Pengertian Plugin dan Cara Membuat Plugin WordPress

0

Sebagai open source, plugin pada CMS WordPress telah berkembang sangat pesat. Pengguna dengan pengetahuan bahasa pemrograman yang sedikit dapat membuat website yang powerful dengan beragam script multi-fungsi. Plugin memungkinkan merubah Website WordPress anda menjadi e-commerce bahkan social networking site.


A. Apa Itu Plugin WordPress?

Plugin WordPress adalah sebuah program atau paket dari sebuah fungsi/functions atau lebih yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP, untuk menambah fitur khusus ke dalam Platform WordPress yang terintegrasi menggunakan Access Point dan Metode yang disediakan WordPress Plugin Application Program Interface (API).

Terdapat 27,000 lebih plugin yang dapat anda unduh di WordPress plugin repository. Selain itu ada ribuan plugin lain yang kebanyakan merupakan plugin premium yang dapat anda unduh langsung di website penyedia. Plugin premium biasanya disertai dengan kode lisensi baik untuk 1 website maupun lebih. Kode lisensi ini menggunakan GPLv2 License.


B. Apa itu GPLv2 License?

GPLv2 adalah kode lisensi minimum standar yang digunakan WordPress untuk memberikan dukungan hukum terhadap plugin yang didistribusikan baik secara cuma-cuma maupun berbayar.

Baca juga: Cara Install/Memasang Plugin WordPress 


C. Bagaimana Cara Membuat Plugin WordPress?

Kelebihan yang nyata sebagai developer adalah anda dapat membuat plugin anda sendiri menggunakan WordPress. Untuk membuat plugin diperlukan sekurang-kurangnya mengenai dasar pemrograman PHP Non Framework.

1. Membuat Deskripsi Plugin

Pertama anda perlu membuat folder khusus plugin anda pada direktori /wp-content/plugins/, misalkan nama folder plugin-saya. Kemudian anda membuat file di dalam folder tersebut dengan ekstensi .php dengan nama file plugin-saya.php kemudian tulis deskripsi plugin anda dengan format PHP sebagai berikut (dapat menggunakan Notepad atau Sublime).

<?php
/*
* Plugin Name: Plugin Saya
* Plugin URI: http://www.advernesia.com
* Description: Ini adalah contoh plugin.
* Author: Advernesia Developer 
* Version: 1.0.0
* Author URI: http://www.facebook.com/advernesia
* License: GPLv2 or later
*/
?>

Cetak tebal merupakan teks bebas anda, tidak boleh diakhiri dengan ‘/’.  Save file tersebut. Sampai disini anda berhasil membuat deskripsi plugin sebagai author plugin.

2. Menambah Fungsi Sederhana

Sebagai contoh awal sehingga plugin yang anda buat memberikan fungsi tertentu. Anda dapat menulis fungsi sederhana berikut tepat di bawah script deskripsi diatas.  Fungsi sederhana adalah fungsi yang hanya terdiri dari 1 function PHP untuk melakukan fitur tambahan yang sangat spesifik dan tanpa adanya relasi dengan user interface tambahan seperti CC maupun Javascript.

Tambahkan function di bawah untuk menambah footnote pada WordPress anda.

<?php
/*
 * Plugin Name: Plugin Saya
 * Plugin URI: http://www.advernesia.com
 * Description: Ini adalah contoh plugin.
 * Author: Advernesia Developer
 * Version: 1.0.0
 * Author URI: http://www.facebook.com/advernesia
 * License: GPLv2 or later
 */

function fungsi_plugin_saya() {
echo '<h1>Saya dulu adalah Bloger WordPress, 
Sekarang saya menjadi Developer WordPress Professional</h1>';
}
add_action('wp_footer','fungsi_plugin_saya');
?>

Penulisan Nama Fungsi menggunakan underscore sebagai spasi. Save File anda. Sampai di sini anda telah berhasil membuat plugin sederhana dan siap untuk diaktifkan. Script dengan prefix wp_ merupakan fungsi standar dari WordPress Plugin Application Program Interface (API).

3. Mengaktifkan Plugin Sederhana

Masuk ke admin panel WordPress Anda, Klik Aktifkan pada ‘Plugin Saya’ 

Setelah anda mengaktifkan maka fungsi yang anda masukkan tadi akan aktif. Seperti gambar berikut. Sebelum itu refresh browser anda.

4. Selamat! Anda Berhasil Membuat Plugin Sederhana

Plugin WordPress yang lebih kompleks menggunakan struktur untuk mempermudah modifikasi dan pengembangan versi berikutnya.

Baca juga: Daftar Isi Tutorial WordPress


Sekian artikel Definisi Plugin dan Cara Membuat Plugin WordPress. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda