Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer dan Fungsinya

10

A. Pengertian Komputer

Komputer adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan perhitungan data berupa memasukkan data (input), mengolah data (process), dan menghasilkan informasi (output) dengan menggunakan hardware dan software tertentu. Secara harfiah komputer berasal dari bahasa latin yaitu "computāre" yang berarti menghitung. 

Artikel terkait: Pengertian Data, Informasi, dan Pengetahuan


B. Komponen Komputer

Komputer terdiri dari 3 komponen utama, yaitu:

  1. Hardware (Perangkat Keras)

    Hardware atau perangkat keras komputer adalah bagian dari sistem komputer yang merupakan perangkat yang dapat diraba dan dilihat secara fisik serta perangkat yang menjalankan instruksi dari perangkat lunak (software).

    Artikel terkait: Pengertian Perangkat Keras Komputer dan Contohnya

  2. Software (Perangkat Lunak)

    Pengertian software adalah istilah umum untuk berbagai program yang berisi instruksi-instruksi terkait mengoperasikan komputer atau perangkat keras terkait. Software dalam bahasa Indonesia disebut juga perangkat lunak, karena software secara fisik tidak dapat dilihat namun dapat dioperasikan.

    Artikel terkait: Apa itu Software atau Perangkat Lunak Komputer dan Jenisnya

  3. Brainware (Pengguna Komputer)

    Brainware adalah orang yang mengoperasikan hardware dan software komputer.


C. Fungsi Komputer 

Beberapa contoh fungsi komputer untuk kehidupan sehari-hari adalah

  • Menulis dokumen yang dapat dicetak.
  • Mengakses internet.
  • Mengolah data dengan berbagai tujuan.
  • Memutar berkas media seperti gambar, video dan musik.
  • Menyimpan data digital.
  • Membangun sistem informasi yang membantu suatu instansi, contoh: sistem informasi universitas.
  • Bermain Video Games.
  • Pemrograman.
  • Membuat design.
  • Presentasi.
  • Dan lain-lain.

D. Sejarah Komputer

Komputer bermula sejak abad ke-19, merupakan hasil penemuan dari seorang profesor matematika yaitu Charles Babbage. Ia merancang sebuah mesin analisis yang dapat melakukan operasi matematika sederhana. Hal ini kemudian menjadi kerangka dasar dari perkembangan komputer berikutnya.

Perkembangan Komputer dari Tahun ke Tahun

Perkembangan komputer dibagi menjadi 5 generasi, sebagai berikut.

  1. Komputer Generasi Pertama (1937 - 1946)

    Komputer generasi 1 diawali tahun 1937 oleh Dr. John V. Atanasoff dan Clifford Berry yaitu komputer Atanasoff-Berry (ABC). Kemudian tahun 1943, perkembangan komputer di Inggris dituntut oleh kepentingan perang dunia II (World Wide War II) bernama komputer Colossus. Komputer ini digunakan untuk memecah kode mesin cipher Lorenz SZ-40, merupakan mesin yang digunakan Jerman untuk komunikasi jarak jauh menggunakan sinyal telegraf.

    Komputer ENIAC
    Komputer ENIAC - Wikipedia

    Tahun 1943, dibuat komputer digital pertama dengan tujuan umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Komputer ini beratnya 30 ton, dan memiliki 18.000 tabung vakum sebagai unit pemrosesan. Ketika komputer ini dinyalakan untuk pertama kalinya, seluruh lampu di bagian Philadelphia meredup.

    *) Komputer generasi pertama adalah komputer yang berukuran besar dengan tabung vakum, hanya dapat melakukan satu tugas, dan tidak memiliki sistem operasi.
  2. Komputer Generasi Kedua (1947 - 1965)

    Perkembangan komputer generasi 2 ditandai dengan penemuan transistor yang menggantikan tabung vakum sebagai unit pemrosesan. Transistor pertama kali ditemukan oleh Dr.John Bardeen, Dr. Walte H.Brattain, dan Dr. William Scockley pada tahun 1947. Hal ini menyebabkan ukuran komputer menjadi jauh lebih kecil, lebih ringan, dan lebih hemat daya.

    Komputer UNIVAC 1
    Komputer UNIVAC I - Wikipedia

    Pada tahun 1951, komputer pertama yang menggunakan transistor dipublikasi untuk tujuan komersial yang bernama UNIVAC I (Universal Automatic Computer I). Kemudian tahun 1953, perusahaan teknologi IBM, membuat jejak komputer secara komersial dengan seri 650 dan 700 di pasaran.

    *) Komputer generasi kedua adalah perkembangan komputer yang pesat mulai dari penemuan transistor, penemuan memori komputer, sistem operasi, dan penciptaan lebih dari 100 bahasa pemrograman.

    Artikel terkait: Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya

  3. Komputer Generasi Ketiga (1965 - 1971)

    Penemuan sirkuit terintegrasi (IC) merupakan cikal bakal dari perkembangan komputer generasi ketiga. Hal ini menyebabkan ukuran komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih kuat, dan dapat menjalankan beberapa tugas sekaligus (multitasking).

    IC - Integrated Circuit
    Integrated Circuit (IC) - Wikipedia
    *) Komputer generasi ketiga adalah komputer yang menggunakan sirkuit terintegrasi (IC).
  4. Komputer Generasi Keempat (1971 - 1980)

    Perkembangan komputer generasi keempat dimulai tahun 1971 yang ditandai dengan penggunaan Very Large Scale Integrated (VLSI) pada perangkat komputer. Hal ini dikenal dengan sebutan mikroprosesor, yang merupakan sebuah chip kecil terdiri dari ribuan transistor terintegrasi. Hal ini, diawali oleh perusahaan circuit terkenal yaitu Intel, yang meluncurkan chip mikroprosesor pertamanya. Sehingga ukuran komputer bisa menjadi sangat kecil, dapat menempati sebuah meja kecil.

    Komputer Generasi Keempat
    Komputer Generasi Keempat

    Pada tahun 1980, perusahaan Microsoft memperkenalkan sistem operasi komputer dalam media penyimpanan disket yang disebut MS-DOS (Microsoft Disk Operating System). Penggunaan komputer pada saat ini hanya terbatas untuk lingkungan perusahaan dan lembaga pemerintahan.

    Kemudian tahun 1981, perusahaan IBM memperkenalkan komputer untuk penggunaan pribadi. Hal ini menyebabkan penggunaan komputer semakin luas.  Selain itu penggunaan sistem operasi telah didistribusikan secara luas, adanya jaringan internet, hingga penggunaan bahasa pemrograman tinggi yang lebih mudah dipahami seperti C, dan C++.

    *) Komputer generasi keempat adalah komputer yang menggunakan sirkuit Very Large Scale Integrated (VLSI) sehingga lebih powerful, lebih kuat, dan terjangkau untuk umum.
  5. Komputer Generasi Kelima (1980 hingga sekarang)

    Perkembangan komputer generasi kelima diawali dari tahun 1980 hingga sekarang, yaitu penggunaan sirkuit Ultra Large Scale Integrated (ULSI) pada perangkat komputer. ULSI mengintegrasikan jutaan transistor terintegrasi dalam sebuah mikroprosesor yang menyebabkan ukuran komputer menjadi jauh lebih kecil dan lebih cepat. Misalnya laptop hingga smartphone, menggunakan mikroprosesor dari teknologi ULSI. Manufaktur Intel menerapkan teknologi ULSI pertama kali tahun 1989 pada produknya dengan nama prosesor i80486.

    Komputer generasi kelima mendukung perkembangan disiplin ilmu kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang bertujuan untuk memberikan kemampuan komputer belajar selayaknya manusia. Tahun 1980, penggunaan algoritma jaringan syaraf tiruan sebagai salah satu metode kecerdasan buatan mulai digunakan secara meluas untuk kepentingan riset. Kemudian berkembang ke arah game komputer seperti permainan catur.

    Sophia
    Sophia | Robot manusiawi pertama diundang oleh PBB (United Nations)

    Artikel terkait: 10 Manfaat dan Contoh Penerapan Kecerdasan Buatan

    Tahun 2000-an, kecerdasan buatan mulai digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mesin pencari Google, asisten virtual smartphone, mobil kendali otomatis, robot, dan lain-lain. Kebanyakan sistem cerdas tersebut terhubung dengan komputer-komputer server menggunakan jaringan internet. Kemudian tahun 2016, telah dibuat robot manusiawi pertama kali dalam peradaban manusia dengan nama "Sophia" dengan status kewarganegaraan yang diberikan oleh Negara Arab Saudi. Berbagai perusahaan manufaktur mikroprosesor terus berinovasi yang menyebabkan teknologi komputasi semakin canggih seiring berjalannya waktu.

    *) Komputer generasi kelima adalah komputer yang menggunakan sirkuit Ultra Large Scale Integrated (ULSI), sehingga menyebabkan ukuran komputer jauh lebih kecil dan mendukung perkembangan ilmu kecerdasan buatan.

Baca juga artikel lainnya: Daftar Isi Belajar Komputer


Sekian artikel "Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer dan Fungsinya". Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

10 DISKUSI PEMBACA

  1. ini sangat bagus dan bermanfaat dalam belajar komputer terimakasih artikelnya
    nama saya wiwi lestari
    nim 1722500118
    kelompok si5b
    matkul rekayasa web
    jangan lupa kunjungi website kampus kami di STMIK Atma Luhur Pangkalpinang

    • Baik dik mahasiswi atas nama Wiwi Lestari, sudah saya catat untuk dapat poin A+ 😆
      Terima kasih telah berkunjung 😀

    • Hai kak Adreena,
      Tanggal publikasi/pembaruan ada di bawah artikel klik "Tampilkan Informasi Post"
      Semoga membantu 🙂

    • Hai, Dini Antika
      Next Advernesia akan membuat pemaparan mengenai sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa
      Thanks atas masukkannya 🙂

  2. wah, sangat bermanfaat, sehingga saya ambil artikel ini uutuk refresi saya dalam mengajar komputer kepada siswa tunanetra atau disabilitas netra

    • Terima kasih Kak Zumar Fajar Rafi.
      Saya sangat senang, artikel ini dapat membantu tugas mulia Kak Zumar 🙂

Ayo Berdiskusi Bersama! Belajar Lebih Indah dengan Saling Membantu :)

Tulis komentar
Masukkan nama Anda