Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya

2

Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak sistem yang dijalankan langsung saat komputer booting yang bertugas untuk manajemen perangkat lunak dan perangkat keras terkait. Perangkat lunak yang dimanajemen oleh sistem operasi disebut dengan aplikasi, misalnya aplikasi pengolah kata dan aplikasi pemutar video. Perangkat lunak sistem adalah istilah yang digunakan untuk perangkat lunak yang bertugas untuk mengontrol dan manajemen perangkat keras, sehingga aplikasi dapat berjalan.

Artikel terkait: Pengertian Komputer | Sejarah, Komponen Komputer dan Fungsinya

Sistem operasi komputer memberikan layanan (service) yang dapat digunakan oleh aplikasi untuk melakukan fungsinya yang disebut Application Program Interface (API). API adalah layanan (service) dari sistem operasi yang dapat digunakan oleh aplikasi untuk melakukan instruksi terkait kontrol perangkat lunak atau perangkat keras.

Setiap sistem operasi mempunyai antarmuka yang berbeda. Terdapat 2 jenis antarmuka pengguna pada sistem operasi yaitu command line dan Graphical User Interface (GUI). GUI adalah antarmuka interaktif menggunakan visualisasi grafis untuk memudahkan pengguna menggunakan sistem operasi bersangkutan.

A. Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi mempunyai peran penting di dalam suatu sistem komputer. Berikut beberapa fungsi sistem operasi,

  1. Memberikan tampilan utama komputer (user interface).
  2. Menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang sama (multitasking).
  3. Membagi memory komputer ke aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan.
  4. Menangani input dan output dari hardware yang tersambung pada sistem komputer.
  5. Mengirim pesan ke aplikasi terkait kinerja sistem, sehingga dapat diterima oleh pengguna sesuai dengan tujuan aplikasi.
  6. Membuat catatan dari aplikasi yang dijalankan (log).
  7. Melakukan manajemen partisi dan file.
  8. Melakukan instruksi secara paralel ke prosesor untuk mengoptimalkan kinerja sistem komputer.
  9. Manajemen akun pengguna sistem komputer (user account).
  10. Menghubungkan BIOS dengan driver dari suatu perangkat keras sehingga perangkat keras bisa dioperasikan.

B. Cara Kerja Sistem Operasi dalam Sistem Komputer

Berikut merupakan lapisan dari sebuah sistem komputer menurut Ciresearchgroup Organization.

Layer Sistem Operasi
Layer: Ciresearchgroup Organization

Di dalam sebuah sistem komputer terdiri dari perangkat keras (hardware), kernel, dan userspace. Hardware merupakan bentuk fisik dari sebuah sistem komputer. Kernel merupakan core software (perangkat lunak sistem utama) yang bertindak untuk berkomunikasi dengan hardware dan software aplikasi. Fungsi kernel merupakan fungsi utama dari sebuah sistem operasi. Userspace adalah software lainnya yang terdiri dari libraries and utilities (instruksi standar sistem aplikasi) dan applications/aplikasi (software yang digunakan pengguna).

Sistem operasi bekerja sebagai penghubung antar software dan hardware dalam sistem komputer. Sistem operasi mempunyai instruksi-instruksi dasar yang dapat dimengerti oleh software dan hardware. Dalam hal ini sistem operasi juga dibantu oleh perangkat lunak sistem dari perangkat keras terkait yang disebut dengan driver.

C. Contoh Sistem Operasi Komputer

  1. Microsoft Windows
    System Software Foto
    Foto: Microsoft

    Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1985 dengan menggunakan antarmuka grafis (GUI). Microsoft Windows menjadi sistem operasi komputer paling populer di dunia. Microsoft Windows dikembangkan dengan bahasa pemrograman C, C++, dan C#.

  2. Mac OS
    Mac OS
    Foto: Apple Inc.

    Mac OS (Macintosh Operating System) adalah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Apple sejak tahun 2001 yang merupakan sistem operasi standar dari perangkat komputer keluarannya. Sehingga Mac OS hanya bisa digunakan pada perangkat Apple. Mac OS ditulis dengan bahasa pemrograman C++, Objective C, dan Swift.

  3. Linux
    Linux
    Foto: Steemit

    Linux adalah keluarga sistem operasi berbasis UNIX yang merupakan sistem operasi komputer sumber terbuka (open source) yang dikembangkan oleh komunitasnya sejak 1991. Oleh karena dibangun oleh komunitas yang besar, linux terbukti sebagai sistem operasi yang paling stabil dan mempunyai manajemen memory yang sangat baik. Linux sangat populer dikalangan data center. Selain itu Linux terbukti kebal terhadap virus. Bahasa yang paling banyak digunakan untuk mengembangkan Linux adalah C dan Assembly. Terdapat banyak jenis Linux yang dikembangkan oleh berbagai komunitas misalnya Ubuntu, Debian, Fedora, dan lain-lain

  4. Chromium OS
    Chromium OS
    Foto: Androidpolice

    Chromium OS adalah sistem operasi komputer sumber terbuka (open source) yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan kernel Linux sebagai instruksi dasar sistem. Chromium OS dikembangkan dan dirilis sejak tahun 2011.


Sekian artikel Apa itu Pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Contohnya. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

2 KOMENTAR

  1. Terima kasih atas penjelasannya, menambah pengetahuan saya tentang apa itu sistem operasi.
    Saya Felliya Clarissa 1722500093 dari STMIK Atma Luhur.
    Kunjungi website kami di Atmaluhur

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda