Membuat Social Share di WordPress dengan Sassy Social Share

4

Dengan menggunakan social share anda dapat meningkatkan trafik website karena pengunjung yang menyukai konten anda dapat membagikan konten tersebut dengan mudah. Untuk memaksimalkan social share perlu adanya integrasi dengan platform social media bersangkutan untuk menyimpan lalulintas data. Sehingga data mengenai jumlah share yang dilakukan dapat terhitung atau disebut dengan Social Counter. Ini dapat dilakukan dengan melakukan konfigurasi API secara manual. Untuk cara yang lebih mudah anda dapat menggunakan plugin pihak ketiga. Dari hasil review, kami memilih Sassy Social Share sebagai plugin yang patut anda coba, karena plugin ini termasuk plugin social share gratis. Berikut Cara Membuat Social Share di WordPress dengan Sassy Social Share.

Sassy Social Share adalah salah satu plugin social share terbaik di WordPress Plugin Repository yang berfungsi memudahkan pengguna membagikan konten website yang telah terintegrasi dengan Facebook, Twitter, Google, LinkedIn, WhatsApp, Tumblr, Pinterest, Reddit, dan ratusan platform social media lainnya.

Adapun fitur utama disediakan Sassy Social Share:

  • Terhubung lebih dari seratus platform social media.
  • Social Counter aktif untuk sosial media populer seperti Facebook, Linkedin, Twitter, Buffer, Reddit, Pinterest, Stumbleupon dan Vkontakte.
  • Design Responsive dan support banyak tema WordPress.
  • Support WooCommerce, BuddyPress dan BBPress.
  • Bisa digunakan pada situs multi-site WordPress.
  • Tersedia tampilan Floating Social Share yang responsive.
  • Fitur pendukung lainnya.

Berikut cara menggunakan Plugin Sassy Social Share.

  1. Menginstall dan Mengaktifkan Plugin Sassy Social Share.

    Install plugin Sassy Social Share lalu aktifkan plugin melalui admin dasbor situs anda. Anda juga dapat membaca tutorial Cara Memasang Plugin WordPress.

    Sassy Social Share

  2. Akses Sassy Social Share Melalui Panel Admin Dasbor Anda

    Setelah anda berhasil mengaktifkan Sassy Social Share, maka panel Sassy Social Share akan muncul pada admin dasbor anda. Dapat diilustrasikan sebagai berikut.

    Sassy Social Share Panel

  3. Melakukan Penyesuaian Theme Selection.

    Pada bagian ini terdapat pengaturan terhadap pilihan design tampilan social share yang akan digunakan. Terdapat 2 meta box yaitu Standar interface theme dan Floating Interface theme. 

    Standar interface theme
    Standar interface theme
    Floating interface theme
    Floating interface theme

    Kedua meta box ini mempunyai opsi yang sama untuk setiap konfigurasi. Standar interface theme adalah tampilan standar social share yang dapat anda letakkan di bagian artikel anda. Sedangkan Floating interface theme merupakan tampilan float atau melayang di halaman website anda. Lakukan penyesuaian tampilan sesuai design website yang aktif, anda juga dapat mengabaikan hal ini jika ingin menggunakan pengaturan default. Klik Save Changes untuk menyimpan konfigurasi.

  4. Melakukan Penyesuaian Standar Interface

    Pada bagian ini anda melakukan konfigurasi mengenai standar interface yang akan ditampilkan pada halaman website anda.

    Standar Interface
    Standar Interface

    Untuk mengaktifkan Standar interface centang Enable Standar Interface. 

    • Tittle – Kalimat Pembuka Sebelum ikon social media di halaman.
    • Rearrange Icons – Untuk mengurutkan ikon sosial media.
    • Select Sharing Service – centang social media yang akan ditampilkan.
    • Horizontal Alignment – Jenis tampilan ikon rata kiri, kanan atau tengah.
    • Position with respect to content – Lokasi Penampilan sosial share, tersedia di atas dan bawah artikel. Centang untuk menampilkan.
    • Placement – Centang lokasi jenis halaman yang akan ditampilkan social share.
    • Show share counts – Menampilkan jumlah yang dibagikan di setiap ikon sosial media.
    • Show total shares – untuk menampilkan jumlah total share.
    • Enable more icons – untuk menyesuaikan social share menjadi lebih sedikit, dan tombol pintasan untuk menampilkan semua ikon social share.

    Klik Save Changes untuk menyimpan

    Ilustrasi Standar Social Share
    Ilustrasi Standar Social Share
  5. Melakukan Penyesuaian Floating Interface

    Pada bagian ini anda dapat melakukan konfigurasi floating social share. Meta box yang ditampilkan hampir sama dengan standar social share, berikut ilustrasi

    Floating interface
    Floating interface

    Untuk mengaktifkan floating interface centang Enable floating sharing. Anda akan menemukan beberapa pilihan konfigurasi tambahan yaitu

    • Left offset – Sumbu X pada layar dengan paling kiri layar sebagai X = 0
    • Top offset – Sumbu Y pada layar dengan paling atas sebagai Y = 0
    • Vertical floating bar responsiveness – adalah batas layar minimum untuk menampilkan floating interface vertikal, standar di bagian kiri layar.
    • Horizontal floating bar responsiveness – adalah batas layar maksimal untuk menampilkan floating interface horizontal, standar di bagian bawah layar.

    Berikut Ilustrasi Floating Interface

    Ilustrasi Floating Interface Vertical
    Ilustrasi Floating Interface Vertical

    Floating interface horizontal
    Floating interface horizontal
  6. Kustomisasi Miscellaneous, Shortcode & Widget.

    Pada bagian ini anda dapat melakukan konfigurasi tambahan seperti opsi penghapusan plugin, Shortcode, Widget, Javascript, waktu intervel refresh share counter, bahasa, shorterner link, AMP dan CSS kustom.

  7. Good Luck

Baca Juga: Memasang Kotak Komentar Facebook di WordPress


Sekian artikel Membuat Social Share di WordPress dengan Sassy Social Share. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

4 KOMENTAR

  1. Hi Advernesia, saya Syafiq dari bisablog com

    Artikel bagus, saya juga merekomendasikan Sassy Share. Dulu pas pertama-tama nyari plugin social sharing sempet pake plugin ini lumayan lama, cuma lupa kenapa yah saya uninstall plugin ini.

    Btw saya lihat ada tutorial cara pasang komentar Facebook pada WordPress di blog ini. Kebetulan Team Heator yang bikin plugin Sassy Social share ini juga punya plugin dengan fungsi yang sama, namanya Fancy Facebook Comment. atau Heator Social Comment kalau mau lebih banyak pilihan selain Facebook.

    Uniknya ada satu plugin lain yang menggabungkan fungsi dari dua plugin tersebut, namanya Super Socializer, jadi bisa ada social share, social login, sama social comment dalam satu plugin tersebut. Kebetulan saya pake juga, worthed lah menurut saya kalau memang ingin mengintegrasikan akun medsos di WordPress.

    • Terima kasih bro Syafiq dari Bisablog com…

      Saya tertarik untuk memasang facebook comment, tapi komentar di blog ini masih sedikit… jadi saya urungkan niat untuk memasangnya…

      Btw komentar bro Syafiq di situs ini selalu berbobot dan berkualitas… Sangat bermanfaat khususnya untuk bagi saya sebagai pengelola Advernesia…

      2 Jempol untuk Bro Syafiq

  2. Wow, dapat dua jempol, hmmm, ganti pulsa aja gimana mas? hihihi. Btw terima kasih pujiannya, mudah2an bisa sering mampir.

    Btw baru sadar di atas langkah ke-7-nya “Good luck”. Nanti kalau yang baca jadi salah persepsi gimana mas? Ntar disangkanya pasang plugin ini untung-untungan lagi, bisa berhasil bisa nggak 🙂

    • wkwkwkwkw, mas Syafiq bisa aja…bener juga sih…
      Tapi ga apa-apa diemin aja… berhubung dah lama ga posting tentang WordPress lagi…. kurang tertarik saya di topik ini…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda