Apa itu Driver dan Cara Kerjanya

0

A. Pengertian Driver Komputer

Driver pada komputer adalah komponen software yang berfungsi sebagai perangkat komunikasi antara Sistem Operasi dan hardware. Contoh driver pada umumnya: driver VGA, driver kartu suara, driver printer, driver touch-pad, dan lain-lain.

B. Cara Kerja Driver Komputer (Device Driver)

Secara fundamental ketika sebuah aplikasi mengakses data dari sebuah hardware, pertama aplikasi tersebut memanggil function yang dapat diimplementasikan oleh sistem operasi. Setelah sistem operasi berhasil membaca pesan tersebut, sistem operasi kemudian memanggil function yang dapat diimplementasikan oleh driver. Driver kemudian menggunakan kode biner untuk memerintah hardware melakukan perintah yang diberikan oleh sistem operasi dan mengambil data yang dilakukan oleh hardware. Begitu juga selanjutnya sistem operasi memberikan data ke aplikasi untuk dapat bekerja. Driver jenis ini merupakan driver yang umum ditemukan, disebut dengan "device driver".

Artikel terkait: Apa itu Software atau Perangkat Lunak Komputer dan Jenisnya

Cara kerja driver secara umum

Berikut merupakan penjelasan mengenai driver yang lebih kompleks:

  1. Tidak semua device driver dibuat oleh manufaktur dari hardware yang bersangkutan. Namun beberapa driver dirancang untuk memenuhi semua kebutuhan hardware dalam lingkup yang sama. Ini berarti driver dapat dibuat oleh pihak lain misalkan Microsoft dapat membuat driver standar untuk menjalankan hardware keyboard.
  2. Tidak semua device driver dapat langsung berkomunikasi dengan hardware. Ini berarti driver bersangkutan tidak dapat membaca data dengan kode binary I/O untuk membaca secara langsung data dari suatu hardware. Secara fundamental driver jenis ini bergantung terhadap driver primer yang dapat berkomunikasi langsung dengan hardware bersangkutan. Driver jenis ini akan manipulasi perintah ke driver yang lain.
  3. Beberapa device driver jenis filter hanya merekam perintah I/O sistem operasi kepada driver primer untuk membaca data dari hardware secara langsung. Misalkan driver Dolby digital akan meminta bantuan kepada sound driver untuk mengirim perintah kepada sound card mengirimkan data suara yang dapat dimengerti oleh sound card tersebut.
Cara kerja Device Driver dengan menggunakan Filter Function

Device driver pada sistem operasi bekerja secara langsung dengan hardware. Namun ada driver yang bekerja untuk software tertentu hingga dapat bekerja dengan baik menggunakan manipulasi perintah binary kepada prosesor. Driver jenis ini disebut dengan "software driver".

C. Apa itu Software Driver?

Software driver adalah driver yang berfungsi sebagai perangkat komunikasi antara aplikasi dengan sistem operasi di tingkat kernel. Sistem kernel merupakan sistem inti (core operating system data) yang hanya dapat dibaca oleh driver yang mempunyai sertifikat kepemilikan akses, dimana driver tersebut dapat membaca data inti sistem operasi yang telah di-enkripsi. Berbeda dengan virus pada komputer yang dapat membobol enkripsi ini, software driver mengakses secara legal. Software driver biasanya digunakan oleh anti-virus dan virtual machine (misalnya virtualbox). Pada GNU/Linux, kernel linux dapat menghandle beberapa sistem operasi sekaligus dengan konfigurasi virtual machine yang bertindak sebagai software driver.

Ruang kerja software driver

Software Driver selalu bekerja di kernel mode. Yang membedakannya dengan device driver yaitu device driver tidak selalu bekerja di kernel mode. Umumnya device driver hanya bekerja pada user mode dan berinteraksi dengan kernel secara wajar, tanpa melakukan modifikasi data kernel. Sehingga device driver tidak terlalu memerlukan sertifikat khusus dari sistem operasi yang bersangkutan untuk bekerja dengan baik.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Belajar Komputer 


Sekian artikel Apa Itu Driver. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda