Filosofi dan Cara Memulai Pemrograman Python

0

Sebelum memulai pemrograman Python, pengguna perlu melakukan instalasi Python pada perangkat yang digunakan. Setelah itu barulah bahasa pemrograman Python dapat dijalankan baik menggunakan terminal atau IDE.

Artikel terkait: Cara Install Python di Windows Linux dan Mac OS


A. Filosofi Bahasa Pemrograman Python

Bahasa pemrograman Python ditujukan untuk menghasilkan bahasa pemrograman sederhana yang mampu memberikan fitur-fitur dari bahasa pemrograman lain termasuk C++, C, dan Java. Sehingga Python mampu memberikan cita rasa pemrograman yang cepat, pembelajaran yang mudah, serta mempermudah pengembangan software.

Baca juga: Pengertian Bahasa Pemrograman Python

Python menjadi bahasa pemrograman open source terbesar. Setiap orang dapat berkontribusi untuk membangun program-program yang dapat digunakan oleh orang lain dalam programnya. Hal ini disebut dengan package atau module. Tercatat untuk tahun 2018, terdapat 117.181 module yang dibuat oleh seluruh developer dan dibagikan sebagai repository Python.

Filosofi Python adalah sebagai bahasa pemrograman multipurpose, portable, object-oriented, dan high level programming yang memberikan lingkungan interaktif untuk menulis kode secara minimalis

Berikut hal-hal dasar yang perlu diketahui pada bahasa pemrograman Python,
  1. Multipurpose

    Python merupakan bahasa pemrograman multi guna (multipurpose). Terdapat banyak modul yang mempermudah berbagai disiplin ilmu misalnya scientific computation, statistic, networking, cryptography, game development, GUI, machine learning, image processing, plotting, database, HTML/XML parsing, natural language processing, dan testing.

  2. High Level Language

    Python merupakan high level programming language atau bahasa pemrograman tinggi. Dalam hal pemrograman secara umum, dikenal bahasa pemrograman rendah dan bahasa pemrograman tinggi. Bahasa pemrograman rendah melakukan komunikasi langsung menggunakan bahasa mesin untuk berkomunikasi dengan hardware. Sedangkan bahasa pemrograman tinggi menggunakan library untuk melakukan komunikasi dengan hardware. Library ini berfungsi untuk melakukan terjemahan bahasa tinggi ke bahasa mesin.

  3. Object Oriented Programming

    Python menggunakan fundamental pemrograman berorientasi objek atau object oriented programming. Bahasa pemrograman tradisional melakukan komputasi secara natural, dalam artian semua harus didefinisikan terlebih dahulu untuk dilakukan proses secara runut. Dalam perkembangan selanjutnya, dikenal object oriented programming (OOP). Fundamental ini membagi kode menjadi blok-blok yang dieksekusi secara paralel sebagai tread pemrosesan yang disebut dengan object. Dalam hal ini metode OOP akan melakukan eksekusi dengan berorientasi pada object. Object dapat berupa function dan class.

  4. Interactive Environment

    Syntax pemrograman pada Python merupakan turunan dari syntax yang digunakan bahasa C dan UNIX. Sebagian besar syntax Python mempunyai kesamaan dengan bahasa pemrograman C. Dengan mengadopsi lingkungan UNIX, bahasa pemrograman Python dapat dijalan dalam mode console. Ditambah dengan syntax-syntax yang dibuat untuk mempermudah pembelajaran seperti help() membuat Python menjadi bahasa pemrograman interaktif.

  5. Minimalis Design

    Struktur kode yang minimalis membuat bahasa pemrograman Python mempunyai tingkat keterbacaan yang jauh lebih mudah dari bahasa pemrograman lainnya. Seperti penggunaan tabulasi atau indent sebagai pembatas struktur. Filosofi terkait meminimalkan syntax terdapat pada dokumen yang diterbitkan Tim Peters yang berjudul The Zen of Python.

  6. Portability

    Python didukung oleh komunitas open source-nya. Hal ini membuat Python dapat berjalan di banyak platform. Termasuk Linux, Microsoft Windows, Solaris, Macintosh, dan Sony Playstation.

  7. Extensibility

    Python mempunyai ratusan ribu modul yang dapat digunakan untuk mempermudah pengembangan suatu software atau riset. Misalnya modul untuk menghitung integral, pengguna dapat membuat program tanpa harus membuat syntax yang dapat menghitung integral.


B. Memulai Pemrograman Python

Untuk memulai pemrograman python dapat dilakukan melalui IDE. Pada artikel ini digunakan IDE Spyder. Syntax dapat dieksekusi melalui console (misalnya IPython) maupun dalam bentuk file melalui editor. File syntax python disimpan dalam format (.py).

Spyder IDE

  1. Buka IDE yang anda gunakan
  2. Membuat Program Sederhana

    Program Hello World

    print("Hello World")

    Hello World

  3. Simpan dan Jalankan

    Misalnya save nama program dengan nama (hello_world.py). Selanjutnya program dapat dijalankan dan output dihasilkan pada console.

    Program

Baca juga tutorial lainnya: Daftar isi Tutorial Python


Sekian artikel Filosofi dan Cara Memulai Pemrograman Python. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda