Apa Itu Digital Marketing | Peran Digital Marketing dan Contohnya

0

A. Pengertian Digital Marketing atau Pemasaran Digital

Digital marketing adalah serangkaian aktivitas untuk mempromosikan suatu produk baik barang maupun jasa menggunakan media digital berupa alat elektronik yang terhubung dengan internet, dengan tujuan menjangkau konsumen yang relevan dan tepat waktu. Digital Marketing juga disebut dengan internet marketing atau pemasaran digital. Media digital yang digunakan dapat berupa perangkat elektronik terhubung dengan internet seperti smartphone dan komputer.

Artikel terkait: Pengertian Iklan (Advertisement), Jenis Iklan dan Contoh Iklan

B. Peranan Digital Marketing

Secara umum peranan pemasaran digital adalah untuk meningkatkan performa pemasaran dalam mempromosikan produknya dengan jangkauan konsumen yang relevan dan tepat waktu dengan perantara alat elektronik digital, misalnya smartphone dan komputer. Berikut beberapa pihak yang terlibat di dalamnya, yaitu:

Artikel terkait: Konsep dan Cara Kerja Digital Marketing terhadap Bisnis Online

  1. Advertiser atau Pengiklan

    Advertiser adalah orang atau perusahaan yang mempunyai produk baik barang atau jasa yang akan dipromosikan secara digital.

  2. Produk

    Produk dalam digital marketing adalah barang atau jasa yang dipromosikan secara digital. Barang atau jasa dapat berasal dari perusahaan maupun perseorangan, contoh:

    • Buku pelajaran yang diterbitkan oleh perusahaan Gramedia.
    • Novel yang dipublikasi oleh seorang penulis (self publisher).
    • Jasa membuat website oleh seorang web developer.
    • Laptop yang diproduksi oleh perusahaan Acer.
  3. Digital Marketer

    Digital marketer adalah orang yang mampu mempromosikan suatu produk secara digital. Digital marketer dapat dilakukan oleh pihak mana pun,

    • Self Digital Marketer

      Self digital marketer adalah orang yang mempromosikan produknya sendiri secara digital, biasanya dilakukan oleh perusahaan skala kecil.

    • Digital Marketer Specialist

      Digital marketer specialist adalah orang yang mempunyai kemampuan tersertifikasi untuk melakukan aktivitas pemasaran digital. Misalnya Google AdWords Certification merupakan sertifikasi untuk perorangan yang mampu melakukan aktivitas marketing dengan Google AdWords. Biasanya digital marketer specialist dimiliki oleh suatu perusahaan tertentu untuk melakukan promosi produknya.

      Sertifikasi digital marketing untuk AdWords
      Sertifikasi digital marketing untuk AdWords
    • Digital Marketing Agency

      Digital Marketing Agency adalah perusahaan yang menyediakan jasa digital marketing yang dapat menggunakan teknologi untuk menyediakan konten kreatif untuk melakukan promosi produk pengguna jasanya. Perusahaan ini mempunyai skill untuk melakukan analisis digital, SEO, konten kreatif, dan memahami lebih dari satu Ad Network.

  4. Ad Network

    Ad Network adalah perusahaan yang memfasilitasi pemasangan banner iklan dari pengiklan (advertiser). Ad Network dapat menjangkau berbagai sisi digital, baik sosial media, website, blog, email, dan search engine. Berikut beberapa Ad Network Populer

    • Google AdWords
    • FB Ads
  5. Publisher

    Publisher adalah pihak yang mempunyai konten kreatif berupa informasi, hiburan, dan literatur yang diminati sekelompok publik dan menyediakan ruang iklan untuk pengiklan pada konten tersebut. Contoh publisher adalah media online, blogger, youtuber, sosial media, dan lain-lain.

  6. Konsumen

    Konsumen dalam digital marketing adalah sekelompok orang yang mengakses suatu informasi, hiburan, atau literature dari media digital baik sosial media, search engine, Youtube, blog, email, dan website tertentu. Setiap konsumen mempunyai ketertarikan yang berbeda-beda bergantung media digital yang diaksesnya. Teknik digital dapat menjangkau konsumen berdasarkan ketertarikannya, sehingga iklan yang ditampilkan dapat menyesuaikan diri dengan orang yang mengaksesnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pengeluaran iklan untuk orang yang tidak tepat.

C. Contoh Digital Marketing

Berikut beberapa contoh kegiatan pemasaran digital

Artikel terkait: 20 Daftar Situs Pasang Iklan Gratis Terbaik dan Reviewnya

  1. Menggunakan marketplace untuk menjual barang, contoh Tokopedia dan Bukalapak.
  2. Menggunakan FB Ads untuk mempromosikan barang atau jasa.
  3. Membuat website untuk menjual barang atau jasa, contohnya toko online.
  4. Menggunakan search engine untuk mempromosikan barang atau jasa berdasarkan kata kunci tertentu.
  5. Memasang iklan banner melalui Ad Network, misalnya Google AdWords.
  6. Membuat artikel review produk di suatu blog yang relevan, hal ini biasa disebut article placement.
  7. Menggunakan iklan video Youtube untuk mempromosikan produk.
  8. Membuat akun sosial media terkait usaha yang dimiliki, misalnya akun Facebook dan Instagram.
  9. Membangun list email pelanggan untuk menawarkan produk dan promo-promo tertentu.
  10. Menerapkan teknik SEO untuk menjangkau konsumen organik.

Sekian artikel Peran dan Pengertian Digital Marketing. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda