Cara Mudah Modifikasi functions.php Tema WordPress

4

A. Apa itu functions.php?

functions.php adalah kumpulan fungsi dengan menggunakan bahasa PHP yang memberikan fitur tertentu pada tema WordPress. Tema WordPress dapat mempunyai struktur yang kompleks. Anda dapat melakukan sedikit modifikasi tema WordPress lebih mudah tanpa mengetahui struktur tema yang anda gunakan dengan mengedit file functions.php tema. File ini berisi sekumpulan fungsi yang akan aktif ketika anda mengaktifkan tema tersebut. Anda dapat menambahkan fungsi-fungsi kedalam file ini untuk menambah fitur maupun perubahan fitur tema.

Secara umum pengembang akan melakukan upload ulang berkas-berkas yang diubah menggunakan FTP. Namun jika anda hanya melakukan sedikit modifikasi maka sebaiknya menggunakan langkah berikut. File ini dapat anda temukan di folder utama tema WordPress yang anda gunakan yaitu /wp-content/themes/folder-tema/functions.php Dengan langkah ini anda tidak perlu melakukan akses manual file functions.php

B. Cara Modifikasi functions.php

  1. Masuk ke Dasbor Admin WordPress

    Pertama anda harus mempunyai hak akses admin panel WordPress. Anda dapat mengakses dengan cepat pada URL alamat-web-anda/wp-admin 

  2. Pilih Appearance (Tampilan) -> Editor

    Lakukan langkah berikut seperti ilustrasi di bawah

  3. Anda akan masuk di halaman Editor

    Pada halaman editor anda dapat melakukan modifikasi file-file bukan hanya functions.php melainkan seperti style.css, searchform.php, dan lain-lain. Namun jika anda melakukan modifikasi berkas lain tersebut maka sebaiknya anda melakukannya dengan FTP untuk mempermudah debug dan analisis kesalahan.

  4. Pilih Theme Functions (Fungsi Tema)

    Silahkan pilih fungsi tema pada navigasi file seperti gambar langkah 3. Setelah itu anda dapat melakukan modifikasi maupun menambahkan fungsi pada functions.php tema anda. Scroll Meta box Editor sampai kebawah untuk menambah fungsi baru.

  5. Lakukan Modifikasi

    Sampai disini anda dapat modifikasi fungsi-fungsi yang sudah ada atau menambah fungsi baru pada functions.php tema WordPress anda. Untuk mempermudah modifikasi berkelanjutan sebaiknya anda menuliskan komentar dengan kode PHP sebelum menuliskan fungsi yang akan anda buat.

  6. Klik Update File (Perbarui Berkas) untuk Menyimpan

    Setelah anda selesai melakukan modifikasi, simpan file tersebut dengan klik Update File (Perbarui Berkas). Selamat anda berhasil modifikasi dengan mudah.

Baca juga: Daftar Isi Tutorial WordPress


Sekian artikel “Cara Mudah Modifikasi functions.php Tema WordPress” Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

4 KOMENTAR

  1. Hi Advernesia, nice article

    Setuju tuh sama salah satu poin di atas, jangan lupa kasih komen untuk setiap kode yang kita tambahkan, nggak cuma di file functions.php tapi semua file yang kita modifikasi.

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda