10 Cara Memperbaiki Aplikasi Windows Error Keluar Sendiri

76

Windows merupakan sistem operasi buatan Microsoft yang paling populer di dunia. Namun sayangnya menurut pengalaman pengguna windows sangat rentan terhadap virus dan mempunyai beberapa bug yang dapat menyebabkan terjadinya Windows Error seperti aplikasi yang keluar sendiri secara tiba-tiba, muncul notifikasi "Not Responding" atau "Has Stopped Working". Berikut tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk mengatasi aplikasi Windows Error atau keluar sendiri.

Catatan: semakin kebawah tingkat kerusakan semakin kompleks

  1. Restart Windows di Komputer Anda

    Teknologi fast startup membuat windows hidup dengan sangat cepat dari sebelumnya, namun komputer anda akan tidak memulai sistem operasi dari awal lagi. Ini berarti komputer akan selalu menggunakan catatan memory di penyimpanan internal (HDD/SSD). Ketika komputer anda mengalami "Not Responding" ini dapat menjadi penyebab system driver crash. Untuk mengatasi hal ini windows 7 ke bawah akan menjalankan ulang sistem driver saat pengguna menghidupkan ulang komputer. Namun hal ini tidak terjadi ketika anda mengaktifkan fast startup Windows 8, 8.1 dan 10, sehingga dapat menyebabkan system driver tidak ditanggulangi. Jadi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah Restart Komputer.

  2. Lakukan Full Scan dengan Anti-Virus Menggunakan Database Terbaru

    Tetap Error, anda dapat melakukan Full Scan Komputer anda dengan Anti Virus terupdate. Virus dapat memakan resource yang besar sehingga memory untuk membuka aplikasi lain tidak cukup. Gunakan Anti-Virus yang sudah terbukti kekuatannya seperti Bitdefender, AVG, Kaspersky, Avira, dan Norton.

    Baca juga: Anti-Virus Terbaik dan Ringan

  3. Menghapus Temporary Files

    Temporary files merupakan catatan files sementara yang menyimpan data penggunaan suatu aplikasi di windows untuk mempercepat proses suatu aplikasi. Anda perlu menghapus temporary files supaya aplikasi melakukan kompilasi data ulang, karena kompilasi data yang tidak sepenuhnya selesai yang dapat menyebabkan Error.

    Klik kanan Local Disk :C (atau tempat sistem operasi anda tersimpan) ⇒ General ⇒ Disk Cleanup (centang semua) ⇒ clean up system files ⇒ OK (tunggu sampai proses selesai dan keluar dengan sendirinya) ⇒ Restart 

  4. Mematikan Morphological Filtering (Khusus Aplikasi Berbasis Metro)

    Morphological filtering adalah operasi non-linear pada gambar yang dilakukan dengan berbagai metode terdefinisi yang dapat memberikan efek visual tertentu. Aplikasi metro adalah aplikasi yang didesain untuk berjalan di prosesor mobile maupun desktop baik teknologi x64 maupun x86. Aplikasi Metro banyak dijumpai di Windows Store. Beberapa aplikasi Metro tidak dapat berjalan dengan teknologi Morphological Filtering seperti game 3D dan Movies & TV. Anda perlu mematikan teknologi ini di pengaturan Graphic Driver. Setelah "Morphological Filtering" tidak aktif, dilanjutkan dengan restart komputer. Coba buka aplikasi metro pada komputer Anda.

    Global Morphological Filtering AMD
    Global Morphological Filtering AMD

    Intel HD Grapich Morphological Setting
    Intel HD Graphic Morphological Setting
  5. Menggunakan Compatibility Mode (Non-Metro)

    Apabila aplikasi yang error merupakan aplikasi lama (2009-2013) ada baiknya anda menggunakan cara ini. Pasalnya perancangan software untuk versi windows berbeda-beda menurut Microsoft Net Framework serta DirectX compatibility yang digunakan.

    • Klik kanan shortcut/aplikasi yang bersangkutan lalu pilih "Properties" 

    • Kemudian pada jendela Properties pilih "Compatibility"

    • Centang "Run this program in compatibility mode for" lalu pilih versi windows yang sesuai.
    • Centang "Run this program as an Administrator"
    • Klik "OK"
    • Lalu Jalankan Programnya
  6. Non-aktifkan DEP (Data Execution Prevention) pada Program yang Error

    Suatu ketika sistem operasi dapat mematikan izin aplikasi pada komputer anda karena alasan keamanan. Anda bisa mendapatkan hak akses aplikasi secara paksa dengan non-aktifkan DEP. Anda hanya perlu mengetahui direktori aplikasi windows yang error.

    Data Execution Prevention.
    Klik Untuk Memperbesar
    • Akses System Properties dengan tekan keyboard "logo windows + pause break"
    • Klik "Advanced System Settings"
    • Pada Performance klik "settings..."
    • Pilih Tab "Data Execution Prevention"
    • Pilih select box "Turn on DEP for all programs and services except those I select"
    • Lalu "Add" berkas .exe yang mengalami masalah.
    • Restart dan jalankan ulang program
  7. Install Ulang Software atau Program Bersangkutan

    Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil maka sebaiknya anda mencoba untuk install ulang software yang error tersebut. anda dapat menghapus software melalui "Settings" ⇒ "Apps" ⇒ Pilih Program ⇒ "Uninstall"

    Atau menggunakan cara lama (Non Metro) "Control Panel" ⇒ "Programs" ⇒ "Uninstall a Program" ⇒ Klik kanan program lalu pilih uninstall. 

    Lalu Install ulang software tersebut.

  8. Memperbaiki System Registry

    Registry adalah kumpulan konfigurasi yang terstruktur yang menyimpan database pengaturan dari sistem operasi dan software. Registry merupakan target utama dari virus untuk melumpuhkan sistem operasi. Malware atau virus yang pernah menginfeksi komputer walaupun sudah terhapus tetap meninggalkan jejak berupa registry yang di rombak. Registry yang rusak dapat menyebabkan kesalahan fatal oleh karena itu registry registry perlu diperbaiki. Anda dapat menggunakan software pihak ketiga seperti Piriform CCleaner.

    Baca Juga: 10 Aplikasi Terbaik Mempercepat Kinerja Laptop

  9. Melakukan Clean Boot Windows

    Clean boot adalah jenis boot yang menggunakan resource paling sedikit hanya dengan driver penting saja. Ini digunakan untuk mendiagnosis system service yang bermasalah. Penting: Anda dapat melewati langkah ini ke langkah 10, kesalahan pada langkah ini dapat menyebabkan windows tidak bisa booting dengan baik.

    • Akses System Configuration dengan "Ctrl+R" ketik msconfig lalu tekan "OK"
    • Pada Tab general ubah Normal Startup menjadi "Selective Startup" dan hapus check "load startup item" 

    • Pada Tab Service Non aktifkan semua service yang bukan microsoft

    • Klik OK, dan Restart.
    • Uji aplikasi apakah dapat berjalan di mode ini, jika ya maka ada system service yang bermasalah dan perlu non-aktifkan biasanya virus.
    • Kembalikan ke mode awal.
  10. Menggunakan System Restore jika Terdapat Data Backup saat Aplikasi Normal

    Akses system properties (logo windows + pause break) ⇒ system protection ⇒ system restore ⇒ Next ⇒ Pilih pilihan yang tersedia, usahakan sesuai tanggal permasalahan muncul ⇒ Next ⇒ Finish ⇒ tunggu sampai selesai.

    Catatan: semua aplikasi harus ditutup dan matikan antivirus 

Apabila langkah-langkah di atas tidak dapat memecahkan masalah anda maka anda perlu melakukan install ulang sistem operasi ke versi yang lebih baru atau melakukan reparasi menggunakan Instalasi atau DVD Windows.


Sekian artikel 10 Cara Memperbaiki Aplikasi Windows Error Keluar Sendiri. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

76 KOMENTAR

  1. gan,,mau nanya ni,,
    knpa ya jendela klik kanan sering muncul sendiri...padahal gk ada saya klik,,
    mohon pencerahannya..

    • Hai kak Andy,
      Coba di lepas mouse-nya atau jika menggunakan laptop, coba matikan touchpad-nya.
      Jika masih terjadi, coba cek tombol contex pada keyboard, mungkin bermasalah.
      Semoga bermanfaat 🙂

  2. Saya mau tanya, kenapa aplikasi, folder tiba2 ketutup sendiri, saat di buka ulang folder ketutup lagi seolah olah mau restart / shutdown jadi ditutup sendiri bahkan desktop jadi hilang gambar dan tombol start menghilang, itu gmn ya,
    Setelah saya restart balik normal tapi gak lama seperti itu lagi

    • Hai kak Hendro,
      Saya dulu pernah mengalami hal tersebut saat menggunakan HDD.
      Berdasarkan pengalaman saya itu disebabkan karena bad-sector, kalau folder tidak berada nya berada disk lokal OS, coba backup data ke disk OS (tanpa folder itu), lalu format disk local tempat folder berada
      Semoga membantu 🙂

  3. Bro mau tanya, kenapa ya setiap saya buka media apapun suka kyk kepause sendiri gitu trus play lagi, tapi kyk cepet bgt pause-playnya trus2an , software nya yg kena atau bgimana ya?

    • Hai bro Kabul Akbar,
      Sudah coba pakai media player lain, misalnya Winamp.
      Kalo sudah, kemungkinan itu masalah driver, coba re-install sound driver di komputer nya.
      Semoga membantu 🙂

  4. Mau tanya, kalau kondisinya tiba2 aplikasinya kebuka sendiri seperti kalkulator, chrome dan windows explorer untuk penyebab dan solusinya apa ya? Mohon dibantu pencerahan nya.

    Terima kasih

    • Coba matikan keyboard apakah masih seperti itu, jika iya berarti keyboard kakak bermasalah.
      Semoga membantu 🙂

  5. aku tanya kenapa game saya sering keluar terus padahal semua cara udah aku ikutin, tolong di jawab ya kak

    • Hai Kak Faza, dulu saya suka bermain game PC seperti GTA V, Need For Speed, The Witcher III.
      Pengalaman saya game yang keluar sendiri dikarenakan oleh:
      1. RAM yang kurang
      2. Instalasi tidak rampung, beberapa game mengharuskan menginstall beberapa library tambahan seperti DirectX dependices, C++ runtime redistribulate, QT framework, dan sebagainya.
      3. Beberapa game juga dapat menyediakan binary tersendiri, misalnya seperti GTA 5 harus menyertakan social club,
      Sedangkan game-game yang berat menurut pengalaman saya, hal yang sering disebabkab karena keurang VRAM dan GPU yang lambat (Misalnya Intel HD graphic 3000). Beberapa laptop mempunyai prosesor yang mumpuni misalnya core i7, namun tidak disertakan GPU yang mempuni, sehingga performa gaming akan tidak cukup memuaskan.

      RAM menjadi poin besar saat menjalankan sebuah game, karena RAM menyimpan data untuk diproses oleh GPU dan CPU, pastikan RAM yang kakak punya cukup.

      Selain ini teknologi penyimpanan juga berpengaruh dengan kecepatan RAM, pengalaman saya di tahun lalu beberapa laptop game, menggunakan media HDD bukan SSD untuk beroperasi. Bayangkan laptop 16 juta masih menggunakan HDD.

      Jadi, untuk gaming saya sarankan menggunakan hardware yang mumpuni seperti SSD, prosesor kelas gaming, dedicated VGA, beserta RAM yang besar. Terus, pastikan instalasi game dan software pendukungnya telah terinstal
      Semoga membantu 🙂

  6. gan saya ada troble di theme windows 10, ketika saya mau ganti theme, langsung keluar sendiri, solusi nya bagaimana ya.

    • Hai ka Reza, saya mencoba mencari solusinya di Windows Support Center,

      Metode 1: Jalankan pemeriksa file sistem (SFC)

      a. Tekan tombol Windows + X dan klik command prompt (admin).
      b. Ketik perintah berikut di command prompt dan tekan Enter.

      sfc /scannow

      Jika tidak membantu, gunakan metode 2.
      Metode 2: Jalankan alat DISM dan periksa masalahnya.

      a. Tekan tombol Windows + X dan klik prompt perintah (admin).
      b. Ketik perintah berikut di command prompt dan tekan Enter.

      DISM.exe /Online /Cleanup-image /Scanhealth.
      DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth.

      Semoga membantu 🙂

  7. beberapa kali saya ngalamin bluescreen, setelah utak atik sendiri, bisa normal sampai sekarang setelah RAM nya saya lepas satu keping, kalau problem yang ini sih belum pernah ngalamin.

    • Masalah bluescreen pada komputer karena RAM memang umum kak, kemungkinan disebabkan oleh IC RAM yang sudah mulai bermasalah atau konektor RAM dan motherboard yang berdebu
      Coba bersihkan konektor RAM pada motherboard dengan sikat gigi dan konektor pada RAM dengan penghapus, dengan harapan masalah tersebut bisa diminimalisir kejadiaanya
      Semoga membantu

  8. Hallo kak, mau nanya. Aku hidupin laptop nih, lalu buka word, tiba2 laptop mati total. Itu kenapa ya? Tapi misal didiemin gak mati kak. Baterai gk ada masalah, cuma 2 hari yang lalu windowsku minta upgrade tapi gk aku upgrade, pas ngidupin tadi tuh tiba2 udah upgrade aja. Laptopku juga sering lemot apa karena RAM kak? Mohon sarannya kak. Terima kasih

    • Hai Sharfani, menurut saya itu disebabkan karena HDD laptop yang sudah lambat, sehingga sistemnya perlu dibersihkan dan didefrag
      Semoga membantu 🙂

  9. Kak saya mau tanya, kenapa laptop saya terkadang fps drop atau lemot ketika kursor berkedip dan harus menekan tombol apapun di keyboard agar fps kembali normal tetapi selang beberapa waktu terjadi kembali dan itu ditandai dengan kursor panah yang berkedip, bagaimana cara mengatasinya kak ? Terima kasih

    • Hai Kak Rochman, FPS drop dapat disebabkan karena proses rendering grafik yang tinggi...
      Coba cek Task Manager, jika prosesor 100%, berarti penyebabnya kekurangan resource CPU
      jika, RAMnya 100% berarti kekurangan RAM
      Jika CPU dan RAM tidak 100%, bisa disebabkan karena kartu grafisnya yang kurang mumpuni...
      Coba perkecil konfigurasi grafis software tersebut
      Semoga membantu 🙂

    • Hai Kak Fadel, coba tekan tombol "F11" untuk keluar dari mode full-screen
      Semoga membantu 🙂

  10. Kak mau tanya,
    Saya ngetik di ms word atau notepad atau excel kok kluar terus ya ?
    Mau ngetik tiba" leptop terkunci sendiri bahkan kluar aplikasi yg saya gunakan 🙏
    Mohon dibantu sebelum saya ke service leptop 🙏

    • Hai, Kak Imroatin
      Kemungkinan keyboard laptopnya bermasalah kak
      Semoga membantu 🙂

    • Hai, Rehan stuck keluar sendiri biasanya karena file game yang error
      Atau Windows belum terinstall dynamic-link library yang dibutuhkan game
      Coba install Microsoft DirectX dan Microsoft Redist yang dibutuhkan
      Semoga membantu 🙂

  11. Mau tanya, saya dapet PC dari kantor dan sudah di cloning dari sananya
    tapi untuk membuka file, buka Gdrive di browser manapun, dan ada beberapa link yg dibuka saat di browser manapun itu force close. mungkin penyebabnya karena PC cloningan dan di block dari sananya.
    dan saya minta solusi untuk membuka blocknya atau ada solusi lain selain install ulang PC?
    terima kasih mohon infonya

    • Hai, Kak Bison
      Saran saya coba pasang ulang browsernya, jika masih error
      Coba set ulang Windows Host file
      C:\Windows\System32\drivers\etc\Hosts
      Pastikan tidak ada alamat IP yang diblokir dalam file itu
      Jika tidak ada IP yang diblokir lakukan flush DNS melalui Comandpromt
      Semoga membantu 🙂

1 2

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda