Cara Hapus Komentar Spam di WordPress dengan Akismet

0

Komentar Spam merupakan komentar yang bersifat massal ke banyak alamat dan tidak dikehendaki oleh penerimanya. Spam biasanya menyertakan URL yang berisi ajakan untuk mengunjungi situs tersebut. Spam dapat dikirim secara manual ataupun secara massal oleh pengiklan menggunakan spam provider dengan biaya yang sangat kecil. Pada tutorial kali mengenai Cara Hapus Komentar Spam di WordPress dengan Akismet.

Sebagai pemilik website dengan menggunakan WordPress dan membuka kolom komentar, anda sangat mudah untuk digunakan sebagai tujuan spam. Spam dapat muncul pada website tanpa proteksi atau dengan proteksi SSL. Spam akan lebih tertarik dengan situs-situs dengan trafik yang besar.

Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat menggunakan plugin Akismet: Spam Protection for WordPress. Layanan yang diberikan adalah layanan Hosted Anti Spam. Artinya untuk menggunakan layanan ini server website yang anda gunakan tidak akan terbebani ketika proses filter komentar dilakukan. Layanan ini tersedia dalam versi gratis (basic), plus dan enterprise.

Berikut cara menggunakan Akismet: Spam Protection for WordPress

  1. Memasang dan mengaktifkan plugin Akismet

    Secara default plugin ini sudah terpasang pada website WordPress anda. Jika sudah terhapus maka anda dapat mendapatkan plugin Akismet di WordPress Plugin Repository atau menambah baru langsung melalui admin dasbor WordPress anda.

    Akismet Plugin

  2. Mengakses Konfigurasi Akismet

    Anda dapat melakukan konfigurasi Akismet melalui admin dasbor Pengaturan » Akismet.

    Akismet Indonesia

  3. Anda kemudian diarahkan pada halaman konfigurasi API Akismet.

  4. Dapatkan Token API

    Untuk melakukan konfigurasi API Akismet, anda perlu mempunyai akun di WordPress.com untuk mempermudah mendapatkan akses token API. Anda dapat mendapatkan akses token API dengan klik pada “Ambil kunci API Anda”. Sehingga anda akan diarahkan pada situs Akismet. Kemudian klik Approve. Kemudian klik Get Basic untuk memilih paket gratisPada “what is Akismet worth to you” geser ke kiri untuk mendapatkan layanan gratis. Lalu klik “continue”. Lalu anda akan diarahkan pada halaman di bawah.

  5. Klik “Activate this site” 

  6. Melakukan Konfigurasi API

    Setelah anda mendapatkan akses token. Maka anda akan diarahkan pada halaman Akismet website anda 

    Kemudian klik “Simpan Perubahan”

  7. Selamat Anda Telah Berhasil Mengaktifkan Akismet

    Secara otomatis Akismet akan mendeteksi komentar yang masuk ke website anda apakah komentar spam atau bukan spam.


Sekian artikel Cara Hapus Komentar Spam di WordPress dengan Akismet. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…

AYO BERKOMENTAR

Tulis komentar
Masukkan nama Anda