10 Aplikasi Terbaik Mempercepat Kinerja Laptop

17

Terkadang penggunaan komputer terutama laptop semakin berat dengan seiring berjalannya waktu. Di samping karena umur hardware terutama hardisk yang melemah dan sistem operasi yang belum optimal dapat menjadi penyebab mengapa komputer anda semakin lambat. Untuk mengoptimalkan kinerja sistem operasi, anda dapat menggunakan software utility yang dapat memberikan task-task yang harus dilakukan baik secara manual maupun secara otomatis untuk mempercepat kinerja laptop. Berikut Advernesia menyajikan 10 software atau aplikasi mempercepat kinerja laptop dan komputer anda. Software yang Advernesia sajikan dalam list tersedia dalam versi gratis sehingga anda dapat mencoba kinerja software berikut.

Baca juga: SSD vs HDD Bagus Mana Berdasarkan Penggunaan

  1. CCleaner (Author Choice)

    CCleaner merupakan aplikasi yang berfungsi mengoptimalkan kinerja komputer dengan antarmuka yang mudah digunakan. Disamping itu CCleaner merupakan software pilihan penulis sejak 2013. Penulis memilih CCleaner karena kesederhanaan dan fitur yang mudah dimengerti.

    CCleaner
    CCleaner

    Dalam versi free anda sudah dapat melakukan optimalisasi registry, membersihkan file sampah untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan, tools system service untuk manajemen service sistem operasi, optimalisasi browser plugin, disk analyzer untuk menganalisis kesalahan cycle HDD/SSD, duplicate finder untuk mendeteksi file duplikasi dan menghapus duplikasi, system restore serta driver wipe untuk melakukan wipe sehingga segmen hdd/ssd lebih bersih. Namun untuk menggunakan CCleaner anda perlu melakukan pembersihan rutin secara manual minimal 3 bulan sekali. CClener mengutamakan kesederhanaan, secara default tidak memunculkan notifikasi untuk melakukan optimalisasi.

    CCleaner Tools

  2. iolo System Mechanic

    Software ini dianugrahkan sebagai terbaik 2017 untuk melakukan optimalisasi sistem komputer pada review pcmag. Software ini telah berpengalaman sejak tahun 1998 dalam mengoptimalkan kinerja komputer. Secara umum fitur utama software ini adalah

    • Boost Speed - Memberikan optimalisasi real time penggunaan prosesor dan RAM serta memberikan prioritas khusus terhadap aplikasi full screen seperti game dan aplikasi yang menggunakan resource besar seperti aplikasi edit video.
    • Removes Bloatware - bloatware merupakan aplikasi yang aktif pada sistem service, dimana aplikasi ini tidak diperlukan untuk mendukung aksesibilitas pengguna. Biasanya aplikasi ini sejenis malware.
    • Unleashes Internet Speed - iolo System Mechanic dapat melakukan optimalisasi terhadap konfigurasi internet pada komputer anda sehingga koneksi internet dapat berada pada titik optimum untuk pengguna.
    • Repairs Problems - iolo System Mechanic akan melakukan optimalisasi registry dan system driver untuk memperbaiki bug yang ada di komputer.
    • Protecs Privacy and Policy - anda dapat menjaga privacy dari penyadapan lewat internet menggunakan fitur ini.
    • Cleans Out Clutter - iolo System Mechanic dapat menghapus file sampah serta catatan media yang telah hilang, sehingga pengguna hdd/ssd lebih hemat.
  3. IObit Advanced SystemCare

    IObit Advanced SystemCare adalah software pemercepat kinerja yang khusus diperuntukan sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Software ini telah dipercaya lebih dari 250 juta pengguna premium. Software ini mempunyai 3 teknis perlindungan utama sebagai berikut

    Systemcare

    • Cleaner & Smoother PC - Software ini memberikan cara instant dengan sekali klik untuk mempercepat kinerja komputer anda. Secara otomatis membersihkan registry, shortcut gagal, temporary files (file sementara) hanya dengan sekali klik.
    • Faster PC & Online Surfing - Software ini dapat memberikan rekomendasi untuk mematikan system service dan plugin browser anda, sehingga komputer anda dapat hidup lebih cepat dan browsing lebih cepat, karena proses yang di-handle CPU menjadi lebih sedikit namun tetap stabil.
    • Real-time Protecting & Monitoring - Real-time protecting berjalan di system kernel dengan resource yang rendah, berfungsi untuk mendeteksi software berbahaya seperti malware dan spyware dengan menganalisis tingkah laku penggunaan resource. Selain itu penggunaan CPU/RAM/GPU juga dianalisis untuk memperingati user jika komputer mengalami overheat.
  4. Advanced System Optimizer

    Advanced System Optimizer merupakan software pemercepat kinerja komputer yang telah berpengalaman sejak 1999. Software ini juga tersedia dalam versi Mac Os dan smartphone iPhone dan android. Software dari Systweak ini memprioritaskan kinerja sistem dengan 5 optimalisasi yaitu

    Advenced System Optimizer
    Advanced System Optimizer
    • System Cleaner - software ini akan membersihkan file sampah serta file yang berpotensi merusak komputer anda. System Cleaner juga memberikan backup data terkompresi sehingga anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang dibersihkan.
    • Game Optimizer - Berbeda dengan software lainnya, Advanced System Optimizer memberikan fitur dedicated Game, komputer anda akan dialihkan menjadi game konsol yang khusus untuk bermain game melalui teknologi private virtual desktop.
    • Driver Update - Advanced System Optimizer menjaga komponen driver anda tetap update sehingga komunikasi sistem operasi dengan hardware tetap optimal.
    • System Protector - Fitur ini menjaga komputer anda aman dari serangan malware dan spyware serta privacy anda saat online maupun offline.
    • Disk Optimizer - Penyimpanan komputer merupakan masalah serius terhadap kinerja komputer anda, fitur ini memberikan optimalisasi media penyimpanan yang mudah digunakan.
  5. The PC Decrapifier

    Berdiri sejak 2007, The PC Decrapifier hadir untuk memberikan dukungan penuh tanpa biaya dalam hal mempercepat kinerja komputer anda. Anda dapat menggunakan software ini dengan dukungan komunitas PC untuk memecahkan masalah mengenai sistem komputer anda. Sebagai rekomendasi terbaik untuk pengguna komputer yang masih awam mengenai sistem komputer. Antarmuka yang user-friendly dan dukungan komunitas, anda patut mencoba software ini dan bergabung menjadi komunitas The PC Decrapifier.

    pcdecrapifier

  6. Razer Cortex: Game Booster

    Bagi anda pecinta game komputer, tentunya anda mengenal software ini. Software ini fokus untuk mempercepat kinerja Game yang rata-rata memerlukan resource yang besar. Software ini tersedia untuk mempercepat game pada komputer dengan sistem operasi windows 7, windows 8 dan windows 10. Software ini terintegrasi dengan game komputer dan dapat memberikan konfigurasi yang tepat sesuai dengan sistem hardware komputer anda, sehingga game dapat berjalan lebih lancar dengan fps yang lebih tinggi. Game booster juga memberikan fitur yang dapat mengoptimalkan segmen penyimpanan game pada HDD sehingga respon hardisk lebih cepat saat game di jalankan.

    Razor Game Booster
    Razor Game Booster
  7. Glary Utilities

    Glary Utilities adalah software pemercepat komputer yang telah dipercaya lebih dari 40 juta pengguna. Software ini mengklaim dapat mempercepat komputer anda hingga 800%. Dengan lebih dari 20 tools yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan kinerja komputer Glary Utilities telah mendapat rating bintang 5 sejak tahun 2012 dalam review software Cnet. Sehingga, Glary Utilities sudah terbukti keandalan dari sudut pandang pengguna.

    Glary Utilities
    Glary Utilities
  8. Symantec Norton Utilities (Paid)

    Sebagai perusahaan besar dengan spesialisasi cyber security, Norton juga menghadirkan produk pemercepat kinerja komputer dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Selain itu Norton meraih peringkat #3 tahun 2017 sebagai software pemercepat komputer terbaik berdasarkan review PCMag. Anda dapat mencoba software secara gratis selama 30 hari sebelum membeli software ini.

    Norton Utilities
    Norton Utilities
  9. System Cleaner (Paid)

    System Cleaner merupakan software pemercepat komputer yang berdiri tahun 1996. Software ini telah dipercaya sejak 1997 oleh industri besar seperti Microsoft dan Intel sebagai pengoptimal komputer workstation perusahaan. Software ini menyediakan 24 tools yang dapat mengoptimalkan kinerja komputer anda. Walaupun software ini berbayar, harganya bisa dikatakan murah karena anda dapat melakukan instalasi dengan lisensi yang sama ke 3 komputer yang berbeda. Anda dapat mencoba software ini gratis selama 30 hari sebelum anda membeli software ini.

    System cleaner
    System cleaner
  10. AVG PC TuneUp Utilities (Paid)

    Sejak tahun 2014 PC TuneUp Utilities telah bergabung dengan AVG salah satu perusahaan Anti-Virus terbesar di dunia. PC TuneUp Utilities terus dikembangkan menjadi software kaya fitur untuk mempercepat kinerja komputer. Bagi anda yang menggunakan AVG Anti-Virus sangat direkomendasikan menggunakan software ini. Walaupun berbayar anda tetap dapat mencoba software ini selama 30 hari. Selain itu AVG PC TuneUp Utilities adalah satunya-satunya yang mempunyai layanan 24/7 khusus berbahasa Indonesia dari list di atas.

    AVG PC TuneUp Utilties
    AVG PC TuneUp Utilties

Baca juga: 10 Cara Memperbaiki Aplikasi Windows Error Keluar Sendiri


Sekian artikel 10 Aplikasi Terbaik Mempercepat Kinerja Laptop. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

17 DISKUSI PEMBACA

  1. terima kasih mas, sangat berguna informasi nya, komputer saya sudah tidak lemot lagi semenjak pakai aplikasi ccleaner yang anda sarankan, makasih sekali lagi

    • Berarti konfigurasi komputer anda kurang optimal atau ada hardware yang sudah lemah. Karena aplikasi di atas sudah teruji dan berani memberikan lisensi berbayar untuk mengoptimalkan komputer

      Semoga bermanfaat Bang Bonar 🙂

  2. terimakasih sudah berbagi ilmu semoga laptop saya tidak lemot lagi...semoga berkah selalu
    jangan lupa kunjungi website saya
    dan website kampus saya di atmaluhur

    • Terima kasih kembali kak Febrina Liska Wardani ❤ Semoga berkah 🙂
      Website kampus sudah saya kunjungi berkali-kali dari rekomendasi teman-teman kakak lainnya 🙂
      Saya senang Advernesia telah populer di kampus stimik Atmaluhur 🙂

Ayo Berdiskusi Bersama! Belajar Lebih Indah dengan Saling Membantu :)

Tulis komentar
Masukkan nama Anda