Antarmuka Pengguna atau User Interface MATLAB

0

A. Antarmuka Pengguna MATLAB

User interface MATLAB termasuk familiar dengan pengguna. Berikut User Interface dari MATLAB. Secara umum MATLAB mempunyai user interface seperti gambar berikut.


Sebelumnya: Tutorial Belajar Cara Install MATLAB

Adapun design dari software MATLAB

  1. Menu Bar

    MATLAB mempunyai 3 menu yaitu:

    1.1 Home

    Home Bar berisi sub-menu yang berisi tool-tool dasar untuk menggunakan MATLAB. Menu File berisi tool-tool untuk mengatur file-file MATLAB seperti membuka dan membuat baru. Menu Variable  berisi tool-tool untuk mengatur variable matriks, menu ini terintegrasi langsung dengan Workspace. Menu Code digunakan untuk melakukan debugging code serta analisis waktu saat kode dijalankan. Menu Simulink digunakan untuk manajemen Simulink Library dalam berbagai kepentingan disiplin ilmu. Menu Preferences digunakan untuk melakukan pengaturan software MATLAB dan Menu Resource digunakan untuk manajemen apps, seperti menambah dan menghapus apps/tool box.

    Ketika anda membuat script dengan klik “New Script” Maka anda akan membuka Editor Window. 

    1.2 Plots

    Plots Bar berisi tool-tool untuk membuat plot dari variable-variable di Workspace.

    1.3 Apps

    Apps Bar berisi apps yang di-install pada MATLAB termasuk menambah dan menghapus Apps.

  2. Quick Access Toolbar

    Quick Access Toolbar berisi perintah-perintah yang sering digunakan pada MATLAB. Anda juga dapat menambah atau mengurangi perintah yang ditampilkan Quick Access Toolbar. Adapun perintah default berupa add new, save, cut, copy, paste, redo, undo, switch window dan help.

  3. Current Folder

    Current Folder berfungsi sebagai file manager untuk menampilkan file-file MATLAB yang anda buat. Anda dapat mengakses file dengan mudah melalui current folder. Anda dapat memilih current folder dengan cepat pada search bar di bawah menu bar. File MATLAB menggunakan extension .m

  4. Command Window

    Command Window adalah jendela utama untuk melakukan eksekusi perintah, membuka perintah, membuka jendela lain, menjalankan program yang ditulis pengguna serta manajemen apps.

  5. Workspace

    Workspace menyediakan informasi mengenai variabel-variabel yang digunakan. Anda dapat mengedit dengan mudah variabel-variabel melalui Workspace.

  6. Status Bar

    Status bar menyediakan informasi apa yang dilakukan MATLAB terhadap eksekusi yang dilakukan.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial MATLAB


Sekian artikel Antarmuka Penggunaan atau User Interface MATLAB. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda