4 Langkah Cara Memulai Digital Marketing

0

A. Perubahan Cara Hidup di Era Digital

Era digital telah mengubah cara hidup orang di berbagai aspek. Orang cenderung mencari informasi di internet sebelum melakukan sesuatu. Misalnya membeli sebuah handphone, kita lebih baik mencari informasi terkait handphone apa yang sebaiknya dibeli dengan mempertimbangkan segala aspek seperti budget, spesifikasi, maupun brand. Oleh sebab itu, usaha kecil dan menengah pun mulai terjun dan belajar untuk menjadi pemain di era digital, memperluas jaringan pasar dengan menggunakan digital marketing. Berikut 4 persiapan dan cara memulai digital marketing.

Artikel terkait: Apa Itu Digital Marketing | Peran Digital Marketing dan Contohnya

B. Cara Memulai Digital Marketing

Go digital merupakan langkah awal untuk memulai digital marketing. Berikut 4 langkah cara memulai digital marketing,

  1. Menentukan Media Internet

    Tanpa internet, digital marketing tidak dapat bekerja. Media internet merupakan media yang digunakan untuk menyimpan data produk baik barang atau jasa yang kita miliki. Sebaiknya, kita harus mempunyai minimal satu dari list berikut untuk memulai digital marketing.

    • Website

      Website dapat digunakan sebagai media informasi usaha, produk, dan kontak yang kita punyai.

    • Sosial Media

      Jenis sosial media untuk usaha dan produk yang kita miliki, dapat berupa fans page dan akun official. Kita bisa membuatnya menggunakan Facebook, Instagram, Twitter, atau lainnya.

    • Aplikasi Mobile

      Aplikasi mobile dapat menghasilkan konsumen yang loyal, namun pembuatan aplikasi membutuhkan biaya yang lebih besar.

    • Akun Marketplace

      Marketplace merupakan hal yang sangat penting, bagi usaha yang menjual produk berupa barang. Dengan mempunyai akun marketplace, kita bahkan dapat memperoleh konsumen dengan lebih mudah. Hal ini, dikarenakan marketplace sudah mempunyai pengguna yang loyal.

    Artikel terkait: 20 Daftar Media Iklan Gratis Terbaik dan Review

  2. Menentukan Teknologi dan Konten

    Teknologi dan konten merupakan hal kedua yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai digital marketing.

    Teknologi, dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap performa digital marketing. Misalnya, platform yang digunakan untuk membuat website, sosial media yang akan digunakan untuk akun official, dan media iklan yang akan digunakan untuk beriklan.

    Konten, berperan untuk menyampaikan maksud dari digital marketing yang dilakukan. Konten kreatif banyak digunakan sebagai media iklan di era digital, seperti iklan video dan gambar bergerak.

    Artikel terkait: Pengertian Iklan (Advertisement), Jenis Iklan dan Contoh Iklan

  3. Mempertimbangkan Biaya dan Waktu

    Setelah media internet, teknologi, dan konten ditentukan, maka dapat dipertimbangkan biaya dan waktu yang diperlukan untuk merealisasikan hal tersebut. Misalnya untuk membuat website memerlukan biaya dan waktu yang lebih sedikit dari pada membangun aplikasi untuk memasarkan produk.

    Artikel terkait: Konsep dan Cara Kerja Digital Marketing terhadap Bisnis Online

  4. Go Digital

    Setelah itu, kita akan lebih siap ke langkah Go Digital, dengan merealisasikan apa yang telah ditentukan sebelumnya.


Sekian artikel 4 Langkah Cara Memulai Digital Marketing. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda