Apa Itu MATLAB?

0

MATLAB adalah kependekan dari MATrix LABoratory dikarenakan setiap data pada MATLAB menggunakan dasar matriks. MATLAB adalah bahasa pemrograman tinggi, tertutup, dan case sensitive dalam lingkungan komputasi numerik yang dikembangkan oleh MathWorks. Salah satu kelebihannya yang paling populer adalah kemampuan membuat grafik dengan visualisasi terbaik. MATLAB mempunyai banyak tools yang dapat membantu berbagai disiplin ilmu. Ini merupakan salah satu penyebab industri menggunakan MATLAB. Selain itu MATLAB mempunyai banyak library yang sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan matematika seperti membuat simulasi fungsi, pemodelan matematika dan perancangan GUI.

Artikel terkait: Tutorial Lengkap Cara Install MATLAB Step by Step

Manfaat MATLAB

MATLAB digunakan oleh kalangan pelajar, teknisi, peneliti di Universitas, Institusi Penelitian maupun Industri untuk melakukan komputasi matematis dalam berbagai keperluan. MATLAB biasanya digunakan untuk penelitian, pengembangan sistem dan desain sistem. Berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, MATLAB merupakan bahasa pemrograman tertutup. Untuk kompilasi program anda harus menggunakan software dari MathWorks sendiri. Berikut pengertian MATLAB dan kegunaannya.

Jendela Software MATLAB
Jendela Software MATLAB

Daftar Isi Tutorial MATLAB

Beberapa contoh aplikasi MATLAB di berbagai disiplin ilmu;

  1. Matematika 

    Sebagai ilmu yang dikenal sebagai “The Mother of Science” sudah tentu, MATLAB dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan matematika baik dari perhitungan biasa, simulasi fungsi maupun pemodelan matematika.

    Artikel terkait: Pengertian Matematika dan Terapannya dalam Kehidupan

  2. Statistika

    Statistika adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, interpretasi, dan presentasi data. MATLAB juga menyediakan berbagai tools statistik seperti time series, neural network, dan lain-lain.

  3. Finansial

    Permasalahan finansial dapat diselesaikan dengan MATLAB seperti inflasi, suku bunga maupun permasalahan kompleks lainnya. Banyak tool seperti financial time series.

  4. Teknik dan Komputasi

    MATLAB dapat membantu dalam perancangan desain suatu sistem dan analisis suatu algoritma. Tersedia beragam tool seperti fuzzy logic designer, control system tuner,control system designer, linier system analyzer, neuro fuzzy designer, dan system identification.

  5. Biologi

    Perkembangan dunia semakin maju, dua ilmu dengan basis yang berbeda antara biologi dan teknologi sekarang bisa disatukan. MATLAB memungkinkan untuk melakukan analisis sistem organ, jaringan, bahkan DNA manusia, dan perancangan organ buatan. Banyak tool yang dapat digunakan seperti molecule viewer, Symbiology.

  6. Komunikasi dan Jaringan

    Industri besar dunia menggunakan MATLAB dalam analisis pengembangan sistem komunikasi dan jaringan. Banyak tools MATLAB untuk disiplin ilmu ini seperti Bit Error Rate Analysis, signal analysis dan lain-lain.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial MATLAB

Referensi:

https://www.mathworks.com/


Sekian artikel Apa Itu MATLAB? Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda