Cara Uji Homogenitas dengan SPSS (Levene Test)

58

Uji homogenitas adalah suatu uji yang dilakukan untuk mengetahui bahwa dua atau lebih kelompok data sampel berasal dari populasi yang memiliki varians sama (homogen). Dalam buku yang ditulis Sudjana (2005:250), uji homogenitas dapat dilakukan dengan uji levene, fisher atau uji bartlett. Pengujian ini merupakan persyaratan sebelum melakukan pengujian lain, misalnya T Test dan Anova. Pengujian ini digunakan untuk meyakinkan bahwa kelompok data memang berasal dari sampel yang sama.

Uji Levene merupakan metode pengujian homogenitas varians yang hampir sama dengan uji Bartlett. Perbedaan uji Levene dengan uji Bartlett yaitu bahwa data yang diuji dengan uji Levene tidak harus berdistribusi normal, namun harus kontinu.

A. Penentuan Homogenitas Data

Data yang dilakukan pengujian dikatakan homogen berdasarkan nilai signifikansinya.

  • Nilai signifikansi (p) ≥ 0.05 menunjukkan kelompok data berasal dari populasi yang memiliki varians yang sama (homogen)
  • Nilai signifikansi (p) < 0.05 menunjukkan masing-masing kelompok data berasal dari populasi dengan varians yang berbeda (tidak homogen)

B. Cara Uji Homogenitas SPSS

Pada artikel ini dijelaskan cara melakukan uji homogenitas berdasarkan penelitian yang dilakukan "I Kadek Gunawan" dari IKIP PGRI Bali terkait "Peningkatan Kekuatan Otot Kelompok Kontrol Tanpa Pelatihan dan Kelompok Perlakuan dengan Pelatihan Angkat Dumbell"

contoh data homogenitas spss

Download Data - Kode: www.advernesia.com

Data berisi 3 variabel yaitu Nama (Nominal String), Tes_awal (Scale Numerik), dan Tes_akhir (Scale Numerik) yang terdiri dari 15 sampel kontrol dan 15 sampel perlakuan. Dilakukan uji homogenitas pada data Tes_awal dan Tes_akhir untuk memastikan data kedua kelompok berasal dari populasi yang sama.

Langkah-langkah uji homogenitas SPSS:

  1. Klik Compare Means > One-Way ANOVA..

    perintah uji homogenitas spss

  2. Masukkan variabel yang diujikan pada kolom Dependent List: 

    memilih variabel uji homogenitas

    Pada contoh Dependent Test: Tes_awal dan Tes_akhir.

  3. Masukan variabel yang membedakan kelompok ke kolom Factor

    Kolom Factor diisi dengan variabel kriteria yang membedakan kelompok data, misalnya pada contoh dibedakan dengan kelompok kontrol dan kelompok perlakuan.

    Pada contoh Factor: Tipe Responden.

  4. Klik Options... lalu centang Homogeneity of variance test

    opsi uji homogenitas

  5. Klik OK

    Hasil analisis ditampilkan pada jendela output


C. Cara Membaca Uji Homogenitas SPSS

hasil uji homogenitas

  • Homogenitas variabel Tes Awal

    Signifikansi homogenitas 0.151 (≥0.05) menunjukkan variabel Tes Awal pada kelompok perlakuan dan kontrol adalah homogen, dengan Levene Statistic 2.184.

  • Homogenitas variabel Tes Akhir

    Signifikansi homogenitas 0.112 (≥0.05) menunjukkan variabel Tes Akhir pada kelompok perlakuan dan kontrol adalah homogen, dengan Levene Statistic 2.688.

Kontributor Materi: Irin (Peningkatan Kualitas Artikel)

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial SPSS


Sekian artikel Cara Uji Homogenitas dengan SPSS (Levene Test). Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

58 DISKUSI PEMBACA

  1. Maaf mohon bertanya, bagaimana jika 1satu kelas exsperimen tidak ada kelas kontrol, bagaiaman cara menentukan homogenitasnya?

  2. Terima kasih ilmunya kak,
    Izin tanya, kalau hasil data tidak homogen (P<0.05) apakah data boleh di coba untuk di transformasi terlebih dahulu ?
    Mohon infonya,Terima kasih

  3. Siang kak, mau bertanya. Semisal kita melakukan uji homogenitas antara kelompok eksperimen dan kontrol, tapi ternyata tidak homogen. Apakah bisa dilanjutkan untuk uji independent sample t test? Lalu jika menggunakan SPSS apakah juga bisa?
    Terima kasih, kak 🙏

  4. Min maaf sy mau nanya data saya tidak homogen levene testnya pada uji anova, kan syarat uji anova harus homogen spy data sig dri anova bisa dilihat, jika levene test sy tidak homogen maka sy harus melakukan uji lanjut apa ya? terima kasih

  5. Kak bagaimana jika Levene's Test of Equality of Error Variances tidak terdistribusi normal? data saya punya nilai sig. 0.022 langkah selanjutnya bagaimana?

  6. Min mau tanya kalau uji homogenitas karakteristik responden itu min. Misal usia dan jenis persalinan itu dalam bentuk koding dimasukinya atau dalam bentuk asli min datanya. Mohon sarannya min. Terima kasih

  7. Izin bertanya, kalau setelah di analyze hasilnya ada warning seperti ini bagaimana ya?

    All absolute deviations are constant within each cell. Levene F statistics cannot be computed.

  8. Mohon bantuannya kak..Saya coba uji homogenitas levene test untuk two way anova. Lalu hasil sig.nya p<0.05. Itu bagaimana ya Kak?

  9. Hai kak, penelitian saya intervensi two group pretest-post test setelah uji normalitas data tidak berdistribusi normal. Jadi uji apa yang sebaiknya dipakai kak?

  10. Hai kak saya mau tanya ini padahal saya sudah sesuai dengan langkah yang kakak tuliskan namun mengapa muncul yang based on mean, median, dll ya kak ? Makasi

  11. Kak.. Kalau hasil uji homogenitas says dengan langkah tersebut munculnya tulisan "all absolute deviations are constant within each cell levene F statistic cannot be computed".. Gimana ya kak maksutnya..?

  12. Mohon maaf kak.. Kalau hasilnya malah muncul tulisan "all absolute deviations are constant within each cell. Levene F statistics cannot be computed".. Gimana ya kak?

  13. Saya uji homogenitas hasil sig nya .006 apakah termasuk homogen atau tidak? saya sudah coba berulang kali hasilnya ttap sama

1 2

Ayo Berdiskusi Bersama! Belajar Lebih Indah dengan Saling Membantu :)

Tulis komentar
Masukkan nama Anda