21 Daftar Situs Pasang Iklan Gratis Terbaik dan Reviewnya

4

Di bidang marketing atau pemasaran, iklan merupakan hal yang paling berpengaruh terhadap aktivitas promosi produk. Di tingkat profesional, perusahaan akan mengeluarkan biaya untuk mempromosikan produknya. Namun, di era digital perusahaan-perusahaan tidak mau ketinggalan untuk mengambil langkah gratis untuk memasarkan produknya. Berikut, review situs pasang iklan gratis terbaik dan populer di Indonesia.

Artikel terkait: Apa Itu Digital Marketing?

A. Situs Pasang Iklan Gratis Langsung (COD)

Situs iklan jenis langsung atau Cash On Delivery adalah situs iklan yang paling mudah untuk digunakan, yang mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung. Kita cukup melakukan daftar dengan melengkapi info kontak no telepon kemudian memasang iklan di suatu wilayah, maka iklan langsung tampil dan tersebar. Jika ada orang yang tertarik dengan iklan anda, maka anda akan dihubungi langsung lewat telepon atau chat. Berikut, situs iklan COD terbaik dan populer di Indonesia:

  1. Olx.co.id

    Olx merupakan situs jual beli yang mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung. Situs ini mempunyai jangkauan jenis iklan yang luas, yaitu mobil, motor, properti, keperluan pribadi, elektronik dan gadget, hobi dan olahraga, rumah tangga, perlengkapan bayi dan anak, kantor dan industri, hingga jasa dan lowongan kerja. Statistik informer tahun 2019, mencatat situs ini mempunyai lebih dari 360.000 pengunjung setiap harinya. Menyebabkan iklan yang anda buat, dapat meraih pelanggan kurang dari 1 hari. Selain itu, OLX mengklaim 8 dari 10 mobil bekas yang dijual online berasal dari transaksi OLX.

  2. Jualo.com

    Situs jualo hampir sama dengan OLX, walaupun kalah populer dengan OLX. Situs ini terus berupaya untuk meningkatkan ekosistem transaksi COD yang aman dan terpercaya. Statistik informer tahun 2019, mencatat situs ini memperoleh lebih dari 27.000 pengunjung setiap harinya.

  3. Inkuiri.com

    Inkuiri bukanlah situs jual beli, namun situs ini menyediakan katalog kepada calon pembeli. Inkuiri menggabungkan database produk dari berbagai situs periklanan, mulai dari OLX, Jualo, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain. Situs ini dapat menjadi alternatif bagi calon pembeli untuk melakukan perbandingan harga.


B. Situs Pasang Iklan jenis Marketplace 

Periklanan dengan menggunakan marketplace mengalami perkembangan yang pesat di Indonesia. Banyak pedagang yang sukses menjadi pebisnis online dengan mengandalkan marketplace untuk mempromosikan barangnya. Di awal penggunaan marketplace untuk sebagian orang mungkin akan cukup membingungkan, karena harus mengurus no rekening, alamat, dan kurir pengiriman barang.

  1. Tokopedia.com (Terbaik 2019)

    Tokopedia merupakan situs belanja online asli Indonesia yang terus berinovasi dengan teknologi sebagai misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia banyak melakukan inovasi seperti investasi via tokepedia baik saham maupun reksadana, integrasi dengan perusahaan waralaba seperti Indomaret dan lain-lain. Tokopedia merupakan saingan terbesar Bukalapak, berkat teknologi dari Alibaba group dan investor yang loyal ia mampu mengoptimalkan layanan dengan peningkatan pengunjung di awal tahun 2019 hingga 1,3 juta pengunjung setiap harinya dengan rasio 6 tampilan halaman setiap pengunjung.

  2. Bukalapak.com (Terbaik 2018)

    Bukalapak merupakan situs belanja online asli Indonesia yang dimiliki oleh PT. Bukalapak yang mengklaim dapat memberikan garansi uang kembali. Situs ini menjadi situs belanja online terpopuler tahun 2018 versi Alexa. Dengan estimasi trafik dari statistik informer lebih dari 1,2 juta pengunjung setiap hari.

  3. Shopee.co.id (Promosi Terbaik)

    Shopee merupakan situs belanja online dari Singapura yang sukses membangun jaringan penjual dan pembeli di Indonesia. Shopee terkenal dengan teknik marketing yang inovatif, sehingga iklan yang ditampilkan dapat diingat oleh calon penggunanya dalam jangka waktu yang lama.

  4. Bibli.com (Tingkat Kepuasan Terbaik)

    Blibli merupakan anak perusahaan Djarum yang fokus di bidang perdagangan elektronik. Blibli terkenal dengan pelayanannya sehingga memberikan citra dengan tingkat kepuasan konsumen terbaik di Indonesia.

  5. Lazada.co.id

    Lazada adalah perusahaan e-commerce di Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan sekarang telah diakui sisi oleh Alibaba group.

  6. Jd.id

    Jd.id merupakan cabang Indonesia dari perusahaan b2b yang berasal dari China.

  7. Elevania.co.id

    Elevania adalah situs jual beli dengan konsep marketplace yang didirikan oleh XL Axiata dan SK Planet.

  8. Bhinneka.com (Perintis e-Commerce di Indonesia)

    Bhinneka adalah situs e-commerce asli Indonesia yang menjadi pelopor perkembangan e-commerce, situs ini telah beroperasi sejak abad 20 yaitu tahun 1996.


C. Situs Khusus Pasang Iklan Gratis Rumah dan Properti

Kita dapat saja memasang iklan rumah dan properti di situs OLX dan jualo. Namun, akan lebih baik kita juga memasangnya di situs khusus untuk iklan rumah dan properti.

  1. Rumahdijual.com

    Rumah Dijual merupakan situs jual beli rumah dan properti paling populer di Indonesia versi Alexa tahun 2019. Situs ini menyediakan fitur-fitur untuk menghitung harga rumah, KPR, trend properti, dan agen properti.

  2. Rumah123.com

    Rumah 123 merupakan situs jual beli rumah dan properti dengan layanan yang sangat baik dilengkapi dengan aplikasi android untuk mempermudah penjual dan pembeli rumah.

  3. Rumah.com

    Situs ini merupakan situs populer kedua versi alexa untuk periklanan rumah di Indonesia tahun 2019. Situs ini juga menyediakan kalkulator KPR.


D. Situs Khusus Pasang Iklan Gratis Jasa (Freelancer) dan Produk Virtual

Periklanan jasa sedikit berbeda dengan iklan barang, untuk memasang jasa kita harus mempunyai kemampuan dan reputasi yang baik dalam melayani konsumen. Reputasi sangat mempengaruhi jenis produk berupa jasa. Kita dapat beriklan secara gratis di situs berikut. Namun, saat iklan kita memperoleh konsumen, maka situs ini akan mengambil komisi sekian persen dari jasa yang berhasil kita jual. Situs ini dilengkapi dengan rekening bersama untuk menjamin layanan jasa yang sampai ke pengguna jasa maupun kenyamanan dari sisi penyedia jasa.

Berikut situs iklan jasa terbaik di Indonesia.

  1. Projects.co.id

    Projects merupakan situs jual beli jasa yang paling populer di Indonesia. Banyak jasa yang dapat kita jumpai di situs ini, mulai dari 3d modelling, animasi, accounting, consulting, photographer, programming, internet marketing, web design, mobile programming, SEO, writing, terjemahan, dan lain-lain. Hal yang paling bagus di situs ini, penyedia jasa dapat mencari konsumen secara langsung dari situs ini. Konsumen biasanya akan membuat iklan yang berisi pemberitahuan terkait jasa yang dibutuhkannya. Kemudian penyedia jasa dapat melakukan bidding untuk memberikan penawaran.

  2. Sribulancer.com

    Sribulancer mempunyai konsep yang hampir sama dengan situs Projects.

  3. Sejasa.com (Situs Jasa Langsung)

    Sejasa merupakan situs jual beli jasa yang lebih berfokus pada lokasi dan jasa yang bersifat langsung. Situs ini menyediakan metode pembayaran (payment gateway) yang disebut dengan SejasaPay. Adapun layanan yang disediakan yaitu jasa Alarm & CCTV, Arsitek, Bengkel Las, Catering, Cleaning Service, Event, Fotografi, Gorden, Guru Les Privat, IMB, Injeksi Beton, Instalasi Kanopi, Interior Designer, Jasa Pertukangan, Kabinet, Kelistrikan, Kolam, Kontraktor, Kursus, Muay Thai, Pengeboran Sumur, Pindahan, Printing, Railing, Renovasi Rumah, Rental Sound System, Sedot WC, Service AC, Sewa Band, Sewa DJ, Sewa Perlengkapan Karaoke, Sewa Video & Kamera, Teralis, Tukang Kayu, Tukang Ledeng, Tukang Taman, Ulang Tahun Anak, Videografer, Waterproofing, Yoga, dan lain-lain.

  4. Freelancer.co.id

    Freelancer.co.id adalah cabang dari situs freelancer terbesar di dunia, situs ini mempunyai jangkauan pasar yang luas hingga internasional. Namun, untuk dapat menggunakan situs ini secara maksimal dibutuhkan sertifikasi dari situs tersebut, menjadi member premium, dan menguasai bahasa asing.

  5. P-store.net (Jual Beli Produk Virtual)

    P-store merupakan marketplace khusus untuk produk virtual seperti design grafik, content writing, script program, software, dan akun online seperti akun game, akun blog, dan lain-lain.


E. Pasang Iklan Gratis dengan Sosial Media

  1. Facebook Marketplace

    Facebook sudah melebarkan sayap dari sosial media kemudian meningkatkan fitur marketplace untuk memberikan media iklan gratis untuk penggunanya. Cara kerjanya hampir sama dengan situs OLX.

  2. FJB Kaskus

    Sebagai platform komunitas terbesar, kaskus telah menyediakan tempat jualan untuk para member yang bernama FJB Kaskus. Cara kerja FJB kaskus menggunakan konsep marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.


Sekian artikel 21 Daftar Situs Pasang Iklan Gratis Terbaik dan Reviewnya. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

4 KOMENTAR

    • Wah bagus, startup nya kak….
      Saya akan menyimpan informasi ini untuk situs khusus jual beli mobil,
      Saya akan melakukan analisis lebih lanjut kedepannya 🙂

      Semoga semakin jaya, Mokas 🙂

  1. Apakah Anda mencari keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk menyelesaikan tagihan Anda, seperti pinjaman pribadi, masalah keuangan, pinjaman bisnis untuk mengatur bisnis atau ekspansi bisnis Anda sendiri, pendanaan proyek dan skor keuangan Anda sangat rendah, saya dapat mendanai Anda dengan jumlah yang Anda butuhkan mulai dari $ 5000- $ 500 juta dan suku bunga yang sesuai 3% yang akan membuat hidup Anda lebih mudah. info lebih lanjut Mohon hubungi saya via

    Email: standardonlineinvestment@gmail.com

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda