Cara Install/Memasang Plugin WordPress

0

Sebagai platform CMS, WordPress mempunyai banyak plugin yang dapat membantu anda membangun website yang anda perlukan. Plugin merupakan script tambahan yang dapat diaktifkan untuk melakukan fungsi tertentu dan saling berhubungan untuk membentuk sistem website yang lebih kompleks. Adapun plugin yang hanya dapat bekerja jika plugin utama terpasang, ini merupakan plugin extension. Plugin extension banyak digunakan ketika anda membangun website menggunakan WooCommerce.

Pada artikel kali ini akan dibahas 3 cara menginstall plugin pada WordPress.

Baca juga: Definisi Plugin dan Cara Membuat Plugin WordPress

A. Cara Memasang Plugin WordPress Download Langsung

  1. Masuk ke admin panel anda dengan role administrator klik Plugins

    Maka akan terbuka halaman plugin-plugin anda seperti berikut

  2. Klik Add New (Tambah Baru)

    Masukkan keyword dengan nama plugin yang anda cari. Setelah plugin yang anda cari ditemukan klik Install Now (Install Sekarang).

    Seperti pada gambar contoh instalasi plugin Jetpack. Tunggu proses installing hingga selesai kemudian klik Activate (Aktifkan). Maka plugin yang anda install sudah aktif. Ini dapat ditandai dengan bertambahnya menu pada panel utama, setting (pengaturan), tools (perkakas) atau tempat lainnya. 

  3. Plugin Terpasang

    Seperti yang ditampilkan pada gambar diatas bertambahnya panel utama dengan adanya menu Jetpack.


B. Cara Upload Plugin Melalui Admin Panel

Anda dapat melakukan upload plugin anda buat sendiri ataupun hasil download dengan format .zip yang berisi 1 Folder khusus dimana dalam folder ini berisi berkas-berkas plugin. Selain itu beberapa plugin yang mengharuskan anda untuk membeli fitur premium di dalamnya. Biasanya vendor penyedia plugin akan memberikan link download plugin yang telah anda beli.

  1. Masuk Ke Admin Panel

    Pastikan anda telah mempunyai file plugin dalam file .zip.

  2. Klik Plugin (Plugin) -> Add New (Tambah Baru) -> Upload Plugin (Unggah Plugin)

    Pilih plugin anda kemudian klik Install. Pada contoh kali ini akan install plugin Sitemap Statistic sebagai berikut

    Kemudian klik Activate Plugin (Aktifkan Plugin) 

  3. Maka Plugin Sitemap sudah aktif


C. Upload Plugin dengan FTP

Anda dapat upload plugin anda dengan mudah dengan menggunakan FTP. Anda cukup membongkar file .zip plugin dan melakukan upload pada direktori /public_html/wp-content/plugins Setelah proses upload selesai anda dapat mengaktifkan plugin secara manual melalui admin panel Plugins (Plugin) – > Installed Plugins (Plugin Terpasang) Lalu cari nama plugin yang anda install kemudian klik Activate (Aktifkan). Cara ini dapat anda gunakan sebagai alternatif jika muncul notifikasi “The uploaded file exceeds the upload_max_file_size directive in php.ini” saat anda mencoba cara ke-dua.

D. Cara Menghapus Plugins

Ada 2 cara untuk menghapus plugin yaitu melalui Admin Panel (Installed Plugins/Plugin Terpasang) dan FTP. Ada baiknya untuk nonaktifkan plugin sebelum menghapus secara permanen.

Baca juga: Daftar Isi Tutorial WordPress


Sekian artikel Cara Install/Memasang Plugin WordPress. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda