Cara Mengubah Pengaturan Bahasa WordPress

0

WordPress merupakan platform CMS yang telah terkenal di dunia. Tentunya WordPress menyediakan pilihan bahasa yang banyak untuk beberapa negara. Pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai mengubah pengaturan bahasa back-end admin panel saja.

Secara default WordPress akan melakukan instalasi bahasa inggris US jika anda tidak melakukan kustomisasi saat melakukan instalasi. Untuk mempermudah penggunaan tentunya WordPress perlu kita ubah pengaturan ke bahasa Indonesia.

A. Cara Mengubah Bahasa Pada WordPress

  1. Masuk ke Admin Panel WordPress

    Pertama anda masuk ke admin panel dengan role Administrator melalui www.nama-situs.com/wp-admin

  2. Buka Menu General Settings

    Akses general setting dengan klik Settings -> General. Setelah anda berhasil masuk, scroll ke bawah dan ubah Site Language ke bahasa yang Indonesia atau bahasa lainnya. Atur juga Time Zone biasanya Jakarta WIB, Makasar WITA, dan Jayapura WIT. Kemudian atur juga Date Format dan Time Format sesuai selera anda. Kemudian klik Save Changes. Tunggu proses download bahasa dari server WordPress.

  3. Selamat anda berhasil mengubah bahasa WordPress.

Kustomisasi Bahasa WordPress pada back end WordPress tidak hanya sampai disana. Jika anda mau melakukan instalasi manual, anda dapat untuk melakukan instalasi bahasa anda sendiri dengan melakukan sunting code bahasa yang sudah anda install sebelumnya.

B. Cara Edit Bahasa Pada WordPress

  1. Masuk ke Direktori Bahasa WordPress

    Setelah anda berhasil melakukan step diatas anda akan menemukan direktori baru pada folder wp-content yaitu folder languages.Folder ini menyimpan data instalasi bahasa WordPress yang anda unduh dengan cara di atas.

    Terlihat ada file dengan akhiran id_ID yang merupakan kode bahasa berdasarkan GNU. Semua file tersebut merupakan data dari bahasa Indonesia yang ada. Dua folder lainnya merupakan data bahasa untuk tema dan plugin jika pihak ketiga menyediakannya maka folder ini akan terisi dengan akhiran kode bahasa juga. Format po (portable object) dan mo (machine object) mempunyai fungsi masing-masing. po berisi teks translate yang dapat disesuaikan dengan type string editor sedangkan mo merupakan bahasa biner yang bisa digunakan oleh mesin penerjemah.

  2. Download Sublime Untuk Membuka File po

    Anda dapat menggunakan Sublime untuk melakukan modifikasi bahasa. Sublime merupakan aplikasi teks yang dapat membuka teks dengan type string khusus seperti PHP, HTML, CSS, C++, dan lain-lain. Namun, anda harus membeli lisensi untuk menggunakan software ini.

  3. Mengenal file bahasa WordPress

    File bahasa WordPress terdiri dari admin- untuk pengaturan back end sebagian besar, admin-network- untuk khusus pengaturan bahasa multi-site, continents-cities- untuk pengaturan bahasa negara dan kota dan nama kode bahasa itu sendiri adalah khusus pengaturan bahasa untuk menulis, upload dan menambah konten.

  4. Melakukan Edit Bahasa

    Untuk melakukan edit bahasa anda hanya perlu mengedit file dengan ekstensi po. Perlu diketahui untuk mengedit keseluruhan terdapat 15.000 baris kode yang perlu anda terjemahkan.

Baca juga: Daftar Isi Tutorial WordPress


Sekian artikel Cara Mengubah Pengaturan Bahasa WordPress. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda