6 Antivirus Terbaik dan Ringan untuk Windows Gratis & Berbayar

0

Antivirus pada komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows merupakan salah satu software terpenting sebagai upaya untuk menjaga komputer anda tetap dapat bekerja dengan baik. Banyak virus baru yang muncul khusus menyerang windows tiap bulannya. Komputer yang terinfeksi virus akan berjalan lebih berat dari sebelumnya karena virus bekerja secara real time. Selain itu virus dapat menggandakan dirinya sendiri melalui koneksi USB maupun jaringan nirkabel.

Berikut merupakan 6 Anti Virus terbaik dan ringan untuk sistem operasi Microsoft Windows. Selain itu Anti Virus dalam list juga menyediakan versi Free (Gratis).

Baca juga: 10 Cara Memperbaiki Aplikasi Windows Error Keluar Sendiri

  1. AVG Antivirus (Spesifikasi Menengah dengan Perlindungan Terbaik)

    AVG berdiri pada tahun 2001 dan telah mendapatkan lebih dari 25 penghargaan sebagai salah satu Anti Virus terbaik di dunia. Selain itu AVG membutuhkan resource yang kecil untuk melakukan perlindungan secara real time. AVG menggunakan heuristic untuk mendeteksi virus dengan urutan yang diprioritaskan sehingga virus dapat dimatikan dengan tepat. Berikut spesifikasi hardware yang diperlukan.

    • Intel Pentium 1,5 Ghz (Single Core)
    • RAM 512 MB untuk Windows XP
    • RAM 1 GB untuk Windows 7, 8, 8.1, dan 10
    • Media penyimpanan 1,5 GB
    • Tersedia versi gratis (free)
    AVG AntiVirus
    AVG Antivirus
    #1 AVG memberikan perlindungan yang andal dengan heuristic dan dapat berjalan di komputer dengan prosesor single core. Heuristic pada antivirus merupakan metode pengenalan virus baru secara otodidak tanpa database baru oleh suatu software antivirus yang umumnya memerlukan komputasi yang cukup tinggi. Namun, AVG mampu mengaturnya untuk dapat berjalan di single core.
  2. Avira Antivirus (Perlindungan Terbaik)

    Avira merupakan pemain lama penyedia Anti Virus komputer, khususnya Microsoft Windows. Avira berdiri tahun 1986 menjadi perusahaan software Anti Virus dan telah dipercaya oleh perusahaan besar dunia sebagai Anti Virus komputer workstation. Berikut spesifikasi hardware yang diperlukan Avira Antivirus.

    • Windows 7, 8, 8.1 dan 10 x86 atau x64
    • Prosesor AMD: Ab Athlon 64/Sempron (Paris Core)/Opteron
      Prosesor Centaur Technology
      Prosesor Intel: Mulai Pentium 4 (Desktop)/Pentium M
      Prosesor Trans-Meta (Single Core 1,3 Ghz)
    • RAM 2 GB
    • Media penyimpanan 2 GB
    • Browser minimum Internet Explorer 8
    • Tersedia versi gratis (free)
    Avira Free
    Avira Antivirus
    #2 Avira memberikan perlindungan yang andal dan telah digunakan oleh komputer workstation 500+ perusahaan ternama yang masuk majalah FORTUNE.
  3. Microsoft Windows Defender (Aplikasi Standar)

    Microsoft Windows Defender adalah Anti Virus standar di sistem operasi Microsoft Windows. Sejak rilis Windows 8.1 dan Windows 10, Microsoft Windows Defender sudah cukup andal untuk melindungi komputer anda dari serangan virus.

    Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan semua fitur Microsoft Windows Defender karena fitur ini telah terintegrasi dengan license Microsoft Windows yang anda beli. Hardware yang diperlukan sesuai dengan hardware yang diperlukan oleh versi sistem operasi Windows yang anda gunakan.

    Microsoft Windows Defender
    Microsoft Windows Defender
    #3 Windows Defender diakses melalui Control Panel ⇒ System and Security.
  4. Avast Antivirus (Sangat Ringan dan Stabil)

    Avast merupakan perusahaan penyedia Anti Virus yang telah dipercaya sejak tahun 1988. Avast mempunyai metode deteksi virus menggunakan algoritma khusus, sehingga penggunaan resource menjadi sangat kecil dan ringan. Oleh karenanya virus pada komputer anda dapat dengan sangat cepat diproses oleh Avast dan juga tetap membuat sistem tetap bekerja dengan stabil. Berikut spesifikasi hardware yang diperlukan Avast.

    • Windows XP SP3, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10 x86 atau x64
    • Prosesor Intel Pentium 4 atau AMD Athlon 64 dengan dukungan teknologi SSE2 (Single Core 1,3 Ghz)
    • RAM 256 MB
    • Media penyimpanan 2 GB
    • Tersedia versi gratis (free)
    Avast Antivirus
    Avast Antivirus
    #4 Avast merupakan antivirus yang sangat ringan yang telah dipercaya oleh 400 juta + perangkat komputer di seluruh dunia. Karena sangat ringan, software ini masih dapat berjalan di komputer dengan RAM 256 Mb.
  5. Bitdefender Antivirus (Perlindungan Super)

    Bitdefender merupakan Anti Virus yang pernah memperoleh gelar Antivirus terbaik secara berturut-turut. Bitdefender mempunyai sistem proteksi yang sangat kuat baik offline protection maupun online protection. Bitdefender dapat menghapus virus yang terinfeksi pada komputer dengan 1 tahap, sekalipun virus mengontrol file sistem. Berikut spesifikasi hardware yang diperlukan Bitdefender.

    • Sistem Operasi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10 x86 atau x64
    • Prosesor Dual Core 1,6 Ghz atau Single Core 3,2 Ghz (Pentium)
    • RAM 1 GB
    • Media penyimpanan 1,5 GB
    • Tidak tersedia versi gratis (paid only + 30 days trial)
    Bitdefender Antivirus
    Bitdefender Antivirus
    #5 Bitdefender merupakan antivirus yang terbukti secara teknis mengamankan komputer dari serangan virus bahkan di tingkat kernel. Bitdefender hampir selalu mendapatkan penghargaan dari AV TEST sebuah organisasi independent yang menguji keandalan antivirus.
  6. McAfee Antivirus (Proteksi Internet Terbaik Pilihan Penulis)

    McAfee merupakan salah satu perusahaan Anti Virus yang berdiri tahun 1987 dan termasuk dalam salah satu Anti Virus terbaik. McAfee telah mendapat berbagai penghargaan di bidang internet security. McAfee mempunyai fitur-fitur tambahan (ekstensi) yang berfungsi untuk mengamankan privasi pengguna komputer dari serangan virus dan malware berbahaya saat terhubung dengan internet. McAfee Web Advisor, McAfee Web Boost, dan McAfee Password Manager merupakan beberapa ekstensi tambahan yang disediakan untuk mengamankan data pengguna saat menggunakan browser. Sehingga McAfee Antivirus menjadi internet security terbaik dan menjadi Anti Virus pilihan penulis. Berikut spesifikasi minimum McAfee Antivirus.

    • Prosesor Dual Core 1 Ghz atau Single Core 2 Ghz (Pentium)
    • 1 Gb RAM untuk Windows XP
    • 2 Gb RAM untuk Windows Vista, 7, 8, dan 10
    • Minimum penyimpan HDD/SSD 500 Mb
    • Tidak tersedia versi gratis (paid only + 30 days trial)
    McAfee Antivirus
    McAfee Antivirus
    #6 McAfee mempunyai ekstensi dan fitur-fitur tingkat lanjut untuk internet security.

Tutorial Lainnya: Daftar Isi Belajar Komputer


Sekian artikel Antivirus Terbaik Gratis dan Ringan untuk Windows. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terima kasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda