Cara Membuat Toko Online dengan WooCommerce

0

Toko Online atau Online Shop merupakan tempat transaksi antara penjual dengan pembeli secara digital yang ditampilkan dalam konten visual baik berupa website maupun aplikasi. Berbeda dengan Marketplace yang menghimpun orang-orang untuk berjualan, toko online hanya menghimpun produk-produk seseorang atau sebuah bisnis.

Ada banyak platform untuk membuat Toko Online, salah satu yang terbaik adalah WooCommerce.

Baca juga: Apa Itu WooCommerce?

Sebelum anda membuat Toko Online dengan WooCommerce anda harus mempunyai website yang dibuat dengan WordPress. Karena WooCommerce adalah salah satu plugin dari WordPress. Anda dapat membuat website WordPress pada tutorial Cara membuat Website WordPress untuk WooCommerce

Baca juga: Cara Install WordPress di Hosting Menggunakan FTP

  1. Menginstall WooCommerce di WordPress

    Anda dapat mencari plugin WooCommerce melalui panel Plugin dasbor WordPress atau Download WooCommerce manual lalu upload menggunakan FTP.

    Baca juga: Cara Install/Memasang Plugin WordPress.

  2. Langkah Quick Wizard

    Aktifkan plugin, maka anda akan diarahkan melalui Quick Wizard lalu klik Let’s Go 

  3. Membaca Instruksi WooCommerce

    Disini anda diberikan instruksi mengenai apa yang akan anda lakukan di langkah berikutnya. Adapun instruksi yang diberikan yaitu Shop (Pengaturan Umum Toko Anda), Cart (Pengaturan Keranjang Belanja), Checkout (Pengaturan ketika pembeli akan membayar barangnya) dan My account (Pengaturan Halaman akun pelanggan anda)

    Klik Continue untuk melanjutkan.

  4. Mengatur Lokasi Toko Anda

    Pada kolom “Where is your store based?” Pilih provinsi toko anda, ini akan digunakan sebagai asal barang saat kalkulasi menggunakan API atau Extension.

    “Which currency will your store use?” Pilih mata uang yang ingin anda gunakan. Currency position (tata letak penulisan uang), Thousand separator (simbol pemisah ribuan), Decimal separator (simbol pemisah desimal), Number of decimals (jumlah digit desimal yang ditampilkan). Sesuaikan dengan mata uang yang anda gunakan.

    “Will you be charging sales tax?” Anda dapat centang ini jika anda ingin memasukkan nominal pajak yang akan anda bayarkan ke pemerintah untuk setiap transaksi online. Hal ini sangat membantu untuk bisnis yang memiliki NPWP. Anda dapat memilih inclusive (jika menyertakan harga jual termasuk pajak) atau exclusive (jika pajak diluar harga jual/tanggungan anda)

    Klik continue untuk melanjutkan

  5. Mengatur Shipping

    Pada langka kali ini anda akan memilih weight unit (besaran berat) dan dimension unit (panjang produk) yang anda jual. Misalkan toko online perhiasan cenderung menggunakan berat dalam g dan panjang dalam mm. Sedangkan toko furniture cenderung menggunakan berat dalam Kg dan panjang dalam cm.

    Klik continue untuk melanjutkan.

  6. Mengatur Payment

    Di langkah ini anda dapat memilih cara pembayaran yang dapat anda lakukan. Secara default anda dapat menggunakan paypal, stripe, cek, transfer bank maupun cash on delivery (cod). Klik Continue untuk melanjutkan

  7. Aktifkan Tema Perdana Storefront

    Anda juga mendapatkan tema perdana Storefront. Klik install and activate storefront.

    Baca juga: Cara Mengatur dan Install Tema WordPress

  8. Selamat Anda Telah Membuat Toko Online dengan WooCommerce

    Anda dapat kembali ke dasbor atau langsung membuat produk.

Baca juga: Tutorial WooCommerce


Sekian artikel Cara Membuat Toko Online dengan WooCommerce. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda