Pengertian dan Fungsi Function Pada MATLAB

0

Fungsi Function pada MATLAB adalah sebuah program MATLAB yang ditulis dan disimpan dalam bentuk function file, dan atau dapat digunakan secara langsung (built-in function). Seperti tutorial Fungsi Dasar Matematika Pada MATLAB kita sudah mengenal beberapa built-in function serta cara menggunakannya. Sama halnya dengan fungsi (function) pada matematika, MATLAB menggunakan fundamental f(x), yang dapat mengasosiasikan setiap nilai numerik pada variable x. Function juga didefinisikan sebagai y=f(x) dalam ilmu matematika. Pengguna dapat membuat function yang disebut dengan User Defined Function.

Baca Tutorial Selanjutnya: Cara Membuat Function Pada MATLAB dan Contoh Programnya

Apa itu User Defined Function?

User Defined Function adalah function yang ditulis oleh pengguna dan disimpan dalam bentuk function file serta dapat digunakan seperti built-in function. User Defined Function dapat berisi formula matematika yang sederhana maupun formula yang rumit, serta dilengkapi dengan operasi logical atau perulangan. Berikut sistematika function pada MATLAB.

Sistematika Function
Sistematika Function Pada Pemrograman MATLAB
  • Input data dapat berupa skalar, vektor maupun matriks
  • Function File program yang berisi formula matematika yang dapat memproses input data
  • Output data merupakan nilai hasil dari function file, dapat berupa skalar, vektor maupun matriks.

Suatu contoh, misalkan akan dibuat function yang dapat merubah satuan jam menjadi menit. Input yang dilakukan adalah berupa scalar x, kemudian akan diproses oleh function file dengan formula f(x)=x × 60. Sehingga output yang dihasilkan berupa konversi jam ke menit berupa scalar y.

User Defined Function biasanya digunakan dalam projects program skala besar atau program yang akan digunakan oleh orang banyak. Sehingga program yang dibuat harus praktis dalam penggunaannya. Penulisan function pada MATLAB hampir sama dengan bahasa BASIC, PASCAL, C, FOTRAN. Sebelum membuat function, minimal harus memahami mengenai tutorial dasar MATLAB, Array/Matriks, manajemen Data dan Pemrograman Dasar yang dapat dilihat pada situs ini.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial MATLAB


Sekian artikel Pengertian dan Fungsi Function Pada MATLAB. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda