10 Cara Memperbaiki Aplikasi Windows Error Keluar Sendiri

90

Windows merupakan sistem operasi buatan Microsoft yang paling populer di dunia. Namun sayangnya menurut pengalaman pengguna windows sangat rentan terhadap virus dan mempunyai beberapa bug yang dapat menyebabkan terjadinya Windows Error seperti aplikasi yang keluar sendiri secara tiba-tiba, muncul notifikasi "Not Responding" atau "Has Stopped Working". Berikut tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk mengatasi aplikasi Windows Error atau keluar sendiri.

Catatan: semakin kebawah tingkat kerusakan semakin kompleks

  1. Restart Windows di Komputer Anda

    Teknologi fast startup membuat windows hidup dengan sangat cepat dari sebelumnya, namun komputer anda akan tidak memulai sistem operasi dari awal lagi. Ini berarti komputer akan selalu menggunakan catatan memory di penyimpanan internal (HDD/SSD). Ketika komputer anda mengalami "Not Responding" ini dapat menjadi penyebab system driver crash. Untuk mengatasi hal ini windows 7 ke bawah akan menjalankan ulang sistem driver saat pengguna menghidupkan ulang komputer. Namun hal ini tidak terjadi ketika anda mengaktifkan fast startup Windows 8, 8.1 dan 10, sehingga dapat menyebabkan system driver tidak ditanggulangi. Jadi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah Restart Komputer.

  2. Lakukan Full Scan dengan Anti-Virus Menggunakan Database Terbaru

    Tetap Error, anda dapat melakukan Full Scan Komputer anda dengan Anti Virus terupdate. Virus dapat memakan resource yang besar sehingga memory untuk membuka aplikasi lain tidak cukup. Gunakan Anti-Virus yang sudah terbukti kekuatannya seperti Bitdefender, AVG, Kaspersky, Avira, dan Norton.

    Baca juga: Anti-Virus Terbaik dan Ringan

  3. Menghapus Temporary Files

    Temporary files merupakan catatan files sementara yang menyimpan data penggunaan suatu aplikasi di windows untuk mempercepat proses suatu aplikasi. Anda perlu menghapus temporary files supaya aplikasi melakukan kompilasi data ulang, karena kompilasi data yang tidak sepenuhnya selesai yang dapat menyebabkan Error.

    Klik kanan Local Disk :C (atau tempat sistem operasi anda tersimpan) ⇒ General ⇒ Disk Cleanup (centang semua) ⇒ clean up system files ⇒ OK (tunggu sampai proses selesai dan keluar dengan sendirinya) ⇒ Restart 

  4. Mematikan Morphological Filtering (Khusus Aplikasi Berbasis Metro)

    Morphological filtering adalah operasi non-linear pada gambar yang dilakukan dengan berbagai metode terdefinisi yang dapat memberikan efek visual tertentu. Aplikasi metro adalah aplikasi yang didesain untuk berjalan di prosesor mobile maupun desktop baik teknologi x64 maupun x86. Aplikasi Metro banyak dijumpai di Windows Store. Beberapa aplikasi Metro tidak dapat berjalan dengan teknologi Morphological Filtering seperti game 3D dan Movies & TV. Anda perlu mematikan teknologi ini di pengaturan Graphic Driver. Setelah "Morphological Filtering" tidak aktif, dilanjutkan dengan restart komputer. Coba buka aplikasi metro pada komputer Anda.

    Global Morphological Filtering AMD
    Global Morphological Filtering AMD

    Intel HD Grapich Morphological Setting
    Intel HD Graphic Morphological Setting
  5. Menggunakan Compatibility Mode (Non-Metro)

    Apabila aplikasi yang error merupakan aplikasi lama (2009-2013) ada baiknya anda menggunakan cara ini. Pasalnya perancangan software untuk versi windows berbeda-beda menurut Microsoft Net Framework serta DirectX compatibility yang digunakan.

    • Klik kanan shortcut/aplikasi yang bersangkutan lalu pilih "Properties" 

    • Kemudian pada jendela Properties pilih "Compatibility"

    • Centang "Run this program in compatibility mode for" lalu pilih versi windows yang sesuai.
    • Centang "Run this program as an Administrator"
    • Klik "OK"
    • Lalu Jalankan Programnya
  6. Non-aktifkan DEP (Data Execution Prevention) pada Program yang Error

    Suatu ketika sistem operasi dapat mematikan izin aplikasi pada komputer anda karena alasan keamanan. Anda bisa mendapatkan hak akses aplikasi secara paksa dengan non-aktifkan DEP. Anda hanya perlu mengetahui direktori aplikasi windows yang error.

    Data Execution Prevention.
    Klik Untuk Memperbesar
    • Akses System Properties dengan tekan keyboard "logo windows + pause break"
    • Klik "Advanced System Settings"
    • Pada Performance klik "settings..."
    • Pilih Tab "Data Execution Prevention"
    • Pilih select box "Turn on DEP for all programs and services except those I select"
    • Lalu "Add" berkas .exe yang mengalami masalah.
    • Restart dan jalankan ulang program
  7. Install Ulang Software atau Program Bersangkutan

    Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil maka sebaiknya anda mencoba untuk install ulang software yang error tersebut. anda dapat menghapus software melalui "Settings" ⇒ "Apps" ⇒ Pilih Program ⇒ "Uninstall"

    Atau menggunakan cara lama (Non Metro) "Control Panel" ⇒ "Programs" ⇒ "Uninstall a Program" ⇒ Klik kanan program lalu pilih uninstall. 

    Lalu Install ulang software tersebut.

  8. Memperbaiki System Registry

    Registry adalah kumpulan konfigurasi yang terstruktur yang menyimpan database pengaturan dari sistem operasi dan software. Registry merupakan target utama dari virus untuk melumpuhkan sistem operasi. Malware atau virus yang pernah menginfeksi komputer walaupun sudah terhapus tetap meninggalkan jejak berupa registry yang di rombak. Registry yang rusak dapat menyebabkan kesalahan fatal oleh karena itu registry registry perlu diperbaiki. Anda dapat menggunakan software pihak ketiga seperti Piriform CCleaner.

    Baca Juga: 10 Aplikasi Terbaik Mempercepat Kinerja Laptop

  9. Melakukan Clean Boot Windows

    Clean boot adalah jenis boot yang menggunakan resource paling sedikit hanya dengan driver penting saja. Ini digunakan untuk mendiagnosis system service yang bermasalah. Penting: Anda dapat melewati langkah ini ke langkah 10, kesalahan pada langkah ini dapat menyebabkan windows tidak bisa booting dengan baik.

    • Akses System Configuration dengan "Ctrl+R" ketik msconfig lalu tekan "OK"
    • Pada Tab general ubah Normal Startup menjadi "Selective Startup" dan hapus check "load startup item" 

    • Pada Tab Service Non aktifkan semua service yang bukan microsoft

    • Klik OK, dan Restart.
    • Uji aplikasi apakah dapat berjalan di mode ini, jika ya maka ada system service yang bermasalah dan perlu non-aktifkan biasanya virus.
    • Kembalikan ke mode awal.
  10. Menggunakan System Restore jika Terdapat Data Backup saat Aplikasi Normal

    Akses system properties (logo windows + pause break) ⇒ system protection ⇒ system restore ⇒ Next ⇒ Pilih pilihan yang tersedia, usahakan sesuai tanggal permasalahan muncul ⇒ Next ⇒ Finish ⇒ tunggu sampai selesai.

    Catatan: semua aplikasi harus ditutup dan matikan antivirus 

Apabila langkah-langkah di atas tidak dapat memecahkan masalah anda maka anda perlu melakukan install ulang sistem operasi ke versi yang lebih baru atau melakukan reparasi menggunakan Instalasi atau DVD Windows.


Sekian artikel 10 Cara Memperbaiki Aplikasi Windows Error Keluar Sendiri. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

90 DISKUSI PEMBACA

    • Coba langkah no 7 kak, hapus aplikasi bersangkutan lalu pasang ulang.
      Hal ini diharapkan mampu untuk memperbaiki registry aplikasi, temporary aplikasi bersangkutan, serta memindahkan segmen data aplikasi ke lokasi yang lebih cepat (HDD).
      Semoga bermanfaat 🙂

    • Klo di laptop windows 10.
      Ada beberapa aplikasi yg di buka tp tidak keluar.
      Hanya sekian detik langsung ketutup, itu sosusinya gmna ya min ? Udh instal ulang ?

    • Hai Aldo,
      Apakah anda pernah menginstal software lama (dirilis sebelum tahun 2018), Windows 10 dirilis tahun 2018. Jika anda menginstal software lama, kemungkinan terjadi bentrok runtime library bisa karena Microsoft Redist atau NET Framework yang tertindih.
      Semoga bermanfaat 🙂

  1. Maaf. Punya sy juga ketika sdg buka aplikasi apalagi ketika buka ms word suka lngsung hilang, keluar tiba2..
    Itu caranya gimna yaa

    • Permisi kak saya baru nginstal toon boom harmony 17 premium tapi pas saya buka suka not responding lalu keluar sendiri. Itu bagaimana kak? Terima kasih

    • Hai Orel
      Coba pastikan Windows yang harus digunakan dan Hardware yang diperlukan software tersebut 🙂

  2. Game-game ku kok suka keluar sendiri ya, tanpa notif. Dia cuma tiba2 ke desktop sendiri. Padahal sebelumnya gk gitu. Kira2 ada gk solusi di atas yang bisa dipake. Dan kayaknya mulai kyk gini sejak update pas kita matiin komputer (update and shutdown).

    • Saran aku, sebaiknya lakukan restore cara no 10 jika tersedia. Biasanya windows membuat pencadangan otomatis saat melakukan update system. Pilih restore dengan tanggal sekiranya windows masih berjalan normal.

      Kalo restore berhasil aku sarankan untuk mematikan system update melalui windows service panel.
      Namun, jika restore tidak tersedia sebaiknya lakukan update ulang jika gagal atau melakukan install ulang. Namun jika melakukan install ulang, pastikan masih mempunyai lisensi windows sebelumnya.

      Semoga bermanfaat kak Azzam 🙂

  3. Aplikasi bawaan windows ku seperti calculator, sticky note, mail, paint 3d, skype dll ketika di klik muncul 2 detik lalu keluar sendiri tanpa ada tulisan error dsb. Apakah bisa pakai cara diatas? Help me.

    • Umumnya itu karena adanya software lama yang diinstal, misalnya Corel Draw x4 yang dapat mengubah file inti Windows 10. Saya sarankan coba hapus software yang lama, keluaran dibawah 2009/2010.

      Jika tidak terselesaikan coba kk install ulang windows, dan cek setiap aplikasi bawaan tersebut jika menginstall program lama.

      Semoga bermanfaat

    • Hal itu dapat disebabkan karena virus, sebaiknya scan secara menyeluruh laptopnya, Bunda.

      Jika, masih. Aku sarankan untuk install Microsoft Word versi yang terbaru, dengan catatan laptopnya menggunakan sistem operasi Windows 8 atau yang lebih baru.

      Baca juga: Cara Install Microsoft Office

      Semoga bermanfaat Bunda 🙂

  4. gan serius nie , saya mau nanya , saya instal sebuah game dan itu berhasil di install lalu berhasil di running , beberapa hari sih lancar lancar aja itu game saya mainin, sampe saat nya game itu tiba tiba close sendiri dan ketika saya coba running lagi di taskbar mah running running aja tapi game nya g muncul gitu di tampilan , itu solusinya gmn ya gan soalnya saya baru nemu yang begini , terima kasih .

    • coba restart dulu komputernya gan, biasanya hal itu karena masalah RAM
      Tapi kalau masih seperti itu, kemungkinan besar file game dihapus paksa oleh anti-virus.
      Coba hapus gamenya, dan install lagi, terus exclude folder game pada anti-virus

      Semoga bermanfaat ga:)

  5. Permisi gan sedikit ingin bertanya ,laptop ku kadang suka ngeclose aplikasi sendiri/aplikasi error sendiri setelah itu tiba tiba layar menjadi hitam tetapi mesin dan fan masih menyala namun tidak bisa di pencet apa apa. Mohon solusinya gan .trimakasih

    • Layar hitam, umumnya disebabkan karena
      1. RAM yang penuh, coba tutup aplikasi lainnya sebelum membukanya
      2. Hardisk bad sector, jika permanen disarankan untuk mengganti hdd, jika tidak permanen bisa install ulang
      Semoga bermanfaat 🙂

  6. Punyaku gak bisa diinstal saat instalasi software di disk D:// lalu kupindah ke C:// dan ternyata berjalan mulus masa pengaruh sih directory file ....?

    • Secara umum bisa saja install software di Disk D, seperti game-game besar.
      Namun jik software yang menggunakan pengaturan registry system, tentunya developer software merancang software harus di install di local disk sistem operasi umumnya C. Misalnya: MediaPlayer, MS Office, Corel Draw, Adobe, PDF reader, dan lain-lain.

    • Hai kak Dani,
      Rendering menggunakan banyak resource, jika hardware yang kakak gunakan lebih cukup untuk melakukan hal itu seharusnya hal tersebut tidak terjadi.
      Beberapa kasus, error proses rendering bisa terjadi karena ada permasalahan hardware rendering yang digunakan.
      Coba gunakan GPU rendering, dan non-aktifkan CPU rendering, di bagian "Preference"
      Atau sebaliknya Gunakan CPU rendering saja, lakukan pengujian mana yang penyebab error, mana yang lebih cepat.

      Semoga bermanfaat 🙂

  7. Hai min mau tanya dong, aku pake windows 10. aku jalanin aplikasi ms. word dan kadang firefox selama kurang lebih 2jam gitu aplikasi keluar sendiri, pas diklik aplikasi niatnya mau buka malah blank screen tapi kursor kadang masih terlihat. Itu ada kesalahan dimana ya? jadi seringnya restart2 tiap mau 2jam dan kadang langsung tekan tombol power secara paksa. Mohon bantuannya min

    • Permasalahan yang paling mungkin, karena CPU komputer terlalu panas.
      1. Ada virus atau software yang berjalan di background, coba lihat task manager apakah CPU Usage 100%
      2. Jika tidak, pastikan kipas laptop dalam kondisi baik dan tidak berdebu

      Semoga bermanfaat 🙂

  8. Permisi kak, saya mau menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan windows 10.

    1. Awalnya komputer saya pakai windows 7
    2. Sejak saya beralih dari windows 7 ke windows 10, saya mengalami cukup banyak kendala salah satunya yaitu mouse, keyboard dll terkadang suka disconnect sendiri dan auto connect sendiri, apakah masalah tersebut berasal dari hardware atau software.

    Terima kasih sebelumnya

    • Hai kak Imam Ridlo
      Windows 10 pada dasarnya mempunyai spesifikasi hardware yang hampir sama dengan Windows 7.

      Namun, hal tersebut tidak akan sejalan tanpa adanya dukungan dari manufaktur hardware yang digunakan, terutama motherboard. Coba mengunjungi situs motherboard yang digunakan dan cari tahu apakah versinya mendukung windows 10.

      Semoga bermanfaat 🙂

  9. permisi min. mau tanya. laptop saya rog gl553vd. setiap buka software archicad suka keluar sendiri pdhl windows sama software nya udah di instal ulang. kira2 knp ya min ? atau ad yg hrus d upgrade ?

    • Laptop High End mempunyai hardware, sistem hardware yang berbeda dari kebanyakan hardware.
      Coba kak Arul cari versi terbaru untuk 2 VGA drivernya (dedicated dan integrated), Sound Driver, Chipset.
      Lalu install softwarenya, jika masih bermasalah, coba hubungi tempat kakak membeli software Archicad.

      Software Arsitektur biasanya mempunyai dukungan 24/7 untuk para pelangganya

      Semoga bermanfaat 🙂

  10. min mau nanya dong, aku kan punya software cubicos (TRB), awalnya bisa tuh normal dipake, trs sekarang tiba-tiba ga bisa loading, jadi kalo di buka muncul seakan-akan loading habis itu ga ada keterangan apa2 terus hilang, di task manager juga ga ada, sedangkan cubicos itu ada juga software TAS, nah itu masih normal. aku ngerasa ini terjadi saat aku install DWGTrueView, karena autocadku tiba2 ga bisa kebuka juga, tapi bedanya dia ada keterangannya, jadi aku download yg suruhan di keterangan itu, dan baru bisa.

    • Mungkin kak Decan dapat menginstal 1).DWGTrueView lanjut 2).AutoCad lalu 3).TRB, kemungkinan software yang sudah diinstall tidak terbuka dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya: Ketiga software menggunakan framework yang sama, misal qt application framework, microsoft redistributable c++. Ketika software dengan versi lama diinstal terakhir, framework terbaru dapat digantikan oleh framework yang lama. Sehingga software-software baru tidak dapat berjalan dengan normal. Untuk mengatasinya, usahakan software yang diinstal merupakan versi terbaru.

      Semoga bermanfaat 🙂

  11. Bang mau tanya kan sya baru abis beli game trus kan buat install gamenya itu harus connect ke aplikasi battlenet. Nah selama proses download kadang itu eror trus tiba2 kluar sndiri trus laptop saya ngehang tdk bisa diapa2in. Ada saran gak bang? Mohon bantuannya

    • Hai bang Rio,
      Coba pastikan spesifikasi minimum game yang diinstal dapat dijalankan di spesifikasi laptopnya. Jika tidak ada masalah mengenai spesifikasi, coba install ulang game nya, buka ulang game dengan koneksi WIFI yang kebih cepat, misalnya pakai indihome atau di telkom wifi.
      Semoga membantu 🙂

  12. min mau nanya kalau file .exe tidak bisa di add kedalam DEP itu kenapa ya ? tadinya sebelum instal ulang bisa saya add tetapi setelah instal ulang malah gabisa di add dan alhasil selalu Force Close sendiri ketika dipakai

    • Coba gunakan cara ke-5, mungkin versi softwarenya sudah lama, coba gunakan compatibility untuk Windows 7
      Semoga bermanfaat 🙂

  13. Saya implementasikan di Win7 dan hasilnya semoga memuaskan... terimakasih atas artikel yang sangat istimewa ini.

    Regards,
    Roy Alkina

    • Hai Jaka Rahayu,
      Coba re-install software PDF Reader yang digunakan, atau gantikan dengan software lain seperti Adobe PDF dan Foxit Reader. Software tersebut didistribusikan secara gratis.
      Semoga membantu 🙂

1 2 3

Ayo Berdiskusi Bersama! Belajar Lebih Indah dengan Saling Membantu :)

Tulis komentar
Masukkan nama Anda