Error and Exception | Pesan Kesalahan Python & Penanganannya

0

Pesan kesalahan Python adalah pesan yang ditampilkan interpreter Python saat terjadi kesalahan, baik dari segi penulisan syntax maupun kesalahan terkait lainnya. Terdapat 2 jenis error pada Bahasa pemrograman Python yaitu Error dan Exception. Pesan tersebut mengindikasi perlu dilakukan penanganan error (debugging) terhadap kode Python yang dieksekusi.

Navigasi Cepat

A. Syntax Error

Syntax Error adalah suatu keadaan saat kode python mengalami kesalahan penulisan. Python interpreter dapat mendeteksi kesalahan ini saat kode dieksekusi.

Contoh:

in : print"Hello World"
out: SyntaxError: invalid syntax
Contoh pesan Syntax Error di Python Interpreter
Contoh pesan Syntax Error di Python Interpreter

Output dari program yang dieksekusi akan menampilkan pesan "invalid syntax". Penanganan syntax error dilakukan dengan memperbaiki penulisan kode yang salah tersebut.

Debugging:

in : print ("Hello World")

B. Exception

Exception adalah suatu keadaan saat penulisan syntax sudah benar, namun kesalahan terjadi karena syntax tidak bisa dijalankan, melainkan karena adanya kesalahan matematika, kesalahan nama function, library, dan lainnya. Terdapat 3 jenis Exception di bahasa pemrograman Python, yaitu ZeroDivisionError, NameError, dan TypeError.

B1. ZeroDivisionError

ZeroDivisonError adalah exception yang terjadi saat eksekusi program menghasilkan perhitungan matematika pembagian dengan angka nol.

Contoh:

in : 3/0
out: ZeroDivisionError: division by zero
Contoh Pesan ZeroDevisionError di Python Interpreter
Contoh Pesan ZeroDevisionError di Python Interpreter

B2. NameError

NameError adalah exception yang terjadi saat kode mengeksekusi terhadap local name atau global name yang tidak terdefinisi. Misalnya saat menjumlahkan variabel yang tidak didefinisikan, memanggil function yang tidak ada, dan lain-lain.

Contoh: 

in : 3+1
out: NameError: name 'a' is not defined
Contoh Pesan NameError di Python Interpreter
Contoh Pesan NameError di Python Interpreter

B3. TypeError

TypeError adalah exception yang terjadi saat dilakukan eksekusi terhadap suatu operasi atau fungsi dengan tipe objek yang tidak sesuai.

Contoh:

in : x = 3
in : y = "Hello World"
in : x + y
out: TypeError: unsupported operand type(s) for +: 'int' and 'str'
Contoh Pesan TypeError di Python Interpreter
Contoh Pesan TypeError di Python Interpreter

Tutorial lainnya: Daftar isi Tutorial Python


Sekian artikel "Error and Exception | Pesan Kesalahan Python & Penanganannya". Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai halaman Advernesia. Terima kasih…

Ayo Berdiskusi Bersama! Belajar Lebih Indah dengan Saling Membantu :)

Tulis komentar
Masukkan nama Anda