Blog | Pengertian Blog, Platform Blog, Monetisasi Blog, dan Fungsi Blog

0

A. Pengertian Blog atau Weblog

Blog adalah jenis website atau bagian dari suatu website yang berisi halaman-halaman berbentuk tulisan dan mengandung informasi dengan format penulisan non-formal. Pada tahun 2000 blog mulai dikenal dengan sebutan "weblog". Hal ini dikarenakan blog diakses dalam jaringan internet World Wide Web, seperti website-website pada umumnya. Pemilik dan pengelola blog disebut dengan "blogger".

Navigasi Cepat:

A1. Penulis Blog (Blog Author)

Blog author adalah sebutan untuk penulis blog. Author berasal dari bahasa inggris yang artinya "penulis". Blog pada mulanya ditulis secara perorangan dalam bentuk catatan harian (diary). Pada tahun 2010, seiring perkembangan teknologi dan terjadinya internet bubble yaitu peningkatan penggunaan internet yang sangat tajam, blog mulai ditulis oleh banyak orang dalam satu situs blog dengan tujuan tertentu. Hal ini biasanya ditemukan di situs-situs media online (seperti Tribunnews, Detik, dan Liputan6) juga situs perusahaan (seperti Tokopedia Blog, Tripadvisor Blog, dan Microsoft Blog). Blog kemudian menjadi platform dengan tujuan yang lebih luas, seperti: menulis berita, membuat tutorial, membuat catatan pengetahuan, hingga menjual produk, atau jasa. Blogger dan blog author secara definisi berbeda; pemilik blog (blogger) merupakan orang yang menulis dan sekaligus memiliki suatu situs blog, sedangkan blog author belum tentu mempunyai blog yang ditulisnya.

A2. Pos (Blog Post)

Pos adalah tulisan yang dipublikasi oleh penulis suatu blog. Dalam bahasa inggris pos dikenal dengan sebutan "post blog". Tulisan-tulisan yang ditampilkan pada pos dapat berisi berbagai hal, misalnya: catatan pribadi, tutorial, informasi, foto, video, hingga artikel berbayar. Content Placement merupakan sejenis pos berbayar yang dibuat oleh suatu perusahaan yang dipublikasi di suatu blog tertentu. Blog yang mempunyai content placement berbayar biasanya telah dikenal oleh banyak orang dalam suatu topik pembicaraan di Internet (niche).

A3. Topik Blog (Blog Niche)

Blog niche adalah topik pembicaraan yang diambil oleh suatu blog. Terdapat 3 jenis Blog Niche yang umumnya ditemukan di Indonesia, yaitu:

  1. Macro atau Blog Gado-Gado

    Macro atau blog gado-gado adalah sebuah blog yang berisi beberapa topik yang berjauhan sekaligus. Misalnya dalam suatu blog gado-gado terdapat artikel dalam kategori komputer dan memasak.

  2. Semi Macro

    Semi Macro adalah blog yang mengambil beberapa topik yang berada dalam ruang lingkup sama. Misalnya dalam suatu blog semi macro tentang pendidikan terdapat artikel dalam kategori Matematika dan Fisika.

  3. Micro atau blog spesialis

    Micro blog adalah blog yang hanya mengambil suatu topik khusus. Misalnya dalam suatu blog micro tentang travel terdapat artikel dalam kategori travel domestik dan travel non-domestik.

A4. Editor Blog (Blog Editor)

Blog editor adalah sebutan untuk penulis berpengalaman pada suatu blog dengan banyak penulis. Peran editor blog yaitu menjaga kualitas pos atau artikel yang diterbitkan dalam suatu blog. Hal ini bertujuan untuk menjaga nama baik dari suatu situs blog tersebut.

A5. Komentar Blog (Blog Comment)

Komentar blog atau blog comment adalah ruang diskusi yang disediakan pemilik blog terkait artikel yang diterbitkannya. Salah satu poin kelebihan blog yaitu situs yang mau mendengarkan pembacanya. Pemilik blog biasanya akan senang saat mendapatkan komentar dari pembacanya dan biasanya akan membalas komentar tersebut.


B. Fungsi Blog

Blog mempunyai fungsi bermacam-macam, mengingat perkembangan teknologi saat ini. Berikut beberapa fungsi blog yang dapat dipertimbangkan.

  1. Membuat catatan pribadi (diary).
  2. Mencatat dan mempublikasi suatu pengetahuan, misalnya blog tutorial dan blog pendidikan.
  3. Meningkat kepercayaan masyarakat terhadap suatu perusahaan, misalnya bank akan membuat blog tentang edukasi keuangan di situs mereka.
  4. Menjadi platform konten kreatif untuk publisher atau media online.
  5. Sebagai pelengkap CV (curriculum vitae) saat melamar pekerjaan.
  6. Sebagai tempat publikasi untuk publik figur, misalnya: blog Bill Gates.
  7. Sebagai media pembelajaran di pendidikan formal untuk mengenal internet.

C. Platform Blog (Blogging Platform)

Platform blog adalah penyedia yang dapat memberikan alat untuk membuat blog baik secara gratis maupun berbayar. Berikut 2 platform blog terbaik dan terpopuler di Indonesia.

  1. WordPress Self Hosted

    Platform WordPress untuk Membuat Blog
    Platform WordPress untuk Membuat Blog

    WordPress self hosted adalah sebuah software CMS (content management system) gratis yang didesain oleh komunitas WordPress sebagai platform untuk membuat blog, toko online, dan website jenis lainnya. CMS WordPress pertama kali dirilis oleh Automattic, Inc. pada tahun 2003. WordPress banyak dipilih oleh blogger, pebisnis, dan developer untuk menjadi platform situs mereka karena mudah untuk dipelajari. Sebelum membuat blog, pengguna perlu membeli domain dan hosting untuk menjalankan CMS WordPress. Selain itu, WordPress juga menyediakan banyak plugin gratis dan tema gratis di situsnya. Di tingkat perusahaan, WordPress merupakan platform terbaik untuk mengembangkan website dengan lebih mudah dan cepat karena dukungan komunitasnya yang populer.

    Contoh Pengguna: Microsoft Blog dan Advernesia

  2. Blogspot

    Platform Blogspot untuk Membuat Blog Gratis
    Platform Blogspot untuk Membuat Blog Gratis

    Blogspot adalah platform untuk membuat blog gratis yang dapat digunakan untuk banyak penulis sekaligus dengan server gratis dari Google. Blogspot pada mulanya dikembangkan oleh Pyra Lab tahun 1999. Tahun 2003, blogspot dibeli oleh Google untuk memberikan layanan gratis bagi penggunanya. Di Indonesia, platform blogspot sangat populer digunakan oleh pemula maupun blog profesional.

    Contoh Pengguna: Jutaan situs dengan domain blogspot.


D. Menghasilkan Uang Lewat Blog (Monetisasi Blog)

Monetisasi blog adalah istilah yang digunakan untuk menghasilkan uang lewat blog dan merupakan hal yang umum di era digital. Ribuan situs telah menghasilkan uang lewat platform blog, baik platform gratis maupun berbayar. Ada beberapa metode yang digunakan pemilik blog untuk menghasilkan uang (monetisasi blog), yaitu:

  1. Menjadi Publisher AdSense

    Menghasilkan Uang dari Blog dengan Google AdSense
    Menghasilkan Uang dari Blog dengan Google AdSense

    Pemilik blog (blogger) pada umumnya akan menggunakan AdSense untuk mendapat penghasilan. Ya, AdSense merupakan Ad Network (jaringan iklan yang menyediakan iklan untuk pemilik website) terbaik untuk diajak bekerjasama. Selain itu mendaftar AdSense bisa dibilang cukup mudah, terpenting artikel yang dimuat tidak melanggar kebijakan AdSense (misalnya tidak mengandung konten negatif dan berbau SARA).

  2. Menjadi Publisher Ad Network alternatif AdSense

    Solusi Alternatif Monetisasi Blog
    Solusi Alternatif Monetisasi Blog

    Pemilihan Ad Network lain mempunyai 2 sisi mata uang; 1) karena tidak diterima AdSense dan 2) karena ingin meningkatkan konversi blog yang dikelola. Terdapat banyak Ad Network alternatif jika tidak diterima Adsense misalnya; Mgid. Terdapat juga Ad Network lain yang diperuntukan untuk meningkatkan konversi, seperti: Media Net (5 juta page view/bulan), OpenX (5 juta page view per bulan), dan Google Ad Exchange (5 juta page view per bulan).

  3. Menjalankan Private Auction secara langsung

    Private Auction langsung merupakan metode konversi blog dengan menyediakan slot iklan secara langsung. Biasanya yang berhasil menjalankan private auction merupakan blog micro niche atau blog dengan pengunjungnya berasal dari suatu daerah/provinsi yang spesifik. Model private auction langsung biasanya dilakukan secara deal harian, misalnya Rp 15.000,- per hari. Kelemahan private auction langsung yaitu link pengiklan akan terbaca oleh perayap mesin pencari (crawler). Hal ini mungkin bisa ditangani dengan memasang tag rel "nofollow" atau "sponsored" pada link iklan. Berikut contohnya:

    <a href="https://www.advernesia.com" rel="nofollow"> Iklan </a>
    <a href="https://www.advernesia.com" rel="sponsored"> Iklan </a>
  4. Menjalankan Private Auction dengan Ad Server Google Ad Manager

    Google Ad Manager Sebagai Solusi Private Auction
    Google Ad Manager Sebagai Solusi Private Auction

    Private Auction dengan Ad Server Google Ad Manager membutuhkan kemampuan teknikal yang lebih mutakhir dibandingkan menjalankan Google AdSense. Google Ad Manager adalah server iklan gratis dari Google untuk menayangkan iklan. Cara pemasangan iklan hampir sama dengan Google AdSense, namun kode iklan dibuat oleh pemilik blog bersangkutan sesuai permintaan pengiklan dan deal penayangan yang telah disepakati dengan pengiklan. Deal yang digunakan biasanya berdasarkan jumlah tampilan iklan, misalnya Rp 15.000,- untuk 1000 tampilan iklan. Penggunaan Google Ad Manager memberikan kelebihan jika pemilik blog sering mendapat pengiklan langsung atau menggunakan banyak jaringan iklan sekaligus (Ad Network).

  5. Bekerjasama dengan Google Ad Exchange Certified Partner

    Google Ad Exchange Certified Partner di Indonesia
    Google Ad Exchange Certified Partner di Indonesia

    Google Ad Exchange Certified Partner adalah partner Google yang dapat memberikan akses Google Ad Exchange dan optimasi iklan untuk pemilik blog. Google Ad Exchange adalah tempat jual beli iklan antara pemilik web dengan perusahaan. Namun, sayangnya akses Google Ad Exchange terbatas untuk situs-situs tertentu seperti: media online yang telah populer. Google Ad Exchange Certified Partner dapat membantu pemilik blog mengakses Ad Exchange, biasanya diperlukan 100.000 ~ 500.000 page view per bulan untuk menggunakan layanan mereka.

  6. Affiliate Marketing

    Salah Satu Platform Affiliate Marketing di Asia
    Salah Satu Platform Affiliate Marketing di Asia

    Affiliate Marketing merupakan solusi mutakhir jika topik blog mempunyai peluang besar untuk menjangkau konsumen suatu jenis bisnis. Misalnya blog tentang review hosting. Affiliate marketing cara kerjanya hampir sama dengan private auction, hanya saja konversi penghasilan diperoleh saat terjadinya pembelian melalui link yang diklik oleh pengunjung blog. Rate penghasilan Affiliate marketing biasanya berkisaran antara 25% ~ 50% dari pembelian dan ada juga yang berbasis subscription. Affiliate sejenis subscription hampir sama dengan bisnis marketing asuransi, dimana setiap pelanggan yang didapat membayar suatu produk maka penghasilan akan diperoleh. Selain itu terdapat beberapa platform affiliate marketing yang populer di Asia, misalnya: Indoleads.

  7. Menjual Buku

    Bagi penulis buku, blog dapat digunakan untuk mempromosikan bukunya di Internet.

  8. Menjual Barang atau Jasa

    Blog dapat digunakan untuk menghasilkan pelanggan baru dari suatu bisnis yang telah berjalan. Seperti perusahaan-perusahan pada contoh sebelumnya.

  9. Content Placement

    Content placement adalah publikasi pos berbayar yang kontennya berasal dari suatu perusahaan lain. Biasanya pemilik blog akan dikirimi email oleh suatu perusahaan yang tertarik dengan blognya. Content placement profesional umumnya dibayar paling kecil Rp 500.000,- oleh perusahaan terkait.

  10. Review berbayar

    Review berbayar sebenarnya hampir sama dengan content placement, bedanya review berbayar dibuat oleh pemilik blog itu sendiri.

Baca juga: Daftar Isi Digital Marketing dan Blogging


Sekian artikel "Blog | Pengertian Blog, Platform Blog, dan Fungsinya". Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai halaman Advernesia. Terima kasih …

Ayo Berdiskusi Bersama! Belajar Lebih Indah dengan Saling Membantu :)

Tulis komentar
Masukkan nama Anda