21 Daftar Situs Pasang Iklan Gratis Terbaik dan Reviewnya

84

Di bidang marketing atau pemasaran, iklan merupakan hal yang paling berpengaruh terhadap aktivitas promosi produk. Di tingkat profesional, perusahaan akan mengeluarkan biaya untuk mempromosikan produknya di Internet. Namun, di era digital perusahaan skala kecil tidak mau ketinggalan dengan mengambil langkah gratis untuk memasarkan produknya di Internet. Berikut, review situs pasang iklan gratis terbaik dan populer di Indonesia.

Artikel terkait: Apa Itu Digital Marketing?

Navigasi Cepat

A. Situs Pasang Iklan Gratis Langsung (COD)

Situs iklan jenis langsung atau Cash On Delivery adalah situs iklan yang paling mudah untuk digunakan, yang mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung. Kita cukup melakukan daftar dengan melengkapi info kontak no telepon kemudian memasang iklan di suatu wilayah, maka iklan langsung tampil dan tersebar. Jika ada orang yang tertarik dengan iklan anda, maka anda akan dihubungi langsung lewat telepon atau chat. Berikut, situs iklan COD terbaik dan populer di Indonesia:

  1. Olx.co.id

    Olx Indonesia merupakan situs jual beli yang mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung. Olx merupakan situs jaringan iklan yang telah beroperasi di lebih dari 45 negara yang berpusat di Amsterdam. Situs ini mempunyai jangkauan jenis iklan yang luas, yaitu mobil, motor, properti, keperluan pribadi, elektronik dan gadget, hobi dan olahraga, rumah tangga, perlengkapan bayi dan anak, kantor dan industri, hingga jasa dan lowongan kerja. Berdasarkan analisis Advernesia di tahun 2020, mencatat situs ini mempunyai sekitar 792.000 tampilan halaman (view) setiap harinya di Indonesia. Selain itu setiap pengunjung diperkirakan menghabiskan waktu lebih dari 7 menit per hari, yang memungkinkan iklan yang anda buat, dapat meraih pelanggan kurang dari 1 hari. Selain itu, OLX mengklaim 8 dari 10 mobil bekas yang dijual online berasal dari transaksi OLX.

  2. Jualo.com

    Situs jualo hampir sama dengan OLX, walaupun kalah populer dengan OLX. Situs ini terus berupaya untuk meningkatkan ekosistem transaksi COD yang aman dan terpercaya. Berdasarkan analisis Advernesia, mencatat situs ini memperoleh sekitar 42.000 tampilan halaman (view) setiap harinya. Sebagai perusahaan anak negeri, sebaiknya kita mencoba situs ini untuk membuatnya lebih berkembang.

  3. Inkuiri.com

    Inkuiri bukanlah situs jual beli, namun situs ini menyediakan katalog kepada calon pembeli. Inkuiri menggabungkan database produk dari berbagai situs periklanan, mulai dari OLX, Jualo, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain. Situs ini dapat menjadi alternatif bagi calon pembeli untuk melakukan perbandingan harga.


B. Situs Pasang Iklan jenis Marketplace 

Periklanan dengan menggunakan marketplace mengalami perkembangan yang pesat di Indonesia. Banyak pedagang yang sukses menjadi pebisnis online dengan mengandalkan marketplace untuk mempromosikan barangnya. Di awal penggunaan marketplace untuk sebagian orang mungkin akan cukup membingungkan, karena harus mengurus no rekening, alamat, dan kurir pengiriman barang.

  1. Tokopedia.com (Terbaik 2019)

    Tokopedia merupakan situs belanja online asli Indonesia yang terus berinovasi dengan teknologi sebagai misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia banyak melakukan inovasi seperti investasi via tokepedia baik saham maupun reksadana, integrasi dengan perusahaan waralaba seperti Indomaret dan lain-lain. Di tahun 2018, Tokopedia merupakan saingan terbesar Bukalapak. Berkat teknologi dari Alibaba group dan investor yang loyal ia mampu mengoptimalkan layanan dengan peningkatan pengunjung di awal tahun 2019 hingga 1,3 juta pengunjung setiap harinya dengan rasio 6 tampilan halaman setiap pengunjung. Tahun 2020, Tokopedia dan Shopee menjadi 2 situs marketplace terpopuler di Indonesia.

  2. Bukalapak.com (Terbaik 2018)

    Bukalapak merupakan situs belanja online asli Indonesia yang dimiliki oleh PT. Bukalapak yang mengklaim dapat memberikan garansi uang kembali. Situs ini menjadi situs belanja online terpopuler tahun 2018 versi Alexa. Dengan estimasi trafik dari statistik informer lebih dari 1,2 juta pengunjung setiap hari.

  3. Shopee.co.id (Marketplace Asing Terpopuler di Indonesia)

    Shopee merupakan situs belanja online dari Singapura yang sukses membangun jaringan penjual dan pembeli di Indonesia. Shopee terkenal dengan teknik marketing yang inovatif, sehingga iklan yang ditampilkan dapat diingat oleh calon penggunaanya dalam jangka waktu yang lama. Tahun 2020 Shopee telah mengalahkan berbagai situs marketplace dan menjadi salah satu dari 2 situs Marketplace terpopuler di Indonesia. Sejak awal tahun 2020, Shopee dan Tokopedia terus bersaing untuk menggaet pengguna platform mereka. Saat berlangsungnya pandemi corona awal tahun 2020, kedua platform terus bersaing ketat walaupun tetap mengalami penurunan dan jumlah view halaman yang sama pada situs mereka. Berdasarkan analisis Advernesia, di tahun 2020 kedua situs diperkirakan masing-masing mendapat 7 juta view per harinya.

  4. Bibli.com (Tingkat Kepuasan Terbaik)

    Blibli merupakan anak perusahaan Djarum yang fokus di bidang perdagangan elektronik. Blibli terkenal dengan pelayanannya sehingga memberikan citra dengan tingkat kepuasan konsumen terbaik di Indonesia.

  5. Lazada.co.id

    Lazada adalah perusahaan e-commerce di Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan sekarang telah diakui sisi oleh Alibaba group.

  6. Jd.id

    Jd.id merupakan cabang Indonesia dari perusahaan b2b yang berasal dari China.

  7. Elevenia.co.id

    Elevenia adalah situs jual beli dengan konsep marketplace yang didirikan oleh XL Axiata dan SK Planet.

  8. Bhinneka.com (Perintis e-Commerce di Indonesia)

    Bhinneka adalah situs e-commerce asli Indonesia yang menjadi pelopor perkembangan e-commerce, situs ini telah beroperasi sejak abad 20 yaitu tahun 1996.


C. Situs Khusus Pasang Iklan Gratis Rumah dan Properti

Kita dapat saja memasang iklan rumah dan properti di situs OLX dan jualo. Namun, akan lebih baik kita juga memasangnya di situs khusus untuk iklan rumah dan properti.

  1. Rumahdijual.com

    Rumah Dijual merupakan situs jual beli rumah dan properti paling populer di Indonesia versi Alexa tahun 2019. Situs ini menyediakan fitur-fitur untuk menghitung harga rumah, KPR, trend properti, dan agen properti.

  2. Rumah123.com

    Rumah123 merupakan situs jual beli rumah dan properti dengan layanan yang sangat baik dilengkapi dengan aplikasi android untuk mempermudah penjual dan pembeli rumah.

  3. Rumah.com

    Situs ini merupakan situs populer kedua versi alexa untuk periklanan rumah di Indonesia tahun 2019. Situs ini juga menyediakan kalkulator KPR.


D. Situs Khusus Pasang Iklan Gratis Jasa (Freelancer) dan Produk Virtual

Periklanan jasa sedikit berbeda dengan iklan barang, untuk memasang jasa kita harus mempunyai kemampuan dan reputasi yang baik dalam melayani konsumen. Reputasi sangat mempengaruhi jenis produk berupa jasa. Kita dapat beriklan secara gratis di situs berikut. Namun, saat iklan kita memperoleh konsumen, maka situs ini akan mengambil komisi sekian persen dari jasa yang berhasil kita jual. Situs ini dilengkapi dengan rekening bersama untuk menjamin layanan jasa yang sampai ke pengguna jasa maupun kenyamanan dari sisi penyedia jasa.

Berikut situs iklan jasa terbaik di Indonesia.

  1. Projects.co.id

    Projects merupakan situs jual beli jasa yang paling populer di Indonesia. Banyak jasa yang dapat kita jumpai di situs ini, mulai dari 3d modelling, animasi, accounting, consulting, photographer, programming, internet marketing, web design, mobile programming, SEO, writing, terjemahan, dan lain-lain. Hal yang paling bagus di situs ini, penyedia jasa dapat mencari konsumen secara langsung dari situs ini. Konsumen biasanya akan membuat iklan yang berisi pemberitahuan terkait jasa yang dibutuhkannya. Kemudian penyedia jasa dapat melakukan bidding untuk memberikan penawaran.

  2. Sribulancer.com

    Sribulancer mempunyai konsep yang hampir sama dengan situs Projects.

  3. Sejasa.com (Situs Jasa Langsung)

    Sejasa merupakan situs jual beli jasa yang lebih berfokus pada lokasi dan jasa yang bersifat langsung. Situs ini menyediakan metode pembayaran (payment gateway) yang disebut dengan SejasaPay. Adapun layanan yang disediakan yaitu jasa Alarm & CCTV, Arsitek, Bengkel Las, Catering, Cleaning Service, Event, Fotografi, Gorden, Guru Les Privat, IMB, Injeksi Beton, Instalasi Kanopi, Interior Designer, Jasa Pertukangan, Kabinet, Kelistrikan, Kolam, Kontraktor, Kursus, Muay Thai, Pengeboran Sumur, Pindahan, Printing, Railing, Renovasi Rumah, Rental Sound System, Sedot WC, Service AC, Sewa Band, Sewa DJ, Sewa Perlengkapan Karaoke, Sewa Video & Kamera, Teralis, Tukang Kayu, Tukang Ledeng, Tukang Taman, Ulang Tahun Anak, Videografer, Waterproofing, Yoga, dan lain-lain.

  4. Freelancer.co.id

    Freelancer.co.id adalah cabang dari situs freelancer terbesar di dunia, situs ini mempunyai jangkauan pasar yang luas hingga internasional. Namun, untuk dapat menggunakan situs ini secara maksimal dibutuhkan sertifikasi dari situs tersebut, menjadi member premium, dan menguasai bahasa asing.

  5. P-store.net (Jual Beli Produk Virtual)

    P-store merupakan marketplace khusus untuk produk virtual seperti design grafik, content writing, script program, software, dan akun online seperti akun game, akun blog, dan lain-lain.


E. Pasang Iklan Gratis dengan Sosial Media

  1. Facebook Marketplace

    Facebook sudah melebarkan sayap dari sosial media kemudian meningkatkan fitur marketplace untuk memberikan media iklan gratis untuk penggunanya. Cara kerjanya hampir sama dengan situs OLX.

  2. FJB Kaskus

    Sebagai platform komunitas terbesar, kaskus telah menyediakan tempat jualan untuk para member yang bernama FJB Kaskus. Cara kerja FJB kaskus menggunakan konsep marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.


Sekian artikel 21 Daftar Situs Pasang Iklan Gratis Terbaik dan Reviewnya. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

84 DISKUSI PEMBACA

  1. Jasa Admin Media Sosial, Murah, Terpercaya dan Berpengalaman

    Admin 1 Media Sosial ( Website/ Facebook / Instagram / twitter / dll ), Perencanaan Strategi,
    Pembuatan Konten, Pemilihan Hastag Populer Sesuai Produk Anda, Pemilihan atau pembuatan Gambar, Update mengikuti trend Serta Mengaitkan Dengan Produk Anda, Posting terjadwal, Bukan asal posting jika ada waktu luang. Namun benar-benar hasil riset waktu yang tepat untuk posting. Report Bulanan. Hanya Rp.2.000.000,-/Bln

  2. Freeloka.com juga bisa untuk pasang iklan gratis baik untuk jual barang bekas yang sudah tidak terpakai, juga untuk promosi produk dan jasa.

  3. Bismillahirrahmanirrahim
    Dijual tanah di Palembang Sumatera Selatan
    Luas tanah 5 hektar,
    Surat sertifikat SHM,
    Lebar depan 75 meter,
    Lokasi ditengah kota pas di pinggir jalan raya
    Jln. baypass alang2 lebar

    Selling poin:
    -10 menit ke bandara Sultan Mahmud Badaruddin 2
    -5 menit ke jalan Soekarno Hatta,
    -5 menit ke terminal KM 12
    -15 menit ke toll palembang-Lampung
    - lokasi ramai padat penduduk,
    - cocok di bangun perumahan super mewah, apartmen, rumah sakit, wahana rekreasi water boom, dll, tanah sdh tinggi dari jalan aspal,
    Harga dibawah pasaran dan dibawah NJOP.
    Dijual dgn harga Rp.2 jt per meter.
    Sertifikat on hand,
    Lahan dijamin clean and clear. wa.0813-6794-6721

1 2 3

Ayo Berdiskusi Bersama! Belajar Lebih Indah dengan Saling Membantu :)

Tulis komentar
Masukkan nama Anda