Cara Membuat Function Pada MATLAB dan Contoh Programnya

0

Sebelum membuat function pada MATLAB anda dapat membaca tutorial sebelumnya mengenai Pengertian dan Fungsi Function Pada MATLAB. Function pada MATLAB dibuat dan diedit sama seperti script file pada Editor atau Debugger Window. Anda juga dapat membaca tutorial di BAB 1 terkait Cara Membuat Script File atau M-File Pada MATLAB untuk lebih jelasnya.

A. Struktur Function MATLAB

Fundamental pembuatan function terdiri dari 4 struktur. Pertama, anda perlu membuat script file baru dengan menekan CTRL+N atau klik New script pada Home Bar MATLAB.

Pada penjelasan berikut digunakan contoh: membuat function untuk menghitung keliling dan luas (output) sebuah segiempat dengan diketahui panjang dan lebarnya (input).

Cara membuat function pada matlab
  1. Function Definition Line

    Function Definition Line adalah syntax yang mengindikasi bahwa program script file yang anda buat merupakan function. Berikut sistematika function definition line.

    function [output arguments] = function_name (input arguments)
    • Syntax “function” dideklarasikan untuk mengindikasi bahwa program merupakan function.
    • [output argumen] adalah nama variabel output function yang dituliskan dalam tanda kurung siku. Jika output argumen terdiri lebih dari satu variabel, maka setiap variabel dipisahkan dengan tanda koma.
    • function_name adalah nama function yang dibuat dapat memuat karakter, angka, dan underscore. Nama function tidak boleh sama dengan nama built-in function yang sudah ada dan tidak boleh memuat spasi. Nama function digunakan untuk memanggil function. Nama M-file  function nantinya disamakan dengan function_name.
    • (input argumen) adalah variabel input yang dituliskan dalam tanda kurung. Jika input argumen terdiri lebih dari satu variabel, maka setiap variabel dipisahkan dengan tanda koma. Dapat kita analisis function yang akan kita buat mempunyai 2 input dan 2 output sehingga dapat dibuat function definition line sebagai berikut.
      function [keliling,luas] = segiempat (panjang,lebar)
  2. Input dan Output Argumen

    Input dan Output argumen digunakan untuk mengambil data dari function dibawa ke luar function, umumnya berupa luaran pada command window.

    • Input pada contoh di atas adalah (panjang, lebar) yang akan dihitung oleh function. Dalam penggunaan lebih lanjut input argumen dapat didefinisikan secara interaktif menggunakan perintah input.
    • Output pada contoh di atas adalah [keliling, luas] yang nilai variabel umumnya ditampilkan pada command window. Dalam penggunaan lebih lanjut output argumen dapat ditampilkan secara interaktif menggunakan perintah disp, fprintf maupun plot.
  3. H1 Line dan Help Text
    • H1 Line merupakan comment pada baris pertama dari function file. Comment pada MATLAB diawali dengan tanda %
    • Help Text merupakan comment baris selanjutnya setelah H1 line. Help Text dapat ditampilkan dengan menggunakan perintah “help function_name“, dengan syntax help yang mengindikasi untuk memanggil Help Text suatu function.

    Misalnya pada contoh yang kita buat

    function[keliling,luas]=segiempat(panjang,lebar)
    %Ini adalah function segiempat
    %panjang dan lebar adalah input
    %keliling dan luas adalah output
  4. Function Body

    Function Body adalah isi dari function yang kita buat. Function Body dapat memuat semua syntax MATLAB seperti operasi matematika, built-in function, operasi logika, user defined function, perintah input output serta flow control (conditional statement dan perulangan) yang telah kita pelajari pada BAB sebelumnya.

    Berdasarkan contoh dapat dibuat function body sebagai berikut

    function[keliling,luas]=segiempat(panjang, lebar)
    %Ini adalah function segiempat
    %panjang dan lebar adalah input
    %keliling dan luas adalah output
    keliling = 2*(panjang+lebar);
    luas = panjang*lebar;

Simpan User Defined function yang telah dibuat pada current folder yang anda gunakan. Setelah tersimpan maka terlihat file .m yang dibuat berisi logo fx seperti gambar diatas pada current folder yang aktif. Ini berarti MATLAB telah mengetahui User Defined Function yang telah kita buat.


B. Cara Menggunakan User Defined Function

Untuk mencoba menggunakan function yang dibuat tadi, anda dapat menutup software MATLAB dan membukanya kembali. Lalu mengaktifkan current folder tempat anda menyimpan function files.

Corrent folder menyimpan function
Corrent folder menyimpan function
  1. Menggunakan Perintah Help

    Dengan menggunakan function segiempat.m yang dibuat tadi, dapat digunakan syntax berikut untuk memanggil perintah help

    help segiempat

    Cara menggunakan perintah help pada functionqCara menggunakan perintah help pada function
    Cara menggunakan perintah help pada function
  2. Menggunakan Function

    Untuk menggunakan function anda dapat menggunakan syntax berikut

    [output variabel] = function_name (input variabel)

    Berbeda dengan function definition line, [output variabel] tidak dipisahkan menggunakan tanda koma. Misalkan akan dihitung keliling dan luas segiempat dengan panjang 12 dan lebar 3. Dapat digunakan beberapa syntax berikut melalui command window.

    [keliling luas]=segiempat(12,3)
    [a b]=segiempat(12,3)
    p = 12, l = 3; [a b] = segiempat(p,l)
    Cara menggunakan function pada MATLAB
    Cara menggunakan function pada MATLAB

    Catatan: Untuk menggunakan function yang hanya terdiri dari 1 variabel output anda cukup memakai formula syntax

    function_name(input variable)

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial MATLAB


Sekian artikel Cara Membuat Function Pada MATLAB dan Contoh Programnya. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda