WordPress.com vs WordPress.org: Apa Perbedaannya?

0

Pernahkah Anda melihat nama domain yang menggunakan WordPress.com dan WordPress.org? Kedua domain tersebut seringkali disamakan padahal jika jeli, Anda dapat menemukan perbedaan WordPress.com dan WordPress.org.

Banyak yang menggunakan CMS WordPress untuk mendapatkan pengunjung karena pengoperasiannya yang mudah. Untuk mendapatkannya, Anda perlu mempertimbangkan apakah menggunakan ekstensi .com atau .org.

Apa itu Website dan CMS

Sebelum mengenal lebih jauh tentang perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, ada baiknya mengetahui apa yang dimaksud website dan CMS.

Website adalah kumpulan dari berbagai web yang didalamnya mendukung dokumen dan dapat diakses secara publik melalui jaringan internet. Website dapat dikelola oleh satu orang, kelompok, sampai dengan bisnis.

Untuk mengakses website, Anda perlu memasukkan alamat domain yang berada dalam bentuk World Wide Web. Oleh sebab itu, domain merupakan hal penting dan utama dalam website.

Tak hanya itu, CMS merupakan tool yang penting untuk membuat website. Dengan adanya CMS, website lebih mudah dikelola sehingga ini cocok bagi Anda yang ingin membuat website tanpa coding.

Dalam CMS, Anda bisa mengatur tema dan fitur website lainnya dengan mudah tanpa keahlian coding. Dengan adanya CMS ini, mengembangkan website akan lebih mudah. Adapun beberapa fungsi dari CMS adalah sebagai berikut:

  • Buat dan mengatur postingan dengan mudah.
  • Upload gambar pada website
  • Atur tampilan website
  • Tambahkan fitur dan install website
  • Ubah pengaturan sampai mengelola user

Mengetahui Apa itu WordPress.com

WordPress.com adalah jenis dari Content Management Sysem (CMS) yang dipakai untuk membuat website. Sesuai dengan namanya, platform ini ada di bawah kendali WordPress. Kelebihan dari WordPress adalah dapat digunakan sebagai tempat publikasi artikelnya sendiri.

WordPress ini lebih cocok digunakan untuk pribadi dibandingkan dengan perusahaan. Keuntungan lainnya dari WordPress yaitu kuota penyimpanannya yang mencapai 3 GB. Itu sudah cukup jika Anda menggunakannya untuk pribadi.

Jika ingin berkembang, bisa dengan menambahkan kapasitas penyimpanan terutama bagi Anda yang ingin menggunakannya untuk keperluan bisnis.

Namun, Anda perlu mempertimbangkan kelemahan dari WordPress.com yaitu memiliki sumber daya yang terbatas. Anda hanya bisa melakukan instalasi tema template yang telah disediakan.

Jadi, tidak bisa untuk upload template di luar WordPressnya. Semua kontrol mayoritas dikendalikan oleh WordPress sendiri selaku hosting. Jadi, Anda perlu berhati-hati dalam membuat konten karena jika melanggar ketentuan maka website dapat dihapus oleh hostingnya.

Mengetahui Apa itu WordPress.org

Setelah mengetahui WordPress.com, Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari WordPress.org. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org secara lebih mendalam.

WordPress.org lebih mudah dikontrol oleh penggunanya sendiri karena sudah ada sistem personalisasi yang dapa diakses tanpa batas. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh atau upload plugin, template yang diinginkan.

Selain itu, perbedaan WordPress.com dan WordPress.org didasarkan pada ada tidaknya kontrol dalam hosting. Di WordPress.org, Anda bisa mendapatkan hosting sendiri sehingga akan lebih mudah untuk mengelola website.

Namun, ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan hosting dan domain ini.

Perbedaan WordPress.com VS WordPress.org

Untuk lebih jelasnya mengetahui apa perbedaan WordPress.com VS WordPress.org, berikut adalah beberapa faktor yang dapat membedakannya:

1. Plugin dan Tema

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, perbedaan WordPress.com VS WordPress.org yang pertama adalah terletak pada masalah plugin dan template. Untuk WordPress.com, temanya sangat terbatas serta tidak bisa mendapatkan plugin yang diinginkan.

Semua harus berasal dari layanan hosting itu sendiri. Sedangkan WordPress.org Anda bisa mendapatkan plugin dan tema dari pihak ketiga untuk diinstal di website Anda.

Dengan demikian, website WordPress.org akan memiliki desain yang sedikit unik dibandingkan website WordPress lainnya karena dapat menemukannya di luar WordPress.

2. Pendaftaran Google Adsense dan Iklan lain

Sama halnya dengan Plugin dan tema, WordPress.com tidak membolehkan pengguna untuk menggunakan iklan dari luar. Pengguna hanya bisa memakai WordAds sebagai monetisasi iklan dan mendapatkan penghasilan.

Jadi, Anda tidak akan bisa mendapatkan Google Adsense yang banyak dipakai oleh para konten kreator website. Berbeda halnya, jika menggunakan WordPress.org, monetisasi iklan di luar WordPress bisa dilakukan, salah satunya adalah mendaftar Google Adsense.

Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan pendapatan dari website lebih banyak lagi. Itulah perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang perlu diketahui dan membandingkannya dengan tujuan pembuatan website Anda.

3. Domain dan Hosting

Ini juga telah disinggung sebelumnya bahwa perbedaan WordPress.com dan WordPress.org terletak pada domain dan hosting yang didapatkan. Setiap pengguna dapat membuat website dengan mudah dan gratis melalui WordPress.com.

Namun, kekurangan dari domain gratis ini, alamat website kurang profesional karena akan terlihat domain seperti: www.blogaku.WordPress.com. Embel-embel “WordPress.com” ini akan menurunkan minat pembaca untuk mengunjungi website Anda.

Hal ini karena orang sudah tahu kalau domain tersebut website gratisan sehingga kredibilitas dari situs menjadi berkurang.

Hal ini akan merugikan karena seringkali jumlah pengunjungnya sedikit dan sulit untuk mendapatkan penghasilan dari website tersebut. Beda halnya jika menggunakan WordPress.org. Disana, ada nama domain yang bervariasi yang bisa Anda pakai.

Contohnya adalah .com, .net, .co, sampai dengan .co.id. Penggunaan domain tersebut akan membuat pengunjung lebih percaya dan Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan konten Anda.

Misalnya, website untuk komersial atau bersifat umum biasanya menggunakan domain .com. Kemudian, jika untuk membuat toko online dapat menggunakan domain .store agar terlihat lebih terpercaya.
Semua domain tersebut dapat dipilih jika menggunakan WordPress.org.

4. Ada Tidaknya Powered By

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org lainnya adalah ada tidanya Powered By yang muncul pada website. Tulisan tersebut akan mengganggu pembaca website. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika dihilangkan.

Jika menggunakan WordPress.com, setiap konten yang dipublish akan muncul tulisan “Powered By WordPress” sehingga ini tidak hanya mengganggu tapi juga terlihat sebagai website yang kurang menarik.

Semua orang nantinya akan mudah mengenali website sebagai website gratisan dari tanda tersebut. Sedangkan untuk pengguna WordPress.org rupanya dapat bersukaria karena tulisan tersebut dapat mudah dihapus sehingga tidak mengganggu pengunjung website.

5. Kualitas SEO

Kualitas SEO (Search Engine Optimization) yang baik akan membuat website menjadi lebih berkembang dan mendapatkan banyak trafik.

Ini bisa didapatkan dengan menginstall plugin. Oleh sebab itu, WordPress.org memiliki kualitas SEO yang baik karena dapat menggunakan fitur Plugin ini.

Berbeda halnya dengan WordPress.com yang tidak bisa menginstallnya sehingga akan berpengaruh pada SEO yang turun dan jumlah pengunjung yang rendah.

Dengan demikian, dapat diketahui kalau WordPress.org memiliki kelebihan yang lebih banyak karena dapat memperoleh fitur yang lebih banyak dan luas dibandingkan dengan WordPress.com yang terbatas dan gratis.

Kesimpulan

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org didasarkan pada kebutuhan penggunanya. Apabila Anda membutuhkan website untuk bisnis lebih baik memilih yang berasal dari WordPress.org. Namun, jika hanya memakainya untuk website pribadi, WordPress.com sudah cukup memadai.

Untuk mendapatkan WordPress.org yang memiliki berbagai kelebihan, gunakan saja hosting murah Indonesia dari Niagahoster yang mampu memberikan fitur yang lengkap dan nama domain yang bervariasi sesuai kebutuhan bisnis Anda.


Sekian artikel "WordPress.com vs WordPress.org: Apa Perbedaannya?". Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai halaman Advernesia. Terima kasih …

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda