7 Jenis Pesan Error dan Evaluasi Rumus IFERROR Pada Excel

0

Rumus Excel IFERROR adalah fungsi (function) yang digunakan untuk mengecek hasil eksekusi sebuah formula pada Microsoft Excel, fungsi ini dapat melakukan evaluasi terhadap formula yang error dengan menampilkan pesan error tertentu atau mengganti formula yang dieksekusi. Sebelum melakukan evaluasi formula dengan rumus IFERROR pada Excel, perlu diketahui informasi standar (pesan standar) yang ditampilkan Microsoft Excel terhadap sebuah eksekusi formula.

A. Jenis Informasi atau Pesan Error Excel

Terdapat 7 pesan error pada Microsoft Excel adalah sebagai berikut,

 Error Value  Pengertian Penyebab
 #DIV/0 Dibagi oleh angka nol Ini disebabkan karena dalam formula terdapat operasi matematika pembagian, keadaan ini terjadi apabila sel pembagi tidak memiliki nilai atau kosong.
 #N/V No value available Ini disebabkan sel yang anda cari pada tabel lookup tidak tersedia. Keadaan ini sering terjadi ketika dalam penggunaan fungsi VLOOKUP, dimana lookup_value yang digunakan tidak ada yang memenuhi sel-sel referensi pada tabel lookup.
 #NAME? Formula tidak ditemukan Ini disebabkan karena kesalahan pengetikan formula, lakukan pemeriksaan formula untuk mengatasinya.
 #NULL! Kesalahan alamat sel Ini disebabkan karena kesalahan penulisan alamat sel. Contoh: =A1+B1 C2, terdapat spasi yang menyebabkan error.
 #NUM! Formula menggunakan penulisan angka yang salah Ini disebabkan dalam suatu formula menggunakan invalid number. Contoh yang paling sering terjadi ketika melakukan perhitungan tanggal dengan rumus DATE.
 #REF! Referensi salah Ini terjadi ketika referensi sel telah dihapus, sehingga formula yang menggunakan, tidak dapat dieksekusi dengan baik.
 #VALUE! Formula menggunakan tipe data yang salah Ini disebabkan karena penggunaan tipe data yang salah pada suatu formula. Misalnya menggunakan teks pada suatu formula dengan operasi matematika.

B. Cara Menggunakan Rumus IFERROR Excel

Berikut sistematika penulisan rumus IFERROR pada Excel,

=IFERROR(value, value_if_error)
  • Syntax IFERROR melakukan perintah evaluasi dengan menggunakan sistematika di atas.
  • value adalah formula yang akan dievaluasi.
  • value_if_error adalah output yang digunakan ketika formula value mengalami error. Berikut jenis value_if_error yang dapat digunakan,
    • Output yang ditampilkan dapat berupa pesan peringatan (teks) dalam tanda “petik”.
    • Formula alternatif yang akan menggantikannya.

C. Contoh Evaluasi Teks Menggunakan Rumus IFERROR Excel

Akan dilakukan operasi pembagian yaitu kolom A dibagi kolom B adalah sebagai berikut,

Evaluasi Error Microsoft Excel

Pada kolom C, terlihat pesan error standar yang ditampilkan pada sel yang memuat pembagian nol yaitu #DIV/0. Untuk mengevaluasi pesan error tersebut, dapat digunakan rumus IFERROR yang dapat diilustrasikan sebagai berikut,

Contoh Evaluasi dengan IFERROR

=IFERROR(A2/B2,"Pembagian Nol")

Setelah itu dapat dilakukan autofill. Terlihat nilai #DIV/0! digantikan/dievaluasi oleh teks “Pembagian Nol”.


D. Contoh Evaluasi Formula Menggunakan Rumus IFERROR Excel

Pada tabel diatas, setiap formula yang memuat pembagian nol akan digantikan dengan formula penjumlahan menggunakan rumus IFERROR adalah sebagai berikut,

Contoh evaluasi Formula dengan IFERROR Excel

=IFERROR(A2/B2,A2+B2)

Dapat dilakukan autofill dan terlihat output operasi pembagian nol digantikan menjadi operasi penjumlahan.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Tutorial Excel


Sekian artikel 7 Jenis Pesan Error dan Evaluasi Rumus IFERROR Pada Excel. Nantikan artikel menarik lainnya dan mohon kesediaannya untuk share dan juga menyukai halaman Advernesia. Terima kasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda