpul disebut “obtuse angle“.

    Contoh sudut tumpul
    Contoh sudut tumpul
  5. Sudut Lurus (180°)

    Sudut lurus adalah sudut yang mempunyai besar sudut 180º. Sudut lurus dalam bahasa inggris disebut “straight angle“.

    Contoh sudut lurus
    Contoh sudut lurus
  6. Sudut Refleks (180º < x < 360º)

    Sudut refleks adalah sudut yang mempunyai besar sudut antara 180° hingga kurang dari 360°, atau dalam notasi matematika 0° < x < 90º, dengan x besar sudut yang diukur. Sudut refleks dalam bahasa inggris disebut “reflex angle“.

    Contoh sudut refleks
    Contoh sudut refleks
  7. Sudut Penuh (360º)

    Sudut penuh adalah sudut yang mempunyai besar sudut 360º. Sudut membentuk daerah lingkaran penuh. Sudut penuh dalam bahasa inggris disebut “complete angle“.

    Contoh sudut penuh
    Contoh sudut penuh

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Pelajaran Matematika


Sekian artikel “Sudut | 7 Jenis Sudut Tumpul, Lancip, Siku, Refleks, Lurus, 0º, dan Penuh”. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai halaman Advernesia. Terima kasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda