Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer dan Fungsinya

0

A. Pengertian Komputer

Secara harfiah komputer berasal dari bahasa latin yaitu “computāre” yang berarti menghitung. Komputer adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan perhitungan data yang terdiri dari memasukkan data (input), mengolah data (process), dan menghasilkan informasi (output) menggunakan hardware dan software tertentu.

Artikel terkait: Pengertian Data, Informasi, dan Pengetahuan


B. Komponen Komputer

Komputer terdiri dari 3 komponen utama, yaitu:

  1. Hardware (Perangkat Keras)

    Hardware atau perangkat keras komputer adalah bagian dari sistem komputer yang merupakan perangkat yang dapat diraba dan dilihat secara fisik serta perangkat yang menjalankan instruksi dari perangkat lunak (software).

    Artikel terkait: Pengertian Perangkat Keras Komputer dan Contohnya

  2. Software (Perangkat Lunak)

    Pengertian software adalah istilah umum untuk berbagai program yang berisi instruksi-instruksi terkait mengoperasikan komputer atau perangkat keras terkait. Software dalam bahasa Indonesia disebut juga perangkat lunak, karena software secara fisik tidak dapat dilihat namun dapat dioperasikan.

    Artikel terkait: Apa itu Software atau Perangkat Lunak Komputer dan Jenisnya

  3. Brainware (Pengguna Komputer)

    Brainware adalah orang yang mengoperasikan hardware dan software komputer.


C. Fungsi Komputer 

Beberapa contoh fungsi komputer untuk kehidupan sehari-hari adalah

  • Menulis dokumen yang dapat dicetak.
  • Mengakses internet.
  • Mengolah data dengan berbagai tujuan.
  • Memutar file media seperti gambar, video dan musik.
  • Menyimpan data digital.
  • Membangun sistem informasi yang membantu suatu instansi, contoh: sistem informasi universitas.
  • Bermain Video Games.
  • Programming.
  • Membuat design.
  • Presentasi.
  • Dan lain-lain.

D. Sejarah Komputer

Komputer yang kita kenal bermula sejak abad ke 19, yang merupakan hasil penemuan dari seorang professor matematika yaitu Charles Babbage. Ia merancang sebuah mesin analitik yang dapat melakukan operasi matematika sederhana. Hal ini kemudian menjadi kerangka dasar dari perkembangan komputer berikutnya.

Perkembangan Komputer

Secara umum, perkembangan komputer dibagi menjadi 5 generasi yaitu:

  1. Komputer Generasi Pertama (1937 – 1946)

    Komputer generasi 1 diawali oleh Dr. John V. Atanasoff dan Clifford Berry. yang bernama komputer Atanasoff-Berry (ABC). Kemudian tahun 1943, perkembangan komputer di Inggris dituntut oleh kepentingan perang dunia II (World Wide War II) bernama komputer Colossus. Komputer ini digunakan untuk memecah kode mesin cipher Lorenz SZ-40, merupakan mesin yang digunakan Jerman untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan sinyal telegraf.

    Komputer ENIAC
    Komputer ENIAC – Wikipedia

    Tahun 1943, dibuat komputer digital pertama dengan tujuan umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Komputer ini beratnya 30 ton, dan memiliki 18.000 tabung vakum sebagai unit pemrosesan. Ketika komputer ini dinyalakan untuk pertama kalinya, seluruh lampu di bagian Philadelphia meredup.

    Komputer generasi pertama adalah komputer yang dapat melakukan satu tugas, dan tidak memiliki sistem operasi.

  2. Komputer Generasi Kedua (1947 – 1965)

    Perkembangan komputer generasi 2 ditandai dengan penemuan transistor yang menggantikan tabung vakum sebagai unit pemrosesan. Transistor pertama kali ditemukan oleh Dr.John bardeen, Dr.walte H.Brattain, dan Dr william Scockley pada tahun 1947. Hal ini menyebabkan ukuran komputer menjadi jauh lebih kecil, lebih ringan, dan lebih hemat daya.

    Komputer UNIVAC 1
    Komputer UNIVAC 1 – Wikipedia

    Pada tahun 1951, komputer pertama yang menggunakan transistor dipublikasi untuk tujuan komersial yang bernama UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer 1). Kemudian tahun 1953, perusahaan teknologi IBM, membuat jejak komputer secara komersial dengan seri 650 dan 700 di pasaran.

    Komputer generasi kedua adalah perkembangan komputer yang pesat mulai dari penggunaan transistor, penemuan memori komputer, sistem operasi, dan penciptaan lebih dari 100 bahasa pemrograman.

    Artikel terkait: Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya

  3. Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1971)

    Penemuan sirkuit terintegrasi (IC) merupakan cikal bakal dari perkembangan komputer generasi ketiga. Hal ini menyebabkan ukuran komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih kuat, dan dapat menjalankan beberapa tugas sekaligus (multitasking).

    IC - Integrated Circuit
    Integrated Circuit (IC) – Wikipedia
  4. Komputer Generasi Keempat (1971 – 1980)

    Perkembangan komputer generasi keempat dimulai tahun 1971 yang ditandai dengan penggunaan Very Large Scale Integrated (VLSI) pada perangkat komputer. Hal ini dikenal dengan sebutan mikroprosesor, yang merupakan sebuah chip kecil terdiri dari ribuan transistor. Hal ini, diawali oleh perusahaan circuit yaitu INTEL, yang meluncurkan chip mikroprosesor pertamanya. Sehingga ukuran komputer bisa menjadi sangat kecil, dapat menempati sebuah meja kecil.

    First Microprocessor
    First Microprocessor – INTEL

    Pada tahun 1980, perusahaan Microsoft memperkenalkan sistem operasi komputer yang dalam media penyimpanan disket yang disebut MS-DOS (Microsoft Disk Operating System). Penggunaan komputer pada saat ini hanya terbatas untuk lingkungan perusahaan dan lembaga pemerintahan. Kemudian tahun 1981, perusahaan IBM memperkenalkan komputer untuk penggunaan pribadi. Hal ini menyebabkan penggunaan komputer semakin luas, karena semua orang dapat menggunakan komputer secara pribadi.

    Komputer Generasi Keempat
    Komputer Generasi Keempat – Wikipedia

    Komputer generasi keempat adalah komputer yang lebih powerful, lebih kuat, dan terjangkau untuk umum. Pada generasi ini penggunaan sistem operasi telah didistribusikan secara luas, adanya jaringan internet, dan penggunaan bahasa pemrograman yang tinggi seperti C dan C++.

  5. Komputer Generasi Kelima (1980 hingga sekarang)

    Perkembangan komputer generasi kelima diawali dari tahun 1980 hingga sekarang. Hal ini ditandai dengan berkembangnya disiplin ilmu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang bertujuan untuk memberikan kemampuan komputer belajar selayaknya manusia. Tahun 1980, penggunaan algoritma jaringan syaraf tiruan yang merupakan salah satu metode kecerdasan buatan mulai digunakan secara meluas untuk kepentingan riset. Kemudian berkembang ke arah game komputer seperti permainan catur.

    Sophia
    Sophia | Robot manusiawi pertama – United Nations

    Artikel terkait: 10 Manfaat dan Contoh Penerapan Kecerdasan Buatan

    Di era digital, kecerdasan buatan telah digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mesin pencari Google, asisten virtual smartphone, mobil kendali otomatis, robot, dan lain-lain.

Baca juga artikel lainnya: Daftar Isi Belajar Komputer


Sekian artikel Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer dan Fungsinya. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda