Errors and Exceptions | Penanganan Error pada Python

0

Saat kita menulis kode Python, pasti pernah mengalami kesalahan baik dari segi penulisan syntax maupun saat penulisan sudah benar. Untuk itu perlu dilakukan penanganan error pada Python. Terdapat 2 jenis error pada Bahasa pemrograman Python yaitu Errors dan Exceptions.

1. Syntax Errors

Syntax Errors adalah suatu keadaan saat kode python mengalami kesalahan penulisan. Python interpreter dapat mendeteksi kesalahan ini saat kode dieksekusi.

>>> print"Hello World"
SyntaxError: invalid syntax

Output dari program yang dieksekusi akan menampilkan pesan “invalid syntax“. Penanganan Syntax Errors dilakukan dengan memperbaiki penulisan kode yang salah tersebut. Berikut ilustrasi penanganan Syntax Error:

Syntax Errors

2. Exceptions

Exceptions adalah suatu keadaan saat penulisan syntax sudah benar, namun kesalahan terjadi karena syntax tidak bisa dieksekusi. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya Exceptions, mulai dari kesalahan matematika, kesalahan nama function, kesalahan library, dan lain-lain.

Berikut beberapa contoh Exceptions:

ZeroDivisionError

ZeroDivisonError adalah exceptions yang terjadi saat eksekusi program menghasilkan perhitungan matematika pembagian dengan angka nol (0).

ZeroDivisionError

NameError

NameError adalah exception yang terjadi saat kode melakukan eksekusi terhadap local name atau global name yang tidak terdefinisi. Misalnya saat menjumlahkan variable yang tidak didefinisikan, memanggil function yang tidak ada, dan lain-lain.

NameError

TypeError

TypeError adalah exception yang terjadi saat dilakukan eksekusi terhadap suatu operasi atau fungsi dengan type object yang tidak sesuai.

TypeError

Baca juga tutorial lainnya: Daftar isi Tutorial Python


Sekian artikel Penanganan Error pada Python. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai halaman Advernesia. Terima kasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda