Cara Mengatur Lokasi dan Membuat Menu WordPress

8

Menu pada WordPress sangat berguna untuk meningkatkan navigasi situs anda. Menu dapat dipasang dimanapun baik pada header, sidebar maupun footer. Berikut cara mengatur dan membuat menu pada WordPress.

Baca juga: Cara Install/Memasang Plugin WordPress

  1. Membuat Menu Baru

    Sebelum memasang menu pada tema, anda perlu membuat sebuah menu terlebih dahulu.

    • Masuk ke Admin Dasbor
    • klik “Tampilan (Appearance)” kemudian “Menu”
    • Pilih “Create a new menu (Buat menu baru)”
    • Masukkan nama menu anda pada kolom yang telah disediakan
    • Setelah itu klik “Create menu (Buat Menu)”
    • Selamat anda telah membuat sebuah menu

  2. Menambah Item di Menu

    • Klik “Screen Options (Opsi Layar)” untuk menentukan jenis item yang akan dipilih untuk ditampilkan pada meta box list item misalkan WooCommerce Endpoint.

      Centang jenis post yang akan anda pilih kemudian close “Screen Options (Opsi Layar)” 

    • Pilih Item yang akan anda tampilkan di menu dengan centang satu atau beberapa item di salah satu jenis post. Kemudian klik “Add to Menu (Tambah ke Menu)” Sehingga item-tem tersebut muncul di meta box menu structure (Struktur Menu). 

      Lakukan langkah ini untuk memilih item dengan jenis post berbeda. Anda juga dapat menambah item berjenis tautan (URL) manual ke menu dengan menambah “Custom Links (Tautan yang disesuaikan)”

  3. Membuat Multi Level (Sub Menu)

    Lakukan Drag and Drop dengan mouse pada struktur menu. Bawa item ke kanan untuk membuat multi level atau sub-menu. Hampir sama seperti penomoran membuat karya ilmiah.

  4. Menentukan Lokasi di Tampilan Menu

    Pada langkah ini lokasi yang disediakan akan berbeda-beda sesuai dengan tema yang anda gunakan. Untuk memilih lokasi menu anda hanya perlu centang lokasi yang ada di meta box “Menu Settings (Pengaturan Menu)” 

    Anda juga akan melihat opsi Automatically add new top-level pages to this menu (Tambahkan laman tingkat-atas baru ke menu ini secara otomatis)” Fungsi Check box diatas adalah untuk menambah item pada menu anda secara otomatis ketika anda membuat halaman baru.

    Pengaturan tata letak menu

    Klik “Save Menu (Simpan Menu)” untuk menyimpan menu.

    Mengatur sub menu wordpress

  5. Lihat Menu Baru Anda

    Endpoint Woocommerce

  6. Selamat anda sudah berhasil membuat menu di WordPress

Baca juga: Daftar Isi Tutorial WordPress


Sekian artikel Cara Mengatur dan Membuat Menu WordPress. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

8 KOMENTAR

  1. Mau nanya gan. Klo misalnya mau tampilkan 1 menu tapi di lokasi berbeda. Misal ada 2 lokasi menu primary dan secondary. Nah, posisi menu secondary di dekstop saya mau tampilkan di menu primary saat dibuka di mobile. Itu gmana caranya yah?

    • Maaf kak Ian, itu tergantung dengan developer template yang agan gunakan. Namun, saya sarankan untuk menggunakan css classes, mas dapat membuat css kustom “@media only screen and” untuk desktop dan mobile. Nanti classnya bisa disesuaikan dimasing-masing opsi menu. Jadi, Menu 1 memuat semua menu yang agan butuhkan baik desktop maupun mobile.

      Semoga membantu 🙂

    • Kakak bisa mengaturnya di
      Tampilan -> Menu -> pilih -> add menu items -> pos -> cari pos -> tambah ke menu

      Mohon maaf atas keterlambatan balasannya

  2. Mau nanya kak, bagaimana agar menu-manu utama hanya 1 baris? tidak membentuk baris kedua?
    trus bagaimana cara menggeser menu-menu itu misalnya ke kiri atau ke kanan?

    • Kakak Razak, untuk menyesuaikan menu-menu utama hanya 1 baris itu disesuaikan dengan tema yang kakak gunakan…
      Kakak dapat melakukan drag and drop untuk membuat sub menu, atau drag ke kiri untuk mengubah sub-menu menjadi menu biasa

      Semoga bermanfaat 🙂

  3. Mau tanya, Theme saya ada 2 menu. 1 menu utama 1 menu footer. nah untuk menu footer saya sudah mengisi dengan about us, TOS dll, tapi tidak muncul di footer nya hanya credit saja yg muncul. ada solusi kah biar muncul itu menu ??

    thx

    • Mungkin tema yang agan gunakan mempunyai pengaturan tertentu yang perlu dikonfigurasikan. Untuk solusi saya bisa menyarankan untuk menggunakan widget footer jika tersedia… pada widget bisa diisi teks html yang bisa disamakan dengan menu yang agan inginkan..

      Semoga membantu kak 🙂

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda