Apa Itu WooCommerce?

0

A. Mengenal WooCommerce

Pada tutorial toko online WooCommerce kali ini akan dibahas mengenai WooCommerce secara umum. WooCommerce adalah plugin toko online untuk platform WordPress yang dibuat oleh Woo Themes (2011) yang sekarang telah bergabung dengan Automattic. WooCommerce termasuk dalam jajaran platform pengembangan toko online terbaik di dunia. WooCommerce merupakan open source sehingga banyak khalayak umum yang menjadi kontributor pengembangan plugin ini.

WooCommerce mempunyai motto “The most customizable eCommerce platform for building your online business” yang artinya platform ini dapat anda sesuaikan dengan kehendak bisnis anda dan didukung oleh ribuan extension dan tema yang gratis maupun berbayar. Anda juga dapat melakukan modifikasi sendiri karena WooCommerce menyediakan catatan kode pengembangan yang cukup banyak.

B. Fitur-Fitur WooCommerce

Baca juga: Cara Membuat Toko Online dengan WooCommerce

  1. Product Management

    Anda dapat membuat berbagai produk baik berupa barang maupun produk virtual (license) dan produk digital (software dan media).  Anda dapat menyesuaikan produk dengan menambahkan atribut seperti ukuran, warna, dan lain-lain. Anda dapat memberikan harga khusus ketika ingin menurunkan harga serta inventory untuk management stock.

  2. Payment Gateway

    Secara default WooCommerce menyediakan payment gateway dengan PayPal, Stripe, Transfer Bank, Cek dan Cash On Delivery (COD). Anda juga dapat menggunakan payment gateway lain seperti doku.

  3. Order Management

    Anda dapat mengawasi order dari pelanggan anda dengan mudah. Anda juga bisa membuat offline order secara manual, layaknya point of sales (POS).

  4. Shopping Rule

    Secara default transaksi WooCommerce dimulai dari Cart/Keranjang Belanja kemudian Checkout. Pelanggan anda juga dapat membuat akun pelanggan untuk melihat serta mengawasi order mereka. 

  5. Report/Laporan Penjualan

    Anda dapat melihat Laporan belanja dengan mudah. Jika laporan terasa terlalu sederhana, anda dapat menambah extension sehingga laporan penjual anda lebih baik. Dengan menambah extension laporan anda dimungkinkan untuk melakukan ekspor laporan ke Excel maupun CSV, Melihat Laba Rugi dengan WooCommerce cost of good, dan lain-lain.

  6. Shipping Rule

    Anda dapat membuat harga ongkos kirim barang secara manual dengan mudah. Selain itu anda juga dapat menggunakan API lain seperti raja ongkir. Juga ada banyak extension sebagai alternatif untuk mempermudah anda melakukan kalkulasi shipping kurir pengiriman Indonesia seperti JNE, J&T, Tiki, Pos, dan lain-lain. Salah satunya adalah plugin EPEKEN merupakan extension shipping rule yang patut anda coba.

  7. Coupon/Discount Rule

    Anda dapat membuat discount rule menggunakan coupon. Anda juga dapat install plugin extension sehingga dapat membuat discount rule seperti harga grosir dan lain-lain.

  8. SMTP Email

    WooCommerce menggunakan API untuk koneksi SMTP Email, digunakan untuk memberitahu pembeli maupun admin terhadap aktivitas online shop anda.

    Baca juga: Cara Setting SMTP WordPress dengan Easy WP SMTP

  9. Integrasi API

    WooCommerce sangat mudah diimplementasikan dengan berbagai API misalnya Facebook login.

  10. Marketplace Builder

    Anda dapat mengubah toko online anda menjadi marketplace dengan menggunakan plugin pendukung yang terintegrasi dengan WooCommerce. Misalnya Dokan dan WCvendors.

  11. Hundred of Extensions

    WooCommerce didukung oleh ribuan plugin extensions yang dapat Anda gunakan untuk melakukan penyesuaian lebih mudah baik dengan extension gratis maupun berbayar.

  12. Hundred of Themes

    Pertama kali menggunakan WooCommerce anda akan mendapat tema gratis Storefront”. Ada banyak tema yang support dengan WooCommerce baik tema gratis maupun berbayar.

Baca juga: Cara Membuat dan Menambah Produk di WooCommerce


Sekian artikel Apa Itu WooCommerce? Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda