21 Daftar Situs Pasang Iklan Gratis Terbaik dan Reviewnya

84

Di bidang marketing atau pemasaran, iklan merupakan hal yang paling berpengaruh terhadap aktivitas promosi produk. Di tingkat profesional, perusahaan akan mengeluarkan biaya untuk mempromosikan produknya di Internet. Namun, di era digital perusahaan skala kecil tidak mau ketinggalan dengan mengambil langkah gratis untuk memasarkan produknya di Internet. Berikut, review situs pasang iklan gratis terbaik dan populer di Indonesia.

Artikel terkait: Apa Itu Digital Marketing?

Navigasi Cepat

A. Situs Pasang Iklan Gratis Langsung (COD)

Situs iklan jenis langsung atau Cash On Delivery adalah situs iklan yang paling mudah untuk digunakan, yang mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung. Kita cukup melakukan daftar dengan melengkapi info kontak no telepon kemudian memasang iklan di suatu wilayah, maka iklan langsung tampil dan tersebar. Jika ada orang yang tertarik dengan iklan anda, maka anda akan dihubungi langsung lewat telepon atau chat. Berikut, situs iklan COD terbaik dan populer di Indonesia:

  1. Olx.co.id

    Olx Indonesia merupakan situs jual beli yang mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung. Olx merupakan situs jaringan iklan yang telah beroperasi di lebih dari 45 negara yang berpusat di Amsterdam. Situs ini mempunyai jangkauan jenis iklan yang luas, yaitu mobil, motor, properti, keperluan pribadi, elektronik dan gadget, hobi dan olahraga, rumah tangga, perlengkapan bayi dan anak, kantor dan industri, hingga jasa dan lowongan kerja. Berdasarkan analisis Advernesia di tahun 2020, mencatat situs ini mempunyai sekitar 792.000 tampilan halaman (view) setiap harinya di Indonesia. Selain itu setiap pengunjung diperkirakan menghabiskan waktu lebih dari 7 menit per hari, yang memungkinkan iklan yang anda buat, dapat meraih pelanggan kurang dari 1 hari. Selain itu, OLX mengklaim 8 dari 10 mobil bekas yang dijual online berasal dari transaksi OLX.

  2. Jualo.com

    Situs jualo hampir sama dengan OLX, walaupun kalah populer dengan OLX. Situs ini terus berupaya untuk meningkatkan ekosistem transaksi COD yang aman dan terpercaya. Berdasarkan analisis Advernesia, mencatat situs ini memperoleh sekitar 42.000 tampilan halaman (view) setiap harinya. Sebagai perusahaan anak negeri, sebaiknya kita mencoba situs ini untuk membuatnya lebih berkembang.

  3. Inkuiri.com

    Inkuiri bukanlah situs jual beli, namun situs ini menyediakan katalog kepada calon pembeli. Inkuiri menggabungkan database produk dari berbagai situs periklanan, mulai dari OLX, Jualo, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain. Situs ini dapat menjadi alternatif bagi calon pembeli untuk melakukan perbandingan harga.


B. Situs Pasang Iklan jenis Marketplace 

Periklanan dengan menggunakan marketplace mengalami perkembangan yang pesat di Indonesia. Banyak pedagang yang sukses menjadi pebisnis online dengan mengandalkan marketplace untuk mempromosikan barangnya. Di awal penggunaan marketplace untuk sebagian orang mungkin akan cukup membingungkan, karena harus mengurus no rekening, alamat, dan kurir pengiriman barang.

  1. Tokopedia.com (Terbaik 2019)

    Tokopedia merupakan situs belanja online asli Indonesia yang terus berinovasi dengan teknologi sebagai misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia banyak melakukan inovasi seperti investasi via tokepedia baik saham maupun reksadana, integrasi dengan perusahaan waralaba seperti Indomaret dan lain-lain. Di tahun 2018, Tokopedia merupakan saingan terbesar Bukalapak. Berkat teknologi dari Alibaba group dan investor yang loyal ia mampu mengoptimalkan layanan dengan peningkatan pengunjung di awal tahun 2019 hingga 1,3 juta pengunjung setiap harinya dengan rasio 6 tampilan halaman setiap pengunjung. Tahun 2020, Tokopedia dan Shopee menjadi 2 situs marketplace terpopuler di Indonesia.

  2. Bukalapak.com (Terbaik 2018)

    Bukalapak merupakan situs belanja online asli Indonesia yang dimiliki oleh PT. Bukalapak yang mengklaim dapat memberikan garansi uang kembali. Situs ini menjadi situs belanja online terpopuler tahun 2018 versi Alexa. Dengan estimasi trafik dari statistik informer lebih dari 1,2 juta pengunjung setiap hari.

  3. Shopee.co.id (Marketplace Asing Terpopuler di Indonesia)

    Shopee merupakan situs belanja online dari Singapura yang sukses membangun jaringan penjual dan pembeli di Indonesia. Shopee terkenal dengan teknik marketing yang inovatif, sehingga iklan yang ditampilkan dapat diingat oleh calon penggunaanya dalam jangka waktu yang lama. Tahun 2020 Shopee telah mengalahkan berbagai situs marketplace dan menjadi salah satu dari 2 situs Marketplace terpopuler di Indonesia. Sejak awal tahun 2020, Shopee dan Tokopedia terus bersaing untuk menggaet pengguna platform mereka. Saat berlangsungnya pandemi corona awal tahun 2020, kedua platform terus bersaing ketat walaupun tetap mengalami penurunan dan jumlah view halaman yang sama pada situs mereka. Berdasarkan analisis Advernesia, di tahun 2020 kedua situs diperkirakan masing-masing mendapat 7 juta view per harinya.

  4. Bibli.com (Tingkat Kepuasan Terbaik)

    Blibli merupakan anak perusahaan Djarum yang fokus di bidang perdagangan elektronik. Blibli terkenal dengan pelayanannya sehingga memberikan citra dengan tingkat kepuasan konsumen terbaik di Indonesia.

  5. Lazada.co.id

    Lazada adalah perusahaan e-commerce di Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan sekarang telah diakui sisi oleh Alibaba group.

  6. Jd.id

    Jd.id merupakan cabang Indonesia dari perusahaan b2b yang berasal dari China.

  7. Elevenia.co.id

    Elevenia adalah situs jual beli dengan konsep marketplace yang didirikan oleh XL Axiata dan SK Planet.

  8. Bhinneka.com (Perintis e-Commerce di Indonesia)

    Bhinneka adalah situs e-commerce asli Indonesia yang menjadi pelopor perkembangan e-commerce, situs ini telah beroperasi sejak abad 20 yaitu tahun 1996.


C. Situs Khusus Pasang Iklan Gratis Rumah dan Properti

Kita dapat saja memasang iklan rumah dan properti di situs OLX dan jualo. Namun, akan lebih baik kita juga memasangnya di situs khusus untuk iklan rumah dan properti.

  1. Rumahdijual.com

    Rumah Dijual merupakan situs jual beli rumah dan properti paling populer di Indonesia versi Alexa tahun 2019. Situs ini menyediakan fitur-fitur untuk menghitung harga rumah, KPR, trend properti, dan agen properti.

  2. Rumah123.com

    Rumah123 merupakan situs jual beli rumah dan properti dengan layanan yang sangat baik dilengkapi dengan aplikasi android untuk mempermudah penjual dan pembeli rumah.

  3. Rumah.com

    Situs ini merupakan situs populer kedua versi alexa untuk periklanan rumah di Indonesia tahun 2019. Situs ini juga menyediakan kalkulator KPR.


D. Situs Khusus Pasang Iklan Gratis Jasa (Freelancer) dan Produk Virtual

Periklanan jasa sedikit berbeda dengan iklan barang, untuk memasang jasa kita harus mempunyai kemampuan dan reputasi yang baik dalam melayani konsumen. Reputasi sangat mempengaruhi jenis produk berupa jasa. Kita dapat beriklan secara gratis di situs berikut. Namun, saat iklan kita memperoleh konsumen, maka situs ini akan mengambil komisi sekian persen dari jasa yang berhasil kita jual. Situs ini dilengkapi dengan rekening bersama untuk menjamin layanan jasa yang sampai ke pengguna jasa maupun kenyamanan dari sisi penyedia jasa.

Berikut situs iklan jasa terbaik di Indonesia.

  1. Projects.co.id

    Projects merupakan situs jual beli jasa yang paling populer di Indonesia. Banyak jasa yang dapat kita jumpai di situs ini, mulai dari 3d modelling, animasi, accounting, consulting, photographer, programming, internet marketing, web design, mobile programming, SEO, writing, terjemahan, dan lain-lain. Hal yang paling bagus di situs ini, penyedia jasa dapat mencari konsumen secara langsung dari situs ini. Konsumen biasanya akan membuat iklan yang berisi pemberitahuan terkait jasa yang dibutuhkannya. Kemudian penyedia jasa dapat melakukan bidding untuk memberikan penawaran.

  2. Sribulancer.com

    Sribulancer mempunyai konsep yang hampir sama dengan situs Projects.

  3. Sejasa.com (Situs Jasa Langsung)

    Sejasa merupakan situs jual beli jasa yang lebih berfokus pada lokasi dan jasa yang bersifat langsung. Situs ini menyediakan metode pembayaran (payment gateway) yang disebut dengan SejasaPay. Adapun layanan yang disediakan yaitu jasa Alarm & CCTV, Arsitek, Bengkel Las, Catering, Cleaning Service, Event, Fotografi, Gorden, Guru Les Privat, IMB, Injeksi Beton, Instalasi Kanopi, Interior Designer, Jasa Pertukangan, Kabinet, Kelistrikan, Kolam, Kontraktor, Kursus, Muay Thai, Pengeboran Sumur, Pindahan, Printing, Railing, Renovasi Rumah, Rental Sound System, Sedot WC, Service AC, Sewa Band, Sewa DJ, Sewa Perlengkapan Karaoke, Sewa Video & Kamera, Teralis, Tukang Kayu, Tukang Ledeng, Tukang Taman, Ulang Tahun Anak, Videografer, Waterproofing, Yoga, dan lain-lain.

  4. Freelancer.co.id

    Freelancer.co.id adalah cabang dari situs freelancer terbesar di dunia, situs ini mempunyai jangkauan pasar yang luas hingga internasional. Namun, untuk dapat menggunakan situs ini secara maksimal dibutuhkan sertifikasi dari situs tersebut, menjadi member premium, dan menguasai bahasa asing.

  5. P-store.net (Jual Beli Produk Virtual)

    P-store merupakan marketplace khusus untuk produk virtual seperti design grafik, content writing, script program, software, dan akun online seperti akun game, akun blog, dan lain-lain.


E. Pasang Iklan Gratis dengan Sosial Media

  1. Facebook Marketplace

    Facebook sudah melebarkan sayap dari sosial media kemudian meningkatkan fitur marketplace untuk memberikan media iklan gratis untuk penggunanya. Cara kerjanya hampir sama dengan situs OLX.

  2. FJB Kaskus

    Sebagai platform komunitas terbesar, kaskus telah menyediakan tempat jualan untuk para member yang bernama FJB Kaskus. Cara kerja FJB kaskus menggunakan konsep marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.


Sekian artikel 21 Daftar Situs Pasang Iklan Gratis Terbaik dan Reviewnya. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

84 DISKUSI PEMBACA

    • Wah bagus, startup nya kak....
      Saya akan menyimpan informasi ini untuk situs khusus jual beli mobil,
      Saya akan melakukan analisis lebih lanjut kedepannya 🙂

      Semoga semakin jaya, Mokas 🙂

  1. Apakah Anda mencari keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk menyelesaikan tagihan Anda, seperti pinjaman pribadi, masalah keuangan, pinjaman bisnis untuk mengatur bisnis atau ekspansi bisnis Anda sendiri, pendanaan proyek dan skor keuangan Anda sangat rendah, saya dapat mendanai Anda dengan jumlah yang Anda butuhkan mulai dari $ 5000- $ 500 juta dan suku bunga yang sesuai 3% yang akan membuat hidup Anda lebih mudah. info lebih lanjut Mohon hubungi saya via

    Email: standardonlineinvestment@gmail.com

  2. propertyindonesia bagus gan untuk jual beli properti dan menurut saya starup yang sudah lumayan banyak user walau tergolong pendatang baru

    • Baik kak Mira Rosa, komentar yang sangat bermanfaat 🙂
      Property Indonesia saya lihat merupakan startup baru di bidang aset riil...
      Data 12-12-2019 menunjukkan:
      Situsnya sangat disukai oleh penggunanya dengan rata-rata 13 menit 30 detik per hari setiap penggunanya, merupakan suatu hal yang fantastis untuk pemain baru.
      Karena pendatang baru, dari segi popularitas masih kalah dengan seniornya
      Alexa Rank Global: 506,056
      Dan merupakan situs terpopuler no 5202 di Indonesia...

      Kita lihat perkembangannya, supaya dapat menyaingi senior-seniornya 🙂

    • Terima kasih kembali Priglotech - Layanan Jasa Konstruksi Bangunan Gedung & Sipil
      Semoga bermanfaat buat bisnisnya 🙂

  3. Kami Tirta Elektro Agen penjualan dan Jasa Instalasi Antena tv, Parabola, CCTV DAN Anti petir
    Bagi agan agan yang membutuhkan jasa tsb, bisa hubungi kami di no 021-5939-4033 / WA 0813.8979.9876
    atau by e-M: tirtasakti.teknik@gmail.com

    • Saya menghargai komentar yang mengutamakan pembaca dan tidak mengganggu, walaupun bersifat promosi.
      Semoga info dari Tirta Sakti Elektro bisa bermanfaat buat pembaca lainnya 🙂

  4. Sayangnya sekarang OLX hanya bisa beriklan gratis sebanyak 1x dalam 90 hari. Jika ingin beriklan yang kedua maka harus beli kuota iklan. Tidak seperti dulu yang bisa kasih gratis untuk pemasang iklannya meskipun ada fitur iklan premium.

    Sekarang jadi seperti dipaksa untuk membeli kuota iklan. Sayang sekali ya.

    Oh iya pak, kalau mau beriklan tentang properti bisa coba di markiju_com (memang websitenya masih baru, namun iklannya gratis)

    • Hai Markiju
      Benar sekali OLX menyediakan fitur gratis namun terbatas, untuk beriklan lebih banyak di sana perlu membayar saldo iklan.
      Sebagai alternatif lain, mungkin kita perlu mencoba beberapa platform baru apalagi platform yang berasal dari tanah air. Kita sebaiknya mencobanya untuk meningkatkan kualitas platform asli tanah air, seperti Markiju
      Terima kasih atas komentarnya kak 🙂

  5. Iklan gratis bisa juga di Telponbox_com , bisa untuk iklan dan berjualan , marketplace untuk segala usaha , dan sudah ada aplikasinya di appstore maupun playstore

  6. Halo,
    Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Saatnya untuk memenuhi impian Anda, kami adalah perusahaan pemberi pinjaman bersertifikat, kami menawarkan pinjaman dengan bunga rendah 3%, untuk perorangan dan perusahaan di seluruh dunia, dalam mata uang apa pun yang Anda inginkan, pound, dolar, euro, dll.
    Andalkan Kami Hari Ini Untuk Pinjaman Yang Cepat Dan Dijamin
    Hubungi Kami Oleh
    Email: denniscrouchfinancecompany@gmail.com
    Viber/WA: +2349025654259

    • Hai kak Setia Elektro,
      Tolong jangan menempelkan link aktif website bisnis perusahaan mas (karena bukan bisnis untuk umum, sperti olx) di kolom komentar, MOHON hargai artikel situs saya dengan berkomentar sesuai topik pembicaraan! LINK aktif boleh asal sesuai topik.
      Semoga bermanfaat, amin 🙂

    • Hai kak Hardi Pradana Syahputra,
      Bagus starupnya, semoga bermanfaat infonya untuk pembaca lainnya 🙂

  7. ---- SPAM DETECTED ----
    Halo,
    Apakah kalian kesulitan import barang dari China?
    Mau import / beli barang dari Aliexpress, Alibaba terkendala perizinan?
    Mau import / beli barang dari Aliexpress, Alibaba resiko barang tidak sampai ke tempat anda?
    Xing Lie Cargo solusi anda!
    Kami adalah perusahaan yg bergerak di bidang jasa pengiriman barang dari China ke Indonesia
    Informasi lebih lanjut hubungi WA 087773081112
    ---- SPAM DETECTED ----

    • Hai, bapak perusahaan Xing Lie Cargo dari China ...
      Semoga informasi yang bapak berikan dapat bermanfaat buat pembaca
      Dan saya harap perusahaan bapak adalah perusahaan legal dan bekerja sesuai dengan peraturan di negara Indonesia.
      Terima kasih 🙂

    • Perusahaan asing nyepam, mohon tunjukkan integritas kalian terhadap kami warga Indonesia 🙂

  8. PT.ELANG LAUT LOGISTICS (Perusahaan Logistik Indonesia)
    HP : 0812 8285 5583 | WhatsApp: 0878 8712 2184
    Surat : cs.ibnusaidi@gmail.com

  9. Hai, gaes kita dari situs ***** bola online ********* yang menjadi pilihan terbaik untuk bergabung ya. tak hanya itu kita juga punya banyak game-game menarik ya gaes. 🙂

  10. Baca artikel ini jadi pengen punya website pasang iklan buat para pebisnis online. Setiap pemasang iklan bisa langsung menyasar target marketnya. Bisa lebih efektif dan efisien dgn tingkat konversi tinggi.

    Btw msh banyak pelaku bisnis online yg kurang memahami ilmu2 bisnis online dan cara2 beriklan secara online. Masih banyak yg suka bikin iklan spam baik di FB, IG maupun WA.

    Ada lho tempat belajar bisnis online yg mengajari cara2 bisnis online yg efektif dan efisien, mulai dari dasar sampe bisa punya penghasilan riil dari internet. Bahkan diajari juga cara beriklan murah di FB,IG, dan Google.

    • Hai kak Feri, konversi (ROI) yang tinggi memang bagus. Tapi menurut saya ROI suatu iklan sangat bergantung pada jenis iklannya, geografis, dan market dari iklan tersebut. Mungkin untuk sekarang Search Advertising secara rata-rata mempunyai ROI yang tinggi. Blog post juga bisa menjadi alternatif yang tak kalah dengan search advertising.

      Wah, apa itu nama tempat belajarnya kak?

  11. Kami dari perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman di Surabaya untuk tujuan Denpasar dan seluruh Indonesia via darat,laut dan udara
    Kepuasan Customer dan pengiriman barang aman adalah kebahagiaan kami, No tipu - tipu.
    Hubungi VANNY di 085100788027

    • Semoga bermanfaat Ibu Vanny 🙂
      Dan semoga ada pembaca yang menghubungi untuk mengenal ibu lebih dekat 🙂

    • Kami.bergerak di bidang penyewaan tempat tinggal dan tempat kost untuk karyawan dan mahasiswa,di daerah Tomang ,Grogol,dekat kampus Trisakti dan Untar barangkali ada yg membutuhkan bisa hubungi kami di telp/wa 08811514718

      Terimakasih

  12. boleh ditambah ya gan, jualanbarang[dot]com juga bisa menjadi refersni untuk pasang iklan gratis tanpa ada limit iklan

    • Hai Kak Fajri, saya sudah kunjungi startup-nya,
      Situsnya cepat, design bagus, dan mudah digunakan
      Saya akan lakukan analisis lebih lanjut terhadap jualanbarang untuk kedepannya
      Terima kasih atas informasinya 🙂

1 2 3

Ayo Berdiskusi Bersama! Belajar Lebih Indah dengan Saling Membantu :)

Tulis komentar
Masukkan nama Anda