Rumus Excel MATCH dan INDEX untuk Mencari Data

0

Fungsi Rumus Excel MATCH adalah fungsi (function) yang digunakan mencari posisi data sel pada suatu range, data yang dicari dapat berupa teks (string) dan angka (numerik). Sama halnya dengan VLOOKUP dan HLOOKUP, rumus MATCH juga dapat melakukan aproksimasi nilai numerik data sel. Hasil yang ditampilkan oleh formula ini adalah urutan posisi paling kecil pada range. Rumus Excel MATCH sering digunakan di dalam formula lookup function. Berikut tutorial Rumus Excel MATCH dan INDEX, untuk rumus INDEX anda dapat membaca tutorial sebelumnya.

Tutorial sebelumnya: Rumus Excel INDEX Array dan INDEX Reference serta Contohnya

Sistematika Rumus Excel MATCH

=MATCH(lookup_value, lookup_range, [match_type])
  • lookup_value adalah nilai data yang anda cari pada lookup_range.
  • lookup_range adalah range tempat anda mencari data. Range harus berupa vektor yaitu hanya terdiri dari satu kolom atau satu baris.
  • [match_type] adalah jenis tipe lookup_range yang digunakan dalam formula, terdapat 3 jenis [match_type] yang harus anda sesuaikan terhadap urutan data pada lookup_range.
    • match_type = 0, berarti lookup range berisi nilai tegas (exact) atau tanpa aproksimasi. match_type = 0 menampilkan nilai #N/A saat data yang dicari tidak terdapat pada lookup_range. Tipe 0 sering digunakan untuk mencari data teks. Anda dapat mencari data teks dengan lebih mudah dengan menambahkan karakter ‘*’, misalkan untuk mencari kata “Bali” anda cukup mendefinisikan lookup_value sebagai “Ba*”. Pencarian teks (string) tidak bersifat case-sensitive.
    • match_type = 1, berarti lookup range berisi data numerik yang diurutkan dari kecil ke besar (ascending) dengan aproksimasi x < lookup value < x+1.
    • match_type = -1, berarti lookup range berisi data numerik yang diurutkan dari besar ke kecil (descending) dengan aproksimasi x > lookup value > x+1.

PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.

A. Contoh Penggunaan MATCH untuk Mencari Teks

Diketahui tabel hasil suatu olimpiade matematika. Seorang siswa yang bernama “Made” ingin mengetahui juara yang didapatnya.

Dapat diketahui jenis pencarian yang dilakukan adalah pencarian teks. Sehingga [match_type] yang digunakan adalah 0.

Cara mencari teks menggunakan MATCH

=MATCH("made",A2:A6,0)

Sehingga dapat diketahui made mendapatkan rangking 3.


B. Penggunaan MATCH untuk Mencari Data Numerik Ascending

Untuk mempermudah, nilai ascending dapat diilustrasikan pada tabel di bawah, misalkan akan dicari nilai 1234 berdasarkan interval [match_type] = 1. Adalah sebagai berikut,

PENTING: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda.

Cara menggunakan MATCH ascending

=MATCH(A8,A2:A6,1)

Sehingga dapat diketahui posisi 1234 (1000 sampai 9999) terdapat pada urutan data ke-4 di range A2:A6.


C. Penggunaan MATCH untuk Mencari Data Numerik Descending

Pada data range yang urut dari besar ke kecil, kita mencari data dengan menggunakan [match_type] = -1. Akan dicari posisi angka 4321 pada tabel, berikut ilustrasinya

Cara menggunakan MATCH descending

=MATCH(A8,A2:A6,-1)

Dapat diketahui posisi 4321 (5000-4001) terdapat pada urutan ke tiga di range A2:A6.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial Excel


Sekian artikel Rumus Excel MATCH dan INDEX untuk Mencari Data. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai Fans Page Advernesia. Terima kasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda