Apa itu CDN dan Bagaimana Cara Kerjanya

0

CDN (Content Delivery Network) adalah kumpulan server yang saling terhubung antar geografis, setiap server disebut dengan node membentuk jaringan yang saling terhubung (edge server). Setiap node pada CDN akan bekerja secara simultan berdasarkan wilayah terdekat. Sehingga waktu respon server untuk mengakses file menjadi sangat cepat. Secara fundamental CDN merupakan penerapan teknologi Cloud Computing. Secara umum CDN berfungsi untuk meningkatkan aksesibilitas, mempercepat respon server, dan menjaga kestabilan bandwidth. Berikut artikel Apa itu CDN dan Bagaimana Cara Kerjanya.

CDN pertama kali berkembang serta digunakan pada tahun 1998, industri besar mulai menggunakan CDN untuk website mereka yang nota bena mempunyai trafik yang sangat tinggi. Karena CDN dapat meringankan kinerja hardware dan meningkatkan ketahanan hardware data center mereka. Sekarang CDN berkembang menjadi layanan yang dapat digunakan oleh setiap individu.

Server CDN
Server CDN

Apa Perbedaan CDN dengan Hosting?

Berbeda dengan Hosting yang menyimpan seluruh data website, CDN hanya menyimpan file-file statis dalam pemrosesan halaman website. CDN bekerja sebagai server kedua pada suatu website, CDN bekerja menggunakan API yang menghubungkan antara website dengan server CDN.

Apa Yang Tersimpan dalam Server CDN?

CDN menyimpan data statis misalkan gambar, script CSS, Javascript dan file lain yang merupakan duplikasi dari dalam direktori server utama website. File yang tersimpan pada Content Delivery Network adalah file yang digunakan dalam memuat halaman website yang mana biasanya file ini selalu digunakan oleh setiap halaman pada website. Hal ini menyebabkan penggunaan bandwidth terhadap server utama (hosting) menjadi lebih sedikit.

Content Delevery Network
Content Delivery Network

Mengapa Menggunakan CDN?

CDN (Content Delivery Network) bekerja dengan memberikan layanan server alternatif (nodes) untuk mendownload data website ketika user mengakses suatu halaman website. Server alternatif (nodes) tersebar diseluruh dunia dan akan memilih salah satu atau beberapa server (node) terdekat dari user sehingga mempercepat respon server kepada user serta menghemat bandwidth server utama (hosting). Hal ini menyebabkan pengalaman user menggunakan website yang lebih baik dari sebelumnya.

CDN juga mengurangi crash yang terjadi ketika server utama down, CDN juga mampu memilih server (node) berdasarkan kesibukan server sehingga pengalaman layanan CDN tetap optimal.

Bagaimana Cara Menggunakan CDN?

Anda dapat menggunakan CDN sekalipun website yang anda buat yaitu website tanpa menggunakan CMS. Anda dapat dengan mudah menggunakan API CDN menggunakan berbagai CMS.

Untuk website yang menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan lainnya. Setiap CDN Provider sudah menyediakan plugin atau extension yang dapat anda unduh dan pasang di website anda dengan mudah.

Berapa Biaya untuk Menggunakan CDN?

Untuk menggunakan CDN pada website, anda dapat memperoleh dengan Gratis seperti Cloudflare. Namun jika anda adalah pengguna yang membutuhkan layanan lebih maka anda perlu menjadi user premium dari CDN Provider CDN.


Sekian artikel Apa itu CDN dan Bagaimana Cara Kerjanya. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda