Cara Mengatur Permalink WordPress SEO Friendly

6

Permalink adalah URL atau tautan permanen yang mengarah ke laman/post tertentu pada website. Secara umum permalink dapat dilihat di kolom address bar browser saat membaca artikel/laman di sebuah website. Setiap website ataupun CMS mempunyai cara tersendiri untuk menampilkan permalink.

Baca juga: Cara Mengatur dan Menambahkan Widget WordPress

Permalink yang baik adalah permalink yang mudah diingat oleh pengunjung ketika melihat suatu artikel/laman di website anda. Selain itu mesin pencari juga lebih mudah melacak permalink anda. Mesin pencari menggunakan Algoritma khusus untuk melakukan crawling. Dengan melakukan pengaturan permalink yang baik, tentunya website lebih optimal untuk SEO friendly. WordPress memberikan beberapa pilihan permalink yang dapat digunakan.

Penting: Jika website anda sudah mempunyai trafik, sangat tidak disarankan untuk mengubah permalink. Solusi alternatif anda dapat melakukan redirect 404 ke permalink baru.


A. Cara Mengatur Permalink WordPress

Untuk mengakses pengaturan permalink anda bisa masuk ke admin panel kemudian klik settings -> permalinks atau pengaturan -> permalink (bahasa Indonesia). 

Terdapat beberapa pilihan permalink sebagai berikut

1. Plain Permalink (Biasa)

Plain permalink merupakan cara menampilkan permalink dengan routing PHP biasa. Cara ini sangat tidak disarankan, karena makna permalink tidak bisa dimengerti oleh bahasa manusia namun sangat mudah untuk di-index oleh mesin pencari karena sangat sederhana.

  • /?p=1 Ini berarti post pertama/id 1 WordPress anda.
  • /?page_id=2 Ini berarti halaman kedua/id 2 WordPress anda.
  • /?cat=1 Ini adalah arsip kategori pertama/id 1 WordPress secara default adalah un-categories (tak berkategori).
  • /?tag=baru Ini adalah arsip tag dengan slug “baru”.

2. Day and name Permalink (tanggal dan nama)

Day and name permalink menampilkan permalink dengan menyertakan tanggal, namun ini hanya berlaku untuk posting dengan tipe post. Untuk kategori, laman dan tag jenis permalink ini akan menampilkan namanya saja. Permalink ini sangat cocok untuk website jenis blog pribadi yang berisi pengalaman penulis blog.

  • /2017/08/31/halo-dunia/ ini berarti post yang dipublikasi tanggal 31 Agustus 2017 dengan slug “halo-dunia”.
  • /laman-contoh/ ini berarti laman dengan slug “laman-contoh”.
  • /category/tak-berkategori/ ini berarti arsip jenis kategori dengan slug “tak-berkategori”. Nama “category” merupakan base kategori standar, anda dapat mengubahnya pada kolom Opsional bagian bawah.
  • /tag/baru/ ini berarti arsip tag dengan slug “baru”. Nama “tag” merupakan base tag standar, anda dapat mengubahnya pada kolom Opsional bagian bawah.

3. Month and name Permalink (Bulan dan nama)

Month and name permalink hampir sama dengan Day and name permalink namun di sini tanggal akan dihilangkan untuk menampilkan permalink post berjenis post.

4. Numerik Permalink

Permalink ini akan menampilkan id untuk post khusus untuk tipe post/artikel. Hampir sama dengan plain permalink namun sudah menggunakan routing yang lebih baik dan tipe post mudah untuk diketahui. Hal ini tidak berlaku untuk kategori, tag, dan laman akan disesuaikan dengan “day and name permalink”.

  • /arsip/123 ini berarti post dengan id 123, nama arsip dapat anda ubah pada kolom Custom Structure di bagian bawah.

5. Post Name Permalink (Nama tulisan) 

Sesuai dengan namanya cara ini menampilkan slug post tepat setelah URL website anda. Permalink ini baik untuk website jenis company profil maupun website penyedia tips dan trick. Hal ini tidak berlaku untuk kategori,tag dan laman akan disesuaikan dengan “day and name permalink”.

  • /halo-dunia/ ini berarti post yang dipublikasi tanggal 31 Agustus 2017 dengan slug “halo-dunia”.

B. Pengaturan Custom Structure/Struktur Tersuai

Pengaturan struktur tersuai bisa menjadi alternatif jika pilihan di atas menurut anda tidak ada yang pas. Untuk membuat struktur tersuai anda bisa memulai nya dengan tanda ‘/’ dan dilanjutkan dengan teks kebutuhan anda lalu diakhiri ‘/’. Adapun format permalink dinamis yang bisa anda gunakan.

  • %year% untuk tahun
  • %monthnum% untuk bulan dalam format angka
  • %day% untuk tanggal
  • %hour% untuk jam format 24
  • %minute% untuk menampilkan menit
  •  %second% untuk menampilkan detik
  • %post_id% untuk id pos
  • %postname% untuk slug pos
  • %category% untuk menampilkan kategori utama post
  • %author% untuk menampilkan penulis post

C. Pengaturan Opsional Base Kategori dan Tag

Jika anda ingin mengubah kategori dan tag base, anda dapat menuliskannya di bagian ini. Akan lebih baik jika menggunakan satu kata.

D. Simpan Pengaturan Permalink

Klik Save Changes (Simpan Perubahan) untuk menyimpan pengaturan permalink. Selamat disini anda telah melakukan kustomisasi permalink WordPress.

Baca juga: Daftar Isi Tutorial WordPress


Sekian artikel Cara Mengatur Permalink WordPress SEO Friendly. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

6 KOMENTAR

    • Fitur ini merupakan fitur standar dari wordpress dot com maupun dot org…
      Coba pastikan langkah-langkahnya kak
      Terima kasih…

    • Jika, situs agan sudah lama dan punya banyak trafik, sebaiknya permalink tidak diganti. Namun jika situs agan baru, maka sayarankan untuk menggunaka permalink

      %category%/%postname% untuk postingan
      Gunakan juga Yoast SEO untuk membuat slug yang baik untuk SEO.

      Semoga bermanfaat 🙂

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda